Sukses

Siapakah Superstar Penandu Peti Jenazah Muhammad Ali?

Jumat lalu, legenda tinju dan tokoh dunia, Muhammad Ali, wafat pada usia 74 tahun.

Liputan6.com, Jakarta Jumat lalu, legenda tinju dan tokoh dunia, Muhammad Ali meninggal dunia pada usia 74 tahun. Setelah berjuang melawan penyakit Parkinson selama 32 tahun, Muhammad Ali akhirnya tutup usia. Pria bernama asli Cassius Clay ini akan dimakamkan di kota tempat tinggalnya, Kentucky, AS. Rencananya akan berlangsung, Jumat, 10 Juni 2016.

Mengetahui hidupnya sudah tak lama lagi berdasarkan vonis dokter, ayah 9 anak ini sudah merencanakan upacara pemakamannya sendiri sejak 10 tahun lalu. 

Semasa hidupnya, Muhammad Ali telah menginspirasi banyak orang. Tak hanya sepak terjang dan kehebatannya dalam olahraga tinju (Ali memiliki gelar juara dunia kelas berat sebanyak tiga kali), tapi Ali juga tercatat sebagai aktivis anti perang AS.

Tak hanya berteman dengan banyak atlet, Muhammad Ali yang ikut dalam berbagai kegiatan amal ini juga menginspirasi hidup banyak tokoh dunia dan juga selebritas. Tak heran dalam upacara pemakamannya nanti, para tokoh dunia ini tak hanya akan hadir, tapi juga akan jadi pembawa tandunya. Upacara pemakanan 

Siapa saja mereka? 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Lennox Lewis

1. Lennox Lewis

Wajar Lennox Lewis ditunjuk sebagai salah satu pembawa peti Muhammad Ali. Seperti Ali, atlet tinju dari Kanada ini telah memenangkan gelar tinju dunia kelas berat sebanyak tiga kali, dan merupakan orang terakhir yang memegang gelar tersebut.

3 dari 7 halaman

Will Smith

2. Will Smith

Pada tahun 2001, Will Smith membintangi film tentang kehidupan Muhammad Ali. Lewat perannya sebagai petinju muslim ini, Will Smith meraih nominasi Oscar. Sejak saat itu suami  Jada Pinkett Smith ini menjadi sahabat keluarga Muhammad Ali.

4 dari 7 halaman

Bill Clinton

3. Bill Clinton

Mantan presiden AS ini mungkin memang bukan pembawa tandu. Namun dalam acara pelepasan Muhammad Ali ini, Bill Clinton akan menyampaikan eulogi tentang kehidupan sang petinju legendaris.

Upacaranya sendiri akan berlangsung sejak hari Kamis, diawali dengan acara keluarga yang kemudian dilanjutkan dengan upacara secara Islam untuk publik. Acara ini akan dilangsungkan di Freedom Hall, dan dipimpin oleh Imam Zaid Shakir dari Kalifornia.

5 dari 7 halaman

Billy Crystal

4. Billy Crystal

Bersama dengan Clinton, komedian dan aktor Hollywood ini juga dijadwalkan untuk membaca eulogi bagi Muhammad Ali.

Eulogi untuk petinju ini akan dibacakan pada hari Jumat, setelah keluarganya berkumpul untuk berdoa bersama. Acara tersebut kemudian akan diikuti dengan proses pemakaman di Lousville. Ali akan dimakamkan di Cave Hill Cemetery.

6 dari 7 halaman

Presiden Tayyib Erdogan

5. Presiden Tayyip Erdogan

Proses pemakaman Muhammad Ali bukanlah prosesi pemakaman biasa. Dengan berpulangnya atlet tinju yang berkiprah jauh melebihi bidangnya ini, sebuah lubang besar ditinggalkan.

Pemakaman Muhammad Ali akan menjadi sebuah upacara besar. Belum ada atlet lain dengan upacara pemakaman sebesar ini. Dunia terakhir melihat prosesi pemakaman yang akbar sebesar ini adalah ketika Michael Jackson meninggal dunia pada tahun 2009.

Semakin membuktikan betapa seluruh dunia berduka dengan kepulangan ayah dari selebriti Laila Ali ini adalah dengan kehadiran presiden republik Turki, Recep Tayyip Erdogan. Presiden Erdogan dikabarkan juga akan memberikan kata-kata pelepasannya untuk Muhammad Ali pada acara ini.

7 dari 7 halaman

Raja Abdullah II

6. Raja Abdullah II

Tak hanya Presiden Erdogan, Raja Abdullah II dari Yordania juga akan menyampaikan belasungkawanya untuk Muhammad Ali pada acara tersebut.

Tak hanya perwakilan dari Islam, para pemuka agama dan kepercayaan lain juga akan berbicara pada prosesi ini, termasuk Judaism, Kristen, Buddha, Mormon, dan Katolik.

Mereka akan diikuti oleh istri Muhammad Ali, Lonnie Ali, dan putrinya, Maryum Ali,

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini