Sukses

6 Momen Gerhana Matahari yang Mengerikan di dalam Anime

Liputan6.com, Tokyo - Gerhana matahari adalah momen paling langka dan cukup dinanti oleh banyak orang di masa kini. Fenomena tertutupnya pancaran matahari oleh bulan itu kerap didefinisikan bermacam-macam oleh manusia sejak era peradaban kuno.

Di zaman dahulu, gerhana matahari sempat dikaitkan dengan kutukan dewa atau pertanda yang mengerikan dari sang pencipta. Tak ayal, para mangaka dan animator Jepang akhirnya menjadikan gerhana matahari sebagai momen penting di beberapa cerita anime dan manga.

 

Banyak judul anime yang menggunakan gerhana matahari di cerita tertentu, baik dalam momen yang menegangkan maupun untuk menimbulkan kesan yang mengerikan. Tentunya fenomena alam tersebut digambarkan secara menarik walaupun dalam balutan fiksi.

Gerhana matahari dalam Anime Saint Seiya. (Toei Animation)

Kisah dalam anime yang memasukkan unsur gerhana matahari kebanyakan masih menganut kepercayaan kuno. Fenomena tersebut masih dianggap sebagai pertanda akhir dunia.

Pada zaman dahulu, memang cukup banyak manusia yang memanjatkan doa kepada Yang Maha Kuasa saat gerhana matahari berlangsung. Beberapa kepercayaan itu hingga hari ini masih banyak diikuti, termasuk menjalankan doa masing-masing.

Peristiwa gerhana matahari total hanya terjadi sekali dalam 350 tahun di lintasan yang sama.

Tercatat ada enam buah anime populer yang di dalamnya memiliki momen gerhana matahari. Penasaran apa saja itu? Langsung saja kita telusuri daftarnya di halaman berikut.

 

*** Saksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar pukul 06.00-09.00 WIB. Klik di sini

1 dari 6 halaman

Digimon Adventure

Digimon Adventure

Menjelang akhir anime Digimon Adventure terdapat momen yang cukup mendebarkan. Di situ, gerbang dari Digital World untuk kembali ke Bumi memiliki wujud berupa gerhana matahari. Seluruh karakter memiliki waktu dua jam agar bisa kembali sebelum gerbangnya menutup.

Gerbang Dunia Monster di anime Digimon. (Toei Animation)

Situasi tersebut mengharuskan Anak-anak Terpilih berpamitan dengan monsternya masing-masing. Andaikan ada yang terlambat menuju ke gerbang itu, maka dipastikan ia tak bisa kembali lagi ke Bumi untuk selamanya. Lebih parah lagi, siapa pun yang tertinggal bisa saja terhapus sebagai anomali dalam pemulihan Digital World.

2 dari 6 halaman

Sailor Moon

Sailor Moon

Musim keempat anime Sailor Moon, kelompok Dead Moon Circus tiba di Bumi dari dimensi mimpi buruk mereka melalui gerhana matahari. Ketika pemimpinnya yang bernama Queen Nehelenia terbebas dari penjara cermin ajaib, ia lalu mengambil alih dunia untuk sementara.

Usagi dan teman-temannya akan kembali di seri game Sailor Moon yang akan digarap oleh Bandai Namco

Kekuatan sihir jahat Nehelenia menyebabkan gerhana matahari permanen yang menutupi seluruh dunia dalam kegelapan. Kekuatannya itu tidak akan hilang sampai Nehelenia disegel kembali oleh Sailor Moon.

3 dari 6 halaman

Saint Seiya & Fullmetal Alchemist

Saint Seiya

Anime Saint Seiya yang sangat populer di Indonesia memiliki konsep yang tak kalah mengerikan dengan gerhana matahari. Hades selaku Dewa Neraka menyejajarkan semua benda angkasa di tata surya. Ia melakukannya agar bisa membawa fenomena Gerhana Akhir untuk menghasilkan Malam Tanpa Akhir.

 

Anime Fullmetal Alchemist. (Bones)

Fullmetal Alchemist

Anime Fullmetal Alchemist menampilkan satu fenomena gerhana matahari selama babak akhir cerita. Hal tersebut memiliki kaitan dengan simbol alkimia terkait dengan Matahari dan Bulan, dari kepercayaan kuno di mana matahari dimakan oleh bulan. Para penggemar menyebut kejadian dalam kisah tersebut sebagai "The Eclipse".

4 dari 6 halaman

Pokemon & Yu-Gi-Oh!

Pokemon

Dalam film ke-12 Pokemon bertajuk Pokemon: Arceus and the Jewel of Life, Damos seharusnya mengembalikan Permata Kehidupan ke Arceus di hari terjadinya gerhana matahari selanjutnya. Uniknya, dalam film Pokemon ini, Damos tak melakukannya, tetapi ia masih bisa mengembalikannya. Di film lain bertajuk Pokemon Ranger and the Temple of the Sea, sebuah kuil hanya muncul selama gerhana matahari total berlangsung.

 

Anime Yu-Gi-Oh!. (Toei Animation)

Yu-Gi-Oh!

Karakter jahat dalam anime Yu-Gi-Oh!, Zorc, memiliki perwujudan dewa dari alam bayangan serta keinginan untuk menenggelamkan dunia dalam kegelapan abadi. Zorc kemudian menjadi sosok yang nyaris tak terkalahkan setelah ia memanggil Malam Tiada Akhir melalui gerhana matahari yang tidak wajar.

5 dari 6 halaman

Tambahan

Selain anime-anime tersebut, terdapat juga satu judul yang menggunakan momen gerhana matahari sebagai patokan akhir cerita. Anime yang dimaksud adalah Berserk.

Anime Berserk.

Dalam kisahnya, fenomena gerhana matahari menandakan lahirnya anggota baru organisasi bernama Godhand. Ketika momen tersebut berlangsung, kisah dalam anime ini langsung diakhiri.