Sukses

Ini Bedanya IBOMA dengan Penghargaan Film Lainnya

Selain film Box Office dan berkualitas sebagai dua unsur utama penilaian, IBOMA memiliki tiga kategori penghargaan yang cukup unik.

Liputan6.com, Jakarta Ajang penghargaan untuk insan perfilman di Indonesia memang merupakan bentuk apresiasi terhadap hasil karya anak bangsa. Tak heran, selain Festival Film Indonesia yang digelar pemerintah, ada pihak lain, yaitu stasiun televisi yang juga menyelenggarakan acara itu setahun sekali. Misalnya, SCTV yang di mata para produser memiliki komitmen kuat menyiarkan film nasional, usai turun layar bioskop. 

 [Foto: Zulfa Ayu S]

Tak heran, SCTV pun merancang Indonesian Box Office Movie Awards 2016 (IBOMA). SCTV optimistis terhadap IBOMA, meskipun baru pertama kali diselenggarakan.

GM Creative Talent dan Marketing Liason SCTV, Uncu Putra mengatakan, "Biarkan awarding lainnya tumbuh dengan karakter masing-masing. SCTV pun menggelar acara yang khas. Kami berkomitmen memajukan dan mengapresiasi film nasional. Sebelum IBOMA kami sudah menyelenggarakan Festival Film Bandung selama 4 tahun."

Film-film yang masuk menjadi nomine IBOMA kali ini adalah film yang dari segi jumlah penonton terbanyak atau Box Office sepanjang 2015. Dari 10 judul film itulah juri akan menilai sisi kualitasnya. IBOMA memiliki 17 kategori penghargaan. Tiga di antaranya termasuk kategori yang unik karena belum ditemukan dalam ajang penghargaan perfilman lainnya. Tiga kategori itu adalah Poster Film Terbaik, Behind The Scene Terbaik, dan Trailer Terbaik.

Menurut salah satu juri, Wulan Guritno ketiga kategori itu memang tidak umum ditemukan dalam ajang penghargaan sebelumnya. Namun, ketiganya merupakan unsur penting yang tidak bisa dipisahkan dari film itu sendiri karena menyangkut daya tarik bagi penonton. 

"Ketiga kategori tersebut menjadi bagian terpenting karena berfungsi sebagai magnet masyarakat untuk menonton," katanya saat diwawancarai liputan6.com,  di sela-sela press conference, di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Selasa (8/3/2016). Aktris ini juga menambahkan mengenai cara penilaian tiga kategori yang tak biasa itu.

"Penilaiannya misalnya poster harus eye catchy, sesuai dengan konsep filmnya. Sama juga dengan Behind The Scene dan Trailer, karena hal itu tidak bisa dipisahkan dari produksi sebuah film, makanya senang banget IBOMA mengapresiasi itu," tutupnya.

  Wulan Guritno (tengah) dan Vino G Sebastian (kanan) saat konfrensi pers mengenai penjurian IBOMA 2016 di XXI Senayan City, Jakarta, Selasa (1/3). Akan ada 10 film nominasi pada IBOMA 2016. (Liputan6.com/Yoppy Renato)

Sementara itu, malam puncak penghargaan Indonesian Box Office Movie Award akan tayang live SCTV dari Studio Emtek, Daan Mogot, Jakarta Barat, pada Kamis, 17 Maret 2016 mulai pukul 19.00 WIB. (Ufa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini