Sukses

6 Album Band Keren yang Layak Ditunggu Sepanjang 2016

Tahun 2016 ini, bakal banyak album milik band legendaris yang layak dikoleksi.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016 ini, banyak karya milik band mancanegara yang patut dinantikan. Setidaknya, terdapat enam buah album yang membuat para penggemar menantikan kehadirannya di toko-toko album CD dan kaset.

Keenam band ini tergolong legendaris karena sejak mereka eksis, banyak penggemar yang memutar lagu-lagunya hampir setiap hari. Padahal, kebanyakan band ini mengusung genre rock sebagai komposisi musiknya.

Sum 41 (Source: Upset Magazine)

 

Namun berkat racikan aransemen yang digarap masing-masing personel, hampir seluruh pecinta musik di dunia tak memungkiri kualitas mereka. Alhasil album mereka pun laris di pasaran internasional.

Radiohead (Foto: MTV.com/Credit: Jim Dyson)

Tak sampai di situ, beberapa band juga berhasil meraih penghargaan bergengsi. Maka tak heran kalau di tahun 2016 ini para pecinta musik sangat menantikan perilisan album baru mereka.

Lantas, siapa saja band yang dimaksud? Simak daftar album milik band legendaris yang layak di nanti sepanjang tahun 2016 di halaman berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Red Hot Chili Peppers

1. Red Hot Chili Peppers - The Getaway

Sebagai salah satu band yang sukses di jalur musik funk dan alternative rock, Red Hot Chili Peppers tentu menjadi satu nama yang patut diperhitungkan. Setiap nada dan komposisi musik yang disuguhkan tak lepas dari betotan bass Flea yang apik serta gaya vokal Anthony Kiedis yang unik.

The Getaway bakal menjadi album ke-11 Red Hot Chili Peppers. "Dark Necessities" dipilih sebagai lagu andalan. Billboard memberikan tempat yang cukup layak bagi lagu dengan aliran musik funk rock.

Pembuatan album ini dimulai sejak tahun 2014, namun tertunda selama delapan bulan. Hal tersebut disebabkan karena Flea mengalami cedera lengan saat bermain snowboard. Anthony Kiedis dalam sebuah wawancara dengan BBC Radio 2 pada 9 Mei 2016 mengatakan bahwa lirik album ini terinspirasi dari hubungan persahabatan yang berantakan seperti bom nuklir.

3 dari 7 halaman

Radiohead

2. Radiohead - Moon Shaped Pool

Bagi para pecinta musik rock Inggris, nama Radiohead tentu sudah seperti sekelompok dewa. Solidnya Colin Greenwood, Jonny Greenwood, Ed O'Brien, Philip Selway, dan Thom Yorke saat menciptakan lagu, terus berkembang hingga mereka menuju ke arah art rock dan electronic.

Tahun ini, Radiohead merilis album kesembilan mereka yang memiliki judul Moon Shaped Pool. Di dalamnya terdapat dua buah lagu andalan baru, yaitu "Burn the Witch" dan "Daydreaming" yang dirasa mampu membius pendengarnya.

"Burn the Witch" menuai berbagai komentar dari para pengamat musik. Namun kebanyakan dari mereka memberikan kesan positif terhadap lagu-lagu di album ini.

4 dari 7 halaman

Blink-182

3. Blink-182 - California

Pecinta musik pop punk dan melodic punk tentu sangat mengenal Blink-182. Di tahun ini, mereka merilis album California. Istimewanya, album ini menjadi yang pertama bagi band asal California ini memiliki vokalis baru, Matt Skiba yang resmi menggantikan posisi Tom DeLonge.

"Bored to Death" yang dijadikan sebagai tembang andalan memiliki melodi dan lirik yang mampu membuat pendengar tergugah. Namun oleh Mark Hoppus, album dengan topik universal ini dibuat untuk mewakili kemarahan remaja masa kini di kehidupan sehari-hari.

"Saya masih merasa seperti jatuh cinta dengan istri saya," kata Mark Hoppus saat berbicara soal lirik-lirik di album ini. Seorang music director di Los Angeles bernama Lisa Worden mengomentari, "Ini terdengar seperti Blink tapi ini bukan sesuatu yang pernah kita dengar sebelumnya. Bagi para penggemar band, mereka akan super senang dengan hal ini."

5 dari 7 halaman

Good Charlotte

4. Good Charlotte - Youth Authority

Good Charlotte, band beraliran pop punk yang kental dengan warna alternative rock kembali dengan album keenam yang tiba pada tahun ini. Joel Madden, Benji Madden, Paul Thomas, Billy Martin, dan Dean Butterworth siap memanjakan telinga para pendengar album-album awal mereka.

Single pertama, "Makeshift Love" dianggap sebagai kebangkitan kembali akar musik mereka. Lalu, single kedua yang berjudul "40 oz. Dream" menandai perayaan ulang tahun band yang ke-20.

6 dari 7 halaman

Sum 41

5. Sum 41 - (Belum ada judul)

Sum 41 telah lama menjadi idola para pecinta musik punk rock. Hal itu tak lepas dari peran Deryck Whibley selaku vokalisnya yang konsisten berada di band ini. Tahun ini, album keenam mereka akan di hadapan penggemarnya.

Sayangnya, masih belum ada informasi apapun terkait album ini. Bahkan, judul albumnya saja masih belum diketahui. Namun istimewanya, mantan gitaris Dave Baksh kembali untuk mengisi musiknya.

Menjelang akhir tahun lalu, mereka merilis cuplikan dua lagu baru di Instagram. Baru-baru ini, Whibley mempublikasikan di Facebook bahwa album baru Sum 41 akan segera dirampungkan.

7 dari 7 halaman

Gorillaz

6. Gorillaz - (Belum ada judul)

Gorillaz selama ini dikenal sebagai band virtual yang digawangi oleh Damon Albarn dan Jamie Hewlett. Namun dalam kemasannya, mereka menciptakan figur karakter virtual yang terdiri dari 2D, Russel Hobbs, Murdoc Niccals, dan Noodle sebagai anggota band.

Damon Albarn pada Oktober 2015 menyatakan bahwa ia dan Hewlett sedang mengerjakan album baru Gorillaz. Albarn mengatakan, "Saya sedang berada di hari-hari awal rekaman baru Gorillaz. Sejauh ini, semuanya benar-benar cepat, dan memiliki cukup banyak energi. Saya sudah terjebak dengan piano, tempat jauh dari Broadway, selama bertahun-tahun saat ini. Saya ingin pergi ke suatu tempat yang benar-benar kebalikan dari hal itu."

Lalu pada April 2016, Jamie Hewlett mengunggah dua videoklip di Instagram yang menunjukkan keberlanjutan mereka dalam menggarap album baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini