Sukses

Pandji Pragiwaksono Ungkap Pentingnya Memakai Bahasa Indonesia

Pandji Pragiwaksono mengaku gerah melihat pemuda Indonesia yang minder dengan bahasanya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta - Komika Pandji Pragiwaksono mengaku heran dengan banyaknya pemuda-pemudi Indonesia yang merasa minder dengan bahasanya sendiri.

Dalam sebuah video yang diunggah di akun Vidio.com miliknya, bintang film 'Single' itu mengungkap sejumlah fakta yang belum banyak orang tahu, salah satunya adalah kesetiaannya memakai bahasa Indonesia meskipun sedang melakukan tur ke luar negeri.

Pandji Pragiwaksono. (Youtube)

"Gua merasa sangat resah dan cenderung kesal terhadap yang belakangan ini gua alami, gua lihat, gua rasakan, yaitu kerdilnya banyak orang terhadap keIndonesiaannya. Banyak orang yang minder sama bahasa Indonesia, minder sama kemampuan orang Indonesia, minder sama keindonesiaan," ujar Pandji di video berdurasi 9 menit 33 detik itu.

"Banyak yang nanya sama gue... Kayak misalnya, kenapa sih Pandji stand up comedy World Tour pakai bahasa Indonesia. Pertanyaan itu mengganggu gue, karena dia berpikir untuk bisa mendunia, lu harus bisa bahasa Inggris. Orang ini lupa bahwa artis-artis Korea itu tidak perlu mendunia pakai bahasa Inggris. Artis-artis Korea itu pakai bahasa Korea. Dan anak-anak Indonesia belajar bahasa Korea supaya menikmati karya-karya Korea," ucapnya.

Preskon rilis Trailer dan Poster Comic 8 Casino Kings (Wimbarsana/bintang.com)

Dalam kesempatan itu, Pandji juga membahas soal pentingnya mencintai bahasa sendiri, termasuk alasan dia menggunakan vidio.com sebagai media untuk berkreasi. Penasaran? Simak videonya berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.