Sukses

Pemenang Kodansha Manga Awards ke-40 Diumumkan

Liputan6.com, Tokyo - Penerbit Jepang Kodansha akhirnya telah mengumumkan pemenang penghargaan bergengsi manga Jepang Kodansha Manga Awards ke-40. Seperti biasa, hanya terdapat tiga kategori pemenang dari sekian banyak judukl manga yang menjadi nomine.

Seperti dilansir dari Anime News Network, Selasa (17/5/2016), tiga judul yang berhasil menyabet kemenangan adalah DAYS, 'Kiss Him, Not Me', dan Konodori. Ketiganya memiliki keunggulan cerita dan tema masing-masing.

DAYS, anime dan manga sepakbola pemenang Kodansha Manga Awards ke-40. (manga-audition.com)

 

DAYS memenangkan kategori Best Shonen Manga, mengalahkan nomine lain seperti Seraph of the End, Noragami, dan My Hero Academia. Manga karangan Tsuyoshi Yasuda ini berpusat pada pemuda bernama Tsukushi yang terjebak ke dunia sepakbola atas ajakan temannya yang bernama Jin.

Kategori Best Shojo Manga dimenangkan oleh Kiss Him, Not Me yang diciptakan oleh Junko. Manga ini berhasil mengalahkan Kurosaki-kun no Iinari ni Nante Naranai, Say "I love you"., Nijiiro Days (Rainbow Days), dan First Love Monster.

Kiss Him, Not Me, pemenang Kodansha Manga Awards ke-40. (Kodansha)

Kiss Him, Not Me bertema tentang seorang gadis fujoshi bernama Kae Serinuma yang berat badannya turun drastis setelah karakter kesukaannya di anime mati. Alhasil, ia didekati empat laki-laki di sekolahnya. Sebagai fujoshi, tentu Kae tak berminat berpacaran dengan salah satunya, melainkan lebih suka melihat mereka saling berkencan.

Konodori ciptaan Yu Suzunoki berhasil mengalahkan Ajin - Demi-Human, Golden Kamuy, Tokyo Tarareba Musume, dan Boku dake ga Inai Machi (Erased) dalam kategori Best General Manga.

Konodori, pemenang Kodansha Manga Awards ke-40. (Kodansha)

Kisahnya sendiri berpusat pada dokter kandungan bernama Sakura Konodori yang pada malam hari bekerja sebagai musisi jazz. Jalan cerita semain pelik ketika ia harus berurusan dengan banyak pasien yang hendak melahirkan ketika ia dibutuhkan.

Penulis yang judulnya memenangkan penghargaan ini mendapat sertifikat, patung perunggu, dan uang sebesar 1 juta yen. Ken Akamatsu, Tochi Ueyama, Oh! great, Atsushi Kase, Miyuki Kobayashi, Yuji Moritaka, dan Kazumi Yamashita membentuk panitia seleksi untuk penghargaan ini.

Kategori yang sudah bertahun-tahun diumumkan, "Best Children's Manga", telah dihapus Kodansha sejak tahun lalu. Tahun lalu, The Seven Deadly Sins karya Nakaba Suzuki dan Yowamushi Pedal karya Wataru Watanabe memenangkan kategori Best Shonen Manga award. Nigeru wa Haji da ga Yaku ni Tatsu karya Tsunami Umino menang di Best Shojo Manga, dan Knights of Sidonia karya Tsutomu Nihei meraih Best General Manga.