Sukses

Sutradara Ini Protes Pemenang Film Terbaik Piala Oscar 2016

Sutradara James Gunn meluapkan protes terhadap pemenang Piala Oscar 2016 yang diraih film Spotlight ketimbang The Revenant.

Liputan6.com, Los Angeles - Sutradara Guardians of the Galaxy, James Gunn, baru saja menyampaikan pernyataan mengejutkan seputar kategori Best Picture (Film Terbaik) di Piala Oscar 2016 (Academy Awards ke-88) yang dimenangkan Spotlight. Gunn melontarkan pernyataannya di Twitter tak lama setelah pengumuman pemenang disampaikan pada Minggu (28/2/2016) malam waktu setempat.

Dilansir dari Ace Showbiz, Senin (29/2/2016), sang sutradara menyampaikannya dengan nada emosional. "Saya sangat benci ketika 'Best Picture' jatuh kepada film yang berbeda dari 'Best Director' (Sutradara Terbaik)," ketiknya pada Minggu malam lalu.

 

Pernyataan tersebut seolah mengecam para juri karena ia menganggap The Revenant seharusnya memenangkan penghargaan Best Picture. "Apakah industri kita sendiri tidak memahami apa yang sutradara lakukan?" tambahnya lagi.

Para pengguna lain menanggapi kicauan sang sutradara secara bervariasi. Ada yang menganggap The Revenant memang luar biasa dalam penyutradaraan. Namun setelah masuk ruang penyuntingan, filmnya tak layak disebut sebagai yang terbaik.

Perjuangan hidup dan mati Leonardo DiCaprio dalam film The Revenant (foto: YouTube)

Membaca komentar seperti itu, Gunn lalu membalasnya dengan mengetik, "Sutradaranya juga mengarahkan sang editor. Itulah yang dilakukan sutradara. Dan ITU merupakan kesalahpahaman."

Perdebatan pun muncul di sekitar ciapan James Gunn itu. Terdapat juga yang menyebut sutradara Alejandro G. Inarritu seharusnya kalah dari George Miller atau Tom McCarthy. Lalu pengguna lain tak setuju, hingga pembahasan pun semakin ramai.

Sementara itu, seorang pengguna Twitter bertanya kepada Gunn, "Jadi, kamu hendak mengatakan seluruh kru/produser/penulis skenario/dll tidak ada hubungannya dengan Film Terbaik?" Gunn lalu menjawab, "BUKAN. Tapi sutradara mengarahkan SEMUA orang-orang itu. Kau dapat menilai kinerja seorang sutradara dengan 1 cara: melalui filmnya itu sendiri."

James Gunn selaku sutradara Guardians Of The Galaxy, mengakui bahwa ia mendapat bantuan dari Joss Whedon.

Di tweet yang lain, James Gunn menjelaskan, "Menyutradarai adalah sesuatu yang menurut hakekatnya kolaboratif. Dan itulah sesungguhnya semuanya. Jadi kalian tidak dapat melepaskan keduanya."

The Revenant kalah dari Spotlight di kategori Best Picture Piala Oscar 2016. Padahal sutradaranya, Alejandro Gonzalez Inarritu, meraih piala di kategori Best Director. Filmnya juga mendongkrak kemenangan pertama Leonardo DiCaprio di Piala Oscar kategori Best Actor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini