Sukses

Leonardo DiCaprio Diincar Jadi Jalaluddin Rumi, Netizen Protes

Kabar tentang Leonardo DiCaprio yang diincar untuk memerankan Jalaluddin Rumi, menuai protes keras di dunia maya.

Liputan6.com, Los Angeles - Jalaluddin Rumi adalah satu tokoh sufi yang dikenal luas oleh publik. Lewat sajak-sajaknya yang puitis dan bermakna dalam, ia tak hanya populer di kalangan umat muslim, namun juga khalayak dari dunia Barat.

Tampaknya, tak lama lagi akan muncul film yang mengangkat perjalanan hidup sufi kelahiran Afghanistan ini. Dilansir dari The Guardian, Rabu (8/6/2016), penulis skenario film Gladiator, David Franzoni, bergabung dengan produser Stephen Joel Brown untuk memproduksi film tentang Rumi yang rencananya mulai syuting tahun depan ini. 

Jalaluddin Rumi (The Guardian)

Baca Juga

"Dia seperti Shakespeare, tokoh yang memiliki talenta besar dan merupakan tokoh besar di masyarakatnya, yang hasil karyanya masih menyentuh hingga kini. Ia adalah orang yang layak untuk dieksplorasi," tutur Franzoni. Selain itu, mereka juga ingin memotret tokoh muslim secara berbeda dari stereotip sinema Barat selama ini.

Satu hal yang membuat publik tersentak adalah aktor yang diincar kedua sineas ini untuk memerankan Rumi. Keduanya menginginkan Leonardo DiCaprio mengambil peran sebagai Jalaluddin Rumi. Tak hanya itu, keduanya juga ingin mengajak Robert Downey Jr bergabung dalam proyek ini untuk memainkan Sham dari Tabriz, tokoh yang memiliki peran besar dalam hidup Rumi.

"Level pemain seperti inilah yang kami inginkan," kata Franzoni. Meski begitu, belum ada kepastian apakah memang kedua aktor ini yang nantinya akan memerankan karakter Jalaluddin Rumi dan Sham.

Kabar mengenai hal ini, lantas membuat publik heboh. Pasalnya, hal ini makin memperkuat tuduhan bahwa industri film Hollywood melakukan whitewashing, atau memainkan aktor kulit putih sebagai karakter yang berasal dari latar belakang ras lainnya. Twitter misalnya, dipenuhi protes publik yang menggunakan tagar #RumiWasntWhite, yang bermakna Rumi tak berkulit putih.

Aktor Leonardo DiCaprio menerima Oscar untuk Aktor Terbaik untuk film

Sebelum film tentang Rumi ini, memang banyak tokoh yang dalam cerita aslinya merupakan karakter kulit berwarna, yang akhirnya dimainkan aktor kulit putih. Baru-baru ini misalnya, karakter The Ancient One dalam Doctor Strange yang di cerita aslinya merupakan biksu Tibet, dalam filmnya dimainkan oleh aktris Tilda Swinton. Ada pula karakter Motoko Kusanagi dari anime Ghost in The Shell, yang dimainkan oleh Scarlett Johansson dalam film adaptasinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.