Sukses

Tolak Zaskia Gotik Jadi Duta Pancasila, Netizen Buat Petisi

Netizen menilai apa yang dilakukan Zaskia Gotik seperti menghina dan melecehkan negara.

Liputan6.com, Jakarta - Lelucon yang dilontarkan Zaskia Gotik berujung petaka bagi dirinya sendiri. Ia harus berurusan dengan hukum usai menyebut lambang sila kelima Pancasila adalah bebek nungging dan hari kemerdekaan RI jatuh pada 32 Agustus.

Selain dipanggil pihak kepolisian, Zaskia Gotik juga diminta datang ke DPR dan Departemen Kementrian Pertahanan Republik Indonesia (Kemenhan RI). Sebagai hukumannya, Zaskia harus mengikuti upacara pelepasan klinik Pancasila di Gedung Kemenhan.

 Zaskia Gotik memberi keterangan pers terkait ucapannya yang dianggap menghina lambang negara, di kantor Nagaswara, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (22/3/2016). [Foto: Herman Zakharia/Liputan6]

Zaskia Gotik justru didapuk sebagai Duta Pancasila oleh Fraksi PKB dan dokter Pancasila oleh Direktur dokter klinik Pancasila, Dodi Susanto, setelah dia dilaporkan karena kasus dugaan hina lambang negara.

 

Hal ini sempat membuat masyarakat terkejut. Pro kontra pun terjadi. Akhir pekan lalu, cukup banyak dukungan yang diberikan kepada Neng, sapaan akrab pedangdut ini, karena mau berpanas-panas ikut upacara di Kemenhan, Jakarta.

Tapi, awal pekan ini muncul hal sebaliknya. Ada netizen yang mencibir Zaskia Gotik di Instagram pribadinya. Mereka menilai pelantun Satu Jam Saja itu tidak pantas menyandang predikat tersebut.

 Zaskia Gotik mengikuti kegiatan upacara di Gedung Kementerian Pertahanan (Kemenhan). [Foto: Fachrur Rozie/Liputan6.com]

"Alasan masyarakat indonesia tidak menerima @zaskia_gotix sebagai duta pancasila, karenaaaaaaa..... Sudah menghina lambang pancasila di hadapan publik," kata @naufall_arsyah_nurrizki.

"Jangan terlalu bersenang2 brow....ingat masyarakat indonesia kagak bodoh utk menilai ucapan mu, yg tak berpendidikan....lambang negara indonesia adalah harga diri dari kami org indonesia yg tercinta...," tambah @fajrul1888.

"Lama2 ini negara bisa hancur kl punya duta ky gini," sahut @indraarchuleta.

 Penyanyi Dangdut Zaskia Gotik saat mengikuti Sosialisasi 4 Pilar di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, (7/4). Sosialisasi 4 pilar ini di gagas oleh fraksi PKB mengajak serta para pekerja seni.(Liputan6.com/JohanTallo)

Sebagai bentuk penolakan, seorang netizen bernama Alysia Meidiana membuat sebuah petisi untuk menunjukkan protesnya. Petisi bertajuk `TINJAU ULANG PEMILIHAN ZASKIA GOTIX SEBAGAI DUTA PANCASILA` itu ditujukan kepada Fraksi PKB yang diunggah ke Change.org. Hingga Selasa (12/4/2016) siang, petisi tersebut sudah memperoleh lebih dari 60 pendukung.

"Sebagai rakyat yang geram akan ketidakwajaran ini. Saya menolak pengangkatan Zaskia Gotix atau Surkinaih menjadi Duta Pancasila. Saya tidak rela orang yang melecehkan lambang negara saya dipilih menjadi Duta Pancasila," katanya dalam penggalan petisi tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini