Sukses

6 Film Keren Ini Libatkan Musisi Indonesia

Telusuri enam film keren buatan sineas Indonesia yang melibatkan musisi Indonesia sebagai karakter penting di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Hampir setiap film buatan sineas Tanah Air menampilkan bintang tamu senior demi menunjuang beberapa adegan. Tak hanya dari dunia akting, kalau ditelusuri banyak juga film Indonesia yang melibatkan para musisi.

Kebetulan, beberapa nama musisi yang terlibat di dalam film juga bukan sosok baru di industri musik Tanah Air. Karya-karya mereka dalam menciptakan lagu tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat.

Ariel Noah [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

 

Penampilan mereka di layar lebar juga tidak hanya seperti angin lalu. Akting masing-masing musisi ini dinilai istimewa dan juga dirasa berperan penting dalam perkembangan cerita utamanya.

Peran yang mereka mainkan pun bervariasi. Beberapa membawakan karakter yang serius, namun terdapat juga yang mengampil peran komedi. Sehingga ada kesan kalau musikus ini memiliki banyak bakat.

Candil (Liputan6.com/Gempur M. Surya)

Lantas, apa saja film Indonesia yang melibatkan para musisi papan atas ini, dan siapa saja mereka? Simak daftar pilihannya di halaman berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Tenggelamnya Kapal Van der Wijck - Run-D Nidji

Menyaksikan Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck, rasanya pecinta film Indonesia mengakui unsur drama di dalamnya yang tak kalah dengan Titanic. Proses produksi film ini memakan waktu lima tahun dengan skenario selama dua tahun.

Randy

Menariknya, Randy Danistha atau yang akrab disapa Run-D Nidji, ikut serta sebagai karakter bernama Muluk. Perannya tersebut cukup penting karena ia merupakan sahabat dekat dari Zainuddin (Herjunot Ali) yang merupakan tokoh utama pria dalam film ini.

3 dari 7 halaman

5 cm

5 cm - Saykoji

Ketika film 5 cm yang diadaptasi dari novel laris karya Donny Dhirgantoro diangkat ke layat lebar, penyanyi rap Igor Saykoji mendapat kehormatan sebagai salah satu tokoh utama bernama Ian.

Igor Saykoji yakin, bila serius bukan hal mustahil untuk menurunkan berat badan.

Sesuai novelnya, sosok Ian dibawakan secara kocak oleh Saykoji. Banyak pecinta film yang memuji aktingnya mengingat kariernya juga serius di dunia musik. Perannya itu bagai penyegar di tengah ceritanya yang digarap serius.

4 dari 7 halaman

Sang Pemimpi

Sang Pemimpi - Ariel Noah

Ketika Sang Pemimpi yang merupakan sekuel film Laskar Pelangi dirilis, mata para pecinta film awalnya tertuju pada Lukman Sardi yang memerankan Ikal dewasa. Setelah Nazriel Ilham alias Ariel Noah (dulu Ariel Peterpan) dilibatkan, penonton langsung terpaku kepadanya.

Ariel Noah [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Peran Ariel sebagai Arai dirasa sangat penting. Hal itu disebabkan tokohnya merupakan sepupu jauh Ikal yang sangat berpengaruh. Pasalnya, Arai dianggap pahlawan oleh Ikal karena perjuangan hidupnya yang cukup berat.

5 dari 7 halaman

Selendang Rocker

Selendang Rocker - Candil

Dian Dipa Chandra yang memiliki panggilan akrab Candil juga diam-diam memiliki bakat akting di layar lebar. Film Selendang Rocker adalah buktinya. Mantan vokalis Seurieus ini bahkan tampil sebagai tokoh utamanya.

Film Indonesia Selendang Rocker. (indonesianfilmcenter.com)

Kebetulan, tema film ini sangat kental nuansa musiknya, sehingga penonton pun tidak merasa janggal dengan aktingnya di film ini. Saat ia beradu peran dengan aktor-aktor lain termasuk Igor Saykoji, penghayatannya sebagai seorang rocker benar-benar terasa menggigit.

6 dari 7 halaman

Duta Sheila on 7

Duta Sheila on 7 - Tak Biasa

Pecinta musik Tanah Air mengenal sosok Akhdiyat Duta Modjo sebagai vokalis band kenamaan Tanah Air, Sheila on 7 sejak akhir tahun 1990-an. Di saat ia mendapat kesempatan tampil dalam film Tak Biasa, sang penyanyi tidak menyia-nyiakannya.

Duta Sheila on 7 (Foto: Panji Diksana)

Duta langsung menjadi karakter utamanya yang bernama Abi. Peran komedinya itu dirasa cocok dengan perawakan Duta yang memang sudah terlihat kocak. Di sini kita bisa melihat bagaimana ekspresinya kalau sedang jatuh cinta.

7 dari 7 halaman

Jilbab Travelers

Jilbab Travelers - Giring Nidji

Giring Ganesha atau yang akrab disapa Giring Nidji, mendapat kesempatan untuk berakting dalam film Jilbab Traveler: Love Sparks in Korea yang akan rilis tahun ini. Vokalis Nidji ini akan terlihat beradu akting dengan Bunga Citra Lestari (BCL).

Giring Nidji mengungkapkan rasa kagumnya terhadap Jepang dan berharap Indonesia bisa maju seperti negara tersebut.

Demi film ini, Giring melakoni karakternya di Korea Selatan yang kala itu sedang berada di suhu minus nol derajat. Ditambah lagi, ia rela untuk menurunkan berat badannya hingga empat kilogram untuk hasil yang maksimal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini