Sukses

The Changcuters Bikin Simbol Rahasia Lewat Nyanyian Kode

Melalui lagu "Hmmm.. Sudah Kuduga", The Changcuters ingin pendengarnya mengasah insting.

Liputan6.com, Jakarta - Produktivitas The Changcuters sebagai grup musik rock tanah air kini semakin menanjak. Belakangan, satu single pembuka dari album trilogi kedua bertajuk Binauralis telah dirilis. Albumnya sendiri baru akan tiba di pasaran pada Agustus 2016 nanti.

Single yang diberi judul "Hmmm.. Sudah Kuduga" itu memiliki tema yang sangat unik dan langka bagi ukuran band Tanah Air. "Gunakan Perasaan, Padamkan Logika. Lalu temukan simbol-simbol rahasia yang tersembunyi di dalam lagu: 'Hmmm.. Sudah Kuduga.' Ini adalah lagu tentang insting, jika kamu bisa memahaminya," kutip sebuah rilis yang diterima oleh Liputan6.com beberapa waktu lalu.

The Changcuters [Foto: Faisal R. Syam/Liputan6.com]

 

Diklaim oleh mereka bahwa "Hmmm.. Sudah Kuduga" juga bertindak sebagai sebuah 'Nyanyian Kode' (istilah yang mereka ambil dari lagu parodi (Alm.) Kasino Warkop DKI). Isinya tentang bagaimana sang pembuat lagu mengasah instingnya sekaligus insting pendengar yang mau menyimaknya secara seksama. "Mendengarkannya dengan perasaan, memejamkan mata dan memadamkan logika," lanjut kutipan di dalam rilis tersebut.

Formula penciptaan dalam lagu ini menyimpan berbagai komposisi rahasia di dalamnya. Qibil (gitar) meletakkan keping pertama teka-teki melalui serangkaian nada melodi dengan sound mistis pada intro lagu. Alda (gitar) lalu menimpalinya dengan riff-riff layaknya penyampaian suatu cerita yang tak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata.

Dipa (bass) menaruh potongan teka-teki berikutnya lewat petikan bas terbata-bata. Erick (drum) melengkapinya dengan ketukan yang dibuat berbeda pada durasi tertentu. Kemudian Tria (vokal) mengunci kepingan terakhir itu melalui sebuah tanda tanya besar pada potongan liriknya.

"Ini adalah permainan besar kami, karena "Hmmm.. Sudah Kuduga" ini adalah single pembuka, perkenalan dari album Binauralis yang akan dirilis pada bulan Agustus 2016 nanti. Sebuah lanjutan trilogi kedua setelah album Visualis dirilis pada penghujung tahun 2013 silam. Album ini akan bercerita banyak mengenai misteri simbol-simbol, kode-kode, cerita-cerita, atau apapun namanya di balik unsur pendengaran," jelas Tria yang gayanya paling atraktif dibanding personel lain The Changcuters.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.