Sukses

Film Doraemon ke-36 dan Detective Conan ke-20 Memecahkan Rekor

Liputan6.com, Tokyo - Dua anime layar lebar yang terdiri dari film Doraemon ke-36 dan film Detective Conan ke-20, baru saja memecahkan rekor yang sangat bergengsi. Keduanya berhasil menjual tiket film berjumlah banyak dalam jangka waktu tertentu di sepanjang sejarah franchise.

Seperti disampaikan Anime News Network, akhir pekan lalu, film Eiga Doraemon Shin Nobita no Nihon Tanjo (Doraemon the Movie: Nobita and the Birth of Japan 2016), sukses meraih angka lebih dari 4,037 miliar yen dengan 3.559.400 tiket selama 62 hari sejak 5 Maret hingga 5 Mei 2016.

Poster film ke-20 Detective Conan bertajuk Detective Conan: Junkoku no Nightmare (Detective Conan: Pitch Black Nightmare). (Anime News Network)

 

Pendapatan film ke-11 Doraemon versi baru ini menjadi yang tertinggi dari film-film edisi baru lainnya. Rekor sebelumnya dipegang oleh film Doraemon: Nobita no Himitsu Dogu Museum yang rilis 2013 dengan peraihan 3,98 miliar yen di box-office.

Sementara itu, film Detective Conan: Junkoku no Nightmare (Detective Conan: The Darkest Nightmare), telah meraih angka 5,057 miliar yen. Rekor baru di sepanjang franchise film pun telah dicapai. Sekitar 3.982.700 tiket dalam 23 hari telah terjual sejak 16 April hingga 8 Mei 2016.

Sebelumnya, film Detective Conan: Goka no Himawari (Detective Conan: Sunflowers of Inferno) yang rilis 2015 memegang rekornya, dengan angka 4,48 miliar yen di box office. Di pekan pertama penayangannya, Detective Conan: The Darkest Nightmare telah menjual 933.800 tiket dengan peraihan sebanyak 1,209 miliar yen.

Detective Conan film ke-20, Detective Conan: Junkoku no Nightmare atau Detective Conan: Pitch Black Nightmare. (TOHO)

Doraemon: Nobita and the Birth of Japan 2016 merupakan remake dari Doraemon: Nobita no Nihon Tanjou (Doraemon: Nobita at the Birth of Japan) yang aslinya tayang di Jepang pada Maret 1989. Cerita aslinya, Nobita, Giant, Shizuka, dan Suneo memutuskan kabur dari rumah dengan alasan masing-masing. Bersama Doraemon, mereka lalu melakukan perjalanan ke Jepang 70 ribu tahun lalu.

Di film Detective Conan: Pitch Black Nightmare, hampir seluruh anggota Organisasi Hitam yang pernah muncul sebelumnya, beraksi bersama di satu film. Mereka adalah Gin, Vodka, Vermouth, Chianti, Korn, Kir, dan Bourbon. Situs resmi juga berjanji bahwa filmnya akan memunculkan Rum, yang sama sekali belum pernah ada di cerita-cerita sebelumnya.