Sukses

KAR33M Angkat Shalawat di Album Perdana

Grup vokal Nasyid ini mengaransemen ulang beberapa lagu lama sesuai konsep mereka.

Liputan6.com, Jakarta Jelang bulan Ramadan banyak musikus yang membuat album religi. Salah satu grup vokal yang ikut ambil bagian adalah KAR33M yang merilis album perdana mereka berjudul Shollana (Sholawat Nasyid). Dalam album tersebut, terdapat 11 lagu. Semua lagu merupakan lagu lama yang di aransemen ulang sesuai dengan konsep musik mereka.

Di album perdananya ini, grup yang digawangi oleh TB. Ahmad Al Hasyiri (Acil), Yusep Dedi Haryadi (Yusep), dan TB Ahmad Akbar Al-Qadly (Akbar) ini, memilih lagu Salamun Salam sebagai lagu andalan. Yang menarik, lagu tersebut merupakan lagu yang paling pertama direkam, tapi paling terakhir selesai.

“Waktu itu kita selalu merasa ada yang kurang dalam lagu itu. Feel nya aja sih. Kita memang awalnya rekaman selalu malam, dan lagu inikan nadanya riang. Jadi, kita akhirnya mencoba rekaman siang hari. Karena pikiran kita di siang hari kan masih fresh. Nah pas rekaman siang hari itu akhirnya kita dapat selesaikan lagu Salamun Salam,” ujar Acil.

Acil menambahkan, proses rekaman album Shollana memakan waktu 1 bulan, dan semua lagu yang ada di dalam album perdana merupakan lagu yang dipilih oleh produser.

“Memang semua merupakan keputusan produser, tapi selama proses kita omongin bareng. Jadi ini memang sebuah kerja tim,” tambah Acil.

KAR33M sengaja memilih lagu lama yang di recycle karena memang lagu-lagu tersebut sudah dikenal di Indonesia. “Lagu yang kita pilih sudah dikenal oleh pecinta musik religi. Insya Allah, dengan begitu kita jadi lebih mudah untuk masuk ke kancah musik Indonesia. Tapi memang formatnya saja yang berbeda,” ujar Yusep.

Group vokal religi di Indonesia memang sudah banyak. Namun, KAR33M memiliki kelebihan dibandingkan dengan group vokal religi lainnya. “KAR33M sudah memiliki harmonisasi dalam setiap lagunya. Ini berbeda dengan group vokal religi lainnya,” ungkap Akbar.

Selain mengeluarkan album CD Audio, KAR33M kini juga telah resmi mengeluarkan VCD Karaoke. Semua lagu di Album KAR33M bisa dilantunkan bersama melalui VCD karaoke. “Kita mengeluarkan album sengaja berbarengan dengan VCD Karaoke agar pecinta musik bisa menikmati lagu-lagu kita dan menyanyikannya di rumah,” kata Acil.

Group vocal KAR33M sendiri berdiri sejak 14 April 2015. Namun, perjuangan Yusep, Acil dan Akbar tidak mudah. Mereka beberapa kali bongkar pasang personil dan gonta-ganti nama sejak tahun 2009. Hingga akhirnya mereka bertemu seorang produser yang sedang menggarap album religi untuk anak-anak.

“Ya kita waktu itu membantu Pak Yusuf (Produser), mencarikan anak-anak untuk menyanyikan lagu religi. Tapi, waktu Pak Yusuf mendengar kita nyanyi, dia tertarik dan kita diajak rekaman. Tidak tanggung-tanggung waktu itu langsung suruh rekaman 12 lagu. Dan lagu anak-anaknya malah tidak jadi karena tidak cocok,” ungkap Acil.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini