Sukses

Tokyo Ska Paradise Orchestra Pernah Jadi Korban Listrik Cipayung

Liputan6.com, Jakarta - Band Tokyo Ska Paradise Orchestra yang menjadi salah satu pengusung ska asal Jepang, sudah empat kali berkunjung ke Indonesia. Ternyata, kunjungan pertama grup ini ke Indonesia adalah ke daerah Cipayung, Jakarta Timur, pada 1993. 

Dan pengalaman pertama ini, ternyata meninggalkan memori yang sangat berbekas dalam ingatan mereka. 

Baca Juga

"Pertama kali kami manggung di Cipayung untuk acara kecil dari pemerintah Jepang, tapi listriknya kurang. Akhirnya kami main akustik. Alat musik tiup juga tidak jadi dipakai," ucap Atsushi Yanaka, pemain saksofon grup musik ini dalam sebuah wawancara untuk Java Jazz Festival 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat siang (4/3/2016).

Kunjungan ke Indonesia juga pernah dilakukan oleh drummer Kinichi Motegi. Kala itu, ia berplesir ke Bali pada tahun 1997. "Saya pernah ke Bali untuk honeymoon," ucap Motegi. "Saya juga senang mendengar lagu-lagu gamelan. Pernah juga ke Borobudur."

Selama ini, para personel Tokyo Ska Paradise Orchestra tidak memiliki waktu yang cukup untuk jalan-jalan dan selalu berada di lokasi konser dan hotel. Namun khusus tahun ini, mereka memiliki waktu satu hari tanpa jadwal, sehingga mereka memanfaatkannya untuk berjalan-jalan.

Tokyo Ska Paradise Orchestra Ber-pogo, Alexandros Bikin Histeris Japan Night Indonesia

Tokyo Ska Paradise Orchestra menjadi band asal Jepang yang mengisi panggung "Java Jazz Festival 2016". Mereka tampil di MLDSPOT Hall pada Jumat (4/3/2016) malam kemarin. Mereka juga tampil mengisi hari kedua Java Jazz Festival pada Sabtu (5/3/2016) malam pukul 22.45 - 00.00 di Ministry of Environment and Forestry Stage.

Sebelum manggung di event jazz akbar tersebut, Atsushi Yanaka, gitaris Takashi Kato, dan Kinichi Motegi sempat mewakili Tokyo Ska Paradise Orchestra untuk melakukan wawancara dengan pers.

Tokyo Ska Paradise Orchestra, band ska Jepang terpopuler.

Tokyo Ska Paradise Orchestra, terakhir berkunjung ke Tanah Air pada April tahun kemarin, untuk manggung dalam event Japan Night. Di acara tersebut, juga terdapat Vamps dan Alexandros. "Kami senang bisa kembali ke Indonesia tahun ini dalam waktu yang tak lama," ujar Takashi Kato.

Dibentuk tahun 1985, Tokyo Ska Paradise Orchestra terdiri dari Nargo (terompet), Masahiko Kitahara (trombon), Gamou (tenor saksofon), Atsushi Yanaka (bariton saksofon), Yuichi Oki (keyboard), Takashi Kato (gitar), Tsuyoshi Kawakami (bas), Hajime Ohmori (perkusi), Kinichi Motegi (drum). Album terakhir mereka, Ska Me Forever , dirilis pada 4 April 2015 yang juga beredar di Indonesia.