Sukses

Lucky Hakim Sesalkan Matinya Gajah di Kebun Binatang Bandung

Lucky Hakim menganggap matinya gajah di Kebun Binatang Bandung bisa bikin malu Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Matinya gajah Yani di Kebun Binatang, Bandung disesalkan beberapa pihak. Setelah Walikota Bandung, Ridwan Kamil, kini artis yang juga anggota DPR, Lucky Hakim ikut bersimpati. Bahkan, Ridwan Kamil sampai-sampai menyerukan #BoikotBonbinBDG di akun media sosialnya.

Lucky Hakim yang juga pencinta satwa mengaku kematian Gajah Yani membuat malu Indonesia di dunia internasional.

"Innalillahi.... Seminggu tergeletak lemah di tanah, gajah yang sakit itu nggak ditangani dokter hewan secara langsung, akhirnya mati, kasian banget. Menurut saya ini sudah nggak profesional dan nggak sesuai standar, apa kata dunia persilatan? Bisa jadi bahan cemoohan dunia, malu kita nih sama Kebun Binatang di negara lain yang dikelola sangat profesional," ujar Lucky kepada wartawan di gedung DPR, Jakarta, Kamis (12/5/2016).

liputan6.com

Dari keterangan pihak pengelola yakni Yayasan Margasatwa memang mengaku sudah satu tahun mereka tidak memiliki dokter yang siaga di Kebun Binatang.

"Lah sekarang sudah mati begini ya sangat miris dengarnya. Semoga nggak ada hewan sakit yang ditelantarkan lagi di Kebun Binatang Bandung itu, masa bonbin nggak stand by dokter hewan, aduh bingung, semoga mereka sadar akan nasib hewan yang mereka pelihara itu, harus dikelola yang bener dong, silakan contoh kebun binatang yang lain, nggak usah jauh-jauh lah ke luar negeri segala, belajar aja dari secret zoo atau taman safari atau terserah dari mana yang penting kelola yang bener karena ini urusan nyawa mahluk hidup," ujar Wasekjen DPP PAN ini.

Anggota DPR fraksi PAN komisi X ini juga menyangkal jika kondisi keuangan menjadi masalah di Kebun Binatang Bandung.

"Sebenernya kalo masalah kekurangan uang untuk mengelola kan harusnya bisa kerjasama dengan pemodal," kata Lucky yang pernah menjadi Calon Walikota Bekasi ini. "Pemodalnya kan bisa lokal atau internasional, minta bantuan instansi terkait atau hubungi pemda nya agar difasilitasi, saya sangat yakin pak Emil pasti bakal bantu cari untuk ketemu investor, saya tahu ini memang prosesnya nggak gampang tapi tetep jangan berlarut kelamaan, harus proaktif nyarinya," ujar kelahiran Cilacap 36 tahun lalu.

Lucky Hakim

Menurut Lucky, seharusnya pihak Kebun Binatang Bandung dengan tiket masuk Rp 20 ribu menjaga kualitasnya dan memperhatikan masukan dari masyarakat, karena Kebun Binatang Bandung terbuka untuk umum dan akan menjadi citra yang buruk di mata dunia bila tidak profesional.

"Pengunjung bayar tiket Rp 20 ribu itu menurut saya harus mendapat kualitas yang baik dan sesuai standar seperti kebun binatang yang lain, pengelola harus cepat tanggap kalau dapat masukan, kritik dan saran dari pengunjung, ini kan untuk umum, bukan peliharaan pribadi dan tertutup. Binatang yang ada di dalamnya adalah binatang langka, milik negara, jadi kalau melihara ya yang baik," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Lucky Hakim adalah seorang aktor, penulis, penyanyi yang mencintai sekaligus memelihara hewan-hewan buas dan kini menjadi Politikus.
    Lucky Hakim adalah seorang aktor, penulis, penyanyi yang mencintai sekaligus memelihara hewan-hewan buas dan kini menjadi Politikus.

    Lucky Hakim

  • Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek
    Ridwan Kamil adalah Wali Kota Bandung yang menjabat periode 2013-2018. Sebelum menjadi Wali Kota, ia dikenal sebagai dosen dan arsitek

    Ridwan Kamil

  • gajah mati

Video Terkini