Sukses

10 Fakta Piala Oscar yang Mungkin Anda Belum Tahu

Apa Anda sudah tahu nama asli Piala Oscar? Ukuran dan beratnya? Atau siapa penerimanya yang pertama kali?

Liputan6.com, Los Angeles - Piala Oscar. Siapa pun kini tak asing lagi dengan nama piala yang dianggap sebagai pencapaian tertinggi bagi insan perfilman ini. 

Namun tahukah Anda, nama piala Oscar belum diakui pihak Academy of Motion Picture Arts and Sciences sampai tahun 1939? Atau bahwa para pemenang Academy Awards pernah dianugerahi piala yang terbuat dari campuran semen?

Menyambut acara puncak Academy Awards yang akan digelar 28 Februari waktu setempat, ada baiknya Anda memperkaya pengetahuan tentang fakta-fakta piala Oscar. Berikut, ada 10 fakta menarik, seperti dilansir dari The Telegraph, Jumat (26/2/2016).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Dan Oscar Pertama Jatuh Kepada...

1. Aslinya, Oscar didesain oleh Art Director studio MGM, Cedric Gibbons. Ia muncul dengan ide, untuk membuat patut seorang kesatria berpedang yang berdiri di atas sebuah rol film. Pihak Academy kemudian menunjuk pematung asal Los Angeles, George Stanley, untuk mewujudkan ide ini dalam bentuk tiga dimensi.

2. Oscar diberikan pertama kali dalam sebuah jamuan makan malam pada 16 Mei 1929 kepada Emil Jannings. Kala itu ia dianugerahi penghargaan Aktor Terbaik lewat performanya di The Last Command dan The Way of All Flesh.

3. Sejak pertama kali diberikan hingga saat ini, 2.947 piala Oscar telah dianugerahkan pada insan perfilman.

Alejandro Inarritu menerima piala Oscar untuk sutradara terbaik dalam film

4. Setiap tahunnya, piala Oscar dibuat pada bulan Januari oleh RS Owens & Company. Perusahaan yang terletak di Chicago ini telah memproduksi piala Oscar sejak 1982.

5. Piala Oscar memiliki tinggi 13,5 inci atau sekitar 34 sentimeter dan beratnya sekitar 3,8 kilogram.

6. Patung kesatria dalam piala Oscar digambarkan tengah berdiri di atas sebuah rol film yang memiliki lima cincin di atasnya. Cincin-cincin ini melambangkan lima cabang awal yang dianugerahkan di Oscar, yakni Aktor, Sutradara, Produser, Teknisi, dan Penulis.

3 dari 3 halaman

Ini Dia Nama Asli Piala Oscar

7. Nama resmi piala dari ajang Academy Awards, adalah Academy Award of Merit. Namun piala ini lebih akrab dipanggil dengan nama 'bekennya', Oscar. Tak diketahui secara pasti asal muasal nama ini. Konon katanya, saat melihat trofi ini untuk pertama kali, Margaret Herrick yang merupakan Direktur Eksekutif Academy, menyebut bahwa piala ini mirip pamannya yang bernama Oscar. Nama panggilan untuk piala ini, baru diadopsi secara resmi oleh pihak Academy sejak 1939.

8. Aslinya, piala yang diserahkan pada para pemenang dibuat dari perunggu berlapis emas. Namun setelah beberapa tahun, 'resep' pembuatan Piala Oscar ini kemudian diganti dengan yang baru. Adonan dalam piala ini terdiri dari metal Britannia atau britannium, yang kemudian dilapisi berturut-turut dengan tembaga, nikel, dan terakhir emas 24 karat.

Proses pembuatan piala Oscar 2016 yang merujuk kepada model aslinya keluaran 1929. (Sumber Polich Tallix)

9. Karena keterbatasan persediaan metal sepanjang Perang Dunia Kedua, piala Oscar lantas dibuat dari semacam adukan semen yang kemudian dicat. Ini, berlangsung selama tiga tahun. Setelah perang, para pemenang Oscar diundang untuk menukar piala mereka dengan piala metal yang berlapis emas.

10. Setiap tahun, pihak Academy tidak tahu berapa banyak piala yang akan diberikan pada pemenang sampai amplop dibuka di acara malam penghargaan. Pasalnya, ada kemungkinan pemenang terdiri dari beberapa orang sekaligus, atau bahkan terjadi seri antara dua kandidat pemenang. Akhirnya piala Oscar dibuat berlebih tiap tahun. Kelebihan piala kemudian disimpan pihak Academy hingga tahun berikutnya. (Rtn/Mer)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini