Sukses

Pakai Kaos Orangutan, Leonardo DiCaprio Desak Jokowi Soal Leuser

Leonardo DiCaprio dan Adrien Brody mengunggah sejumlah foto kunjungan di Taman Nasional Gunung Leuser dalam Instagram pribadi mereka.

Liputan6.com, Aceh Kunjungan singkat Leonardo DiCaprio dan Adrien Brody ke Indonesia, ternyata memberikan kesan mendalam buat mereka. Kedua peraih Piala Oscar ini, mengunggah beberapa foto perjalanannya di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Timur, pada Minggu, 27 Maret lalu.

Setelah foto bersama gajah, Leonardo DiCaprio kembali mem-posting sebuah foto kunjungannya ke taman nasional tersebut ke Instagram pribadinya.

Dalam foto yang diunggah pada Rabu (30/3/2016), DiCaprio tampak berpose bersama Adrien Brody dan para staf dari program konservasi orangutan di tempat ini. Dua orangutan muda, tampak menggelayut di tubuh dua orang staf.

Leonardo DiCaprio di Taman Gunung Leuser Indonesia (Instagram)

Sementara itu, Leonardo DiCaprio dan Adrien Brody yang mengenakan kaos hijau bergambar wajah orangutan, tampak kompak dengan staf lain yang mengenakan pakaian serupa. Sebuah papan bertuliskan "Save Leuser Ecosystem" ikut ditampilkan pada foto ini. 

Di bagian caption, Leonardo DiCaprio memberikan pujian terhadap kekayaan alam Indonesia. "Tempat yang sangat kaya dengan biodiversitas kelas dunia, ekosistem Leuser #Indonesia adalah salah satu lokasi hutan hujan paling penting yang tersisa di Asia Tenggara," tulisnya.

Ia menambahkan bahwa hutan di Indonesia ini adalah tempat dengan populasi orangutan Sumatra yang hampir punah.

Namun, kata Leonardo DiCaprio, perluasan perkebunan kelapa sawit menghancurkan ekosistem yang unik ini. "Inilah saatnya untuk menyelamatkan ekosistem Leuser. Kita harus menyusun solusi permanen untuk melindungi dan mengembalikan aset berharga ini," ujarnya menambahkan.

Aktor AS, Leonardo DiCaprio menyampaikan pidatonya saat pertemuan walikota dalam Konferensi Dunia Perubahan Iklim 2015 (COP21) di Paris, Prancis, 4 Desember 2015. (PATRICK KOVARIK / AFP)

Tak hanya itu, ia juga menggalang dukungan untuk sebuah petisi online yang dialamatkan pada Presiden Joko Widodo, Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo, Gubernur Aceh Zaini Abdullah, dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Tgk. H. Muharuddin.

Petisi online yang diinisiasi oleh Dahlan M. Isa ini, mendesak pemerintah untuk menyelamatkan Taman Gunung Leuser, terkait Rencana Tata Ruang Wilayah Aceh 2013–2033 yang tidak memasukkan Leuser ke dalam Kawasan Strategis Nasional. Hal ini, dinilai akan membahayakan ekosistem di tempat ini.

 Leo mengungkapkan kepeduliannya terhadap kondisi memprihatinkan di salah satu hutan hujan yang dimiliki negeri ini.

Sebagai bukti keseriusannya mendukung upaya penyelamatan Leuser ini, Leonardo DiCaprio bahkan melampirkan tautan petisi itu dalam profil akun Instagram pribadinya. (Rtn/fei)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.