Sukses

Spesies Orangutan di Film The Jungle Book Asal Indonesia?

King Louie, karakter orangutan di film terbaru The Jungle Book dibuat mendekati versi bukunya, berasal dari India.

Liputan6.com, Los Angeles - Dibuat sebagai film daur ulang, The Jungle Book telah sukses menuai banyak pujian dari para penonton. Tak hanya keseruan aksi Mowgli yang terdapat dalam film tersebut, namun juga perubahan-perubahan yang disesuaikan dengan negara India, tanah kelahiran penulis buku asli The Jungle Book, Rudyard Kipling.

Salah satu perubahan The Jungle Book melibatkan karakter orangutan bernama King Louie. Di film animasi klasik yang rilis 1967, King Louie digambarkan sebagai orangutan yang sering ditemukan di hutan-hutan Indonesia dan Malaysia. Namun di film terbarunya ini, spesiesnya digambarkan sangat dekat dengan tanah India.

King Louie dalam versi baru, merupakan bagian dari spesies gigantopithecus, salah satu leluhur orangutan yang keberadaannya diyakini berasal dari India. Perubahan spesies ini dibuat untuk membuat film barunya lebih fantastis. Terlebih lagi, spesies orangutan bukanlah hewan asli India.

Karakter King Louie, spesies orangutan di film kartun The Jungle Book. (Disney)

Disebutkan oleh Forbes.com, satu hal yang mengganggu sutradara Jon Favreau adalah kenyataan bahwa Walt Disney tidak memperhatikan hewan-hewan yang benar-benar hidup di hutan India untuk karakternya. Ia sempat khawatir dalam menyamakan persepsi tentang orangutan dengan para penonton hari ini yang semakin berpikiran kritis.

Setelah melakukan beberapa penelitian, Jon menemukan bahwa gigantopithecus adalah missing-link kera raksasa, yang tidak terlihat seperti orang utan Indonesia dan Malaysia. Spesies tersebut juga pernah ada di India. Sehingga, sosok Louie yang disuarakan Christopher Walken terlihat lebih besar dan berwibawa. Perbedaan yang mencolok adalah bagian kepala dan tangannya.

Nypost.com

The Jungle Book sendiri diambil dari cerita klasik yang berpusat pada Mowgli, anak lelaki yang dibesarkan keluarga serigala di tengah hutan rimba. Mowgli merasa dirinya tak lagi bisa diterima dengan baik di dalam hutan setelah harimau bernama Shere Khan menyimpan dendam terhadap manusia.

The Jungle Book dibintangi aktor cilik Neel Sethi sebagai Mowgli dan melibatkan Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong'o, dan Scarlett Johansson yang mengisi suara para hewan. Film ini telah tiba di bioskop Indonesia dan baru tayang pada 15 April 2016 di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini