Sukses

14 Judul Nomine Kodansha Manga Awards ke-40

Liputan6.com, Tokyo - Popularitas sebuah judul manga, kadang tak hanya diukur dari grafisnya, namun juga kualitas cerita serta watak setiap karakter. Hal tersebut menjadi syarat meraih penghargaan bagi judul-judul manga di ajang Kodansha Manga Awards.

Seperti disampaikan Anime News Network, Selasa (5/4/2016), Kodansha yang merupakan penerbit asal Jepang, pada akhir pekan lalu mengumumkan judul yang ditunjuk sebagai nominee ajang Kodansha Manga Awards ke-40.

 

Terdapat 14 judul manga yang menjadi calon pemenang penghargaan bergengsi itu. Penghargaannya sendiri dibagi menjadi tiga kategori yang terdiri dari Shounen (Remaja Pria), Shoujo (Remaja Wanita), dan General (Umum atau Dewasa). Masing-masing kategori hanya memiliki satu judul pemenang.

Pengumuman pemenang akan disampaikan pada 12 Mei 2016. Namun sebelumnya, terdapat lebih dari satu pemenang pada setiap kategori di tahun-tahun tertentu. Sayangnya, tahun ini tak ada satupun judul yang masuk ke dalam kategori Children (Anak-anak). Hal tersebut sudah terjadi sejak tahun 2015.

Anime Yo-kai Watch. (gonintendo.com)

Tahun lalu, manga The Seven Deadly Sins karya Nakaba Suzuki dan Yowamushi Pedal karya Wataru Watanabe sama-sama menang di kategori Best Shounen Manga. Sementara itu, Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu karya Tsunami Umino menang di kategori Best Shoujo Manga, dan Knights of Sidonia karya Tsutomu Nihei menang di kategori Best General Manga.

Simak daftar calon pemenang setiap kategori dari 14 judul yang ada di Kodansha Manga Awards ke-40 pada halaman berikut.

1 dari 4 halaman

Best Shounen Manga

Best Shounen Manga:

Seraph of the End (Owari no Seraph)
Cerita: Takaya Kagami / Gambar: Yamato Yamamoto / Storyboard: Daisuke Furuya
Penerbit: Jump SQ. (Shueisha)
Sinopsis: Kisah manga ini berpusat pada virus yang menghapus manusia dewasa. Vampir lalu menguasai seluruh anak-anak yang bertahan hidup.

DAYS
Pengarang: Tsuyoshi Yasuda
Majalah: Weekly Shounen Magazine (Kodansha)
Sinopsis: Manga ini bertema tentang dua orang anak laki-laki yang bertemu di badai pada suatu malam. Keduanya lalu sama-sama bergelut di dunia sepakbola.

Anime Noragami Aragoto. (idigitaltimes.com)

Noragami
Pengarang: Adachitoka
Majalah: Monthly Shonen Magazine (Kodansha)
Sinopsis: Berkisah tentang kehidupan di dunia setelah kematian. Salah satu dewa lalu bertemu dengan seorang gadis dan kehidupan mereka langsung berubah.

My Hero Academia
Pengarang: Kouhei Horikoshi
Majalah: Weekly Shonen Jump (Shueisha)
Sinopsis: Manga ini berada ketika semacam kekuatan super merajalela. Alhasil, muncullah para pahlawan dan penjahat super. Sebuah akademi lalu membina anak-anak pemiliki kekuatan super untuk menjadi pahlawan.

2 dari 4 halaman

Best Shoujo Manga

Best Shoujo Manga:

Kurosaki-kun no Iinari ni Nante Naranai
Pengarang: Makino
Majalah: Bessatsu Friend (Kodansha)
Sinopsis: Kisah manga ini berfokus pada siswi bernama Yuu Akabane yang mendapat ciuman pertama dari sesosok Iblis. Ia lalu harus menuruti apa yang diperintahkan sang iblis.

Say "I love you".
Pengarang: Kanae Hazuki
Majalah: Dessert (Kodansha)
Sinopsis: Gadis bernama Mei Tachibana tak punya teman dan pacar selama 16 tahun. Usai menendang anak laki-laki terpopuler tanpa sengaja, Mei lalu mulai merasakan apa yang tak pernah ia jalani sebelumnya.

Manga Rainbow Days ( Nijiiro Days). (comicsblog.it)

Nijiiro Days (Rainbow Days)
Pengarang: Minami Mizuno
Majalah: Bessatsu Margaret (Shueisha)
Sinopsis: Empat siswa SMA yang saling bersahabat, tidak memiliki aktivitas di klub sama sekali. Usai belajar, mereka menghabiskan waktu bersama untuk membahas masalah cinta dan salah satunya menyukai seorang gadis.

First Love Monster
Pengarang: Akira Hiyoshimaru
Majalah: ARIA (Kodansha)
Sinopsis: Usai diselamatkan oleh seseorang dari truk yang hampir menabraknya, Kaho Nikaidou lalu terkejut begitu tahu pahlawannya adalah anak pemilik toko tempat ia bekerja.

Kiss Him, Not Me
Pengarang: Junko
Majalah: Bessatsu Friend (Kodansha)
Sinopsis: Gadis bernama Kae Serinuma adalah seorang fujoshi. Fantasinya menjadi liar ketika melihat dua pria bermesraan. Ketika karakter anime ciptaannya tiada, ia langsung menjadi kurus. Empat pria tampan mengajaknya berkencan tapi Kae malah berimajinasi melihat empat pemuda tersebut saling bermesraan.

3 dari 4 halaman

Best General Manga

Best General Manga:

Ajin - Demi-Human
Pengarang: Gamon Sakurai
Majalah: good! Afternoon (Kodansha)
Sinopsis: Makhluk abadi selama 17 tahun telah muncul di Afrika. Lalu satu wujud makhluk mulai muncul di sekitar manusia. Mereka adalah Aijin (setengah-manusia). Seorang pemuda lalu bangkit menjadi sosok tersebut usai mengalami kecelakaan.

Konodori
Pengarang: Yu Suzunoki
Majalah: Morning (Kodansha)
Sinopsis: Seorang dokter kandungan bernama Sakura Konodori memiliki profesi malam sebagai musisi jazz. Lika-liku kehidupannya sebagai dokter kandungan di Jepang sekaligus musisi, dituangkan dalam manga ini.

Manga Golden Kamui (Golden Kamuy). (ramenparados.com)

Golden Kamuy
Pengarang: Satoru Noda
Majalah: Young Jump (Shueisha)
Sinopsis: Seorang prajurit terhebat di Perang Jepang-Rusia bertolak ke Hokkaido untuk tujuan tertentu. Di sana, ia diketahui mencari harta karun Suku Ainu dan menemukan berbagai hal baru di sana.

Tokyo Tarareba Musume
Pengarang: Akiko Higashimura
Majalah: Kiss (Kodansha)
Sinopsis: Tiga wanita lajang berusia 30 tahunan sangat ingin terus merasakan kesendirian. Ketika Olimpiade datang, satu hal baru harus dilakukan.

Boku dake ga Inai Machi (Erased)
Pengarang: Kei Sanbe
Majalah: Young Ace (Kadokawa)
Sinopsis: Pengarang manga bernama Satoru Fujinuma tanpa disengaja memiliki kemampuan untuk kembali ke masa lalu dan menghindari kematian. Ketika sang ibu dibunuh, ia berusaha memecahkan misterinya, tetapi malah kembali ke masa SD.