Sukses

Prosesi Pemakaman Ayah Marini Zumarnis Dilakukan Secara Militer

Ayah Marini Zumarnis, almarhum H. Zumarnis Zein merupakan anggota TNI berpangkat Brigadir Jenderal Purnawirawan.

Liputan6.com, Jakarta - Ayahanda pesinetron Marini Zumarnis, H. Zurmanis Zein meninggal dunia, Kamis (16/6/2016). Jenazah H. Zumarnis Zein dimakamkan di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2016) melalui upacara militer.

Seperti diketahui, H. Zumarnis Zein seorang anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) berpangkat Brigadir Jenderal Purnawirawan. Prosesi pemakaman begitu khikmad, saat jenazah almarhum dimasukan ke liang lahat, sampai akhirnya menyatu dengan tanah.

Suasana pemakaman ayah Marini Zumarnis, Zumarnis Zein, di TPU Karet Bivak, Jakarta, Jumat (17/6/2016). [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Santos Gunawan Matondang, inspektur upacara pemakaman tersebut, memberi penghormatan terakhir kepada almarhum atas nama bangsa, TNI, dan Polri, dengan meletakkan karangan bunga di atas pusara almarhum.

Dalam sambutannya Santos menyatakan rasa dukanya yang mendalam atas meninggalnya H. Zumarnis Zein, yang menurutnya merupakan sosok yang patut diteladani.

Sejumlah personel TNI menurunkan peti jenazah Zumarnis Zein, ayah artis Marini Zumarnis ke liang lahat di TPU Karet Bivak, Jakarta, Jumat (17/6). Prosesi pemakaman dilakukan secara militer, diiringi bunyi tembakan. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Pada hari ini jumat (17/6), kita bersama-sama di tempat pemakaman umum Karet Bivak melakukan prosesi pemakaman secara militer, jenazah almarhum Brigadir Jendreal Purnawirawan Zumarnis Zein. Ini sebagai penghargaan pemerintah dan negara atas masa baktinya selama hidup," kata Santos, melalui sambutannya.

Diiringi alunan lagu "Gugur Bunga", Marini Zumarnis yang mengenakan busana muslimah serba putih tak kuasa menahan tangis saat melakukan tabur bunga. Prosesi pemakan sendiri ditutup dengan pemberian bendera merah putih kepada pihak kelurga yang di wakili Marini Zumarnis, dan disambut dengan doa dan penghormatan terakhir oleh para peserta upacara dan pelayat.

Marini Zumarnis terlihat menangis di acara pemakaman ayahnya, Zumarnis Zein di TPU Karet Bivak, Jakarta, Jumat (17/6/2016). [Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com]

Ayahanda Marini Zumarnis, H. Zumarnis Zein, meninggal di usianya yang ke 76 tahun di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Subroto, pukul 11.30 WIB, Kamis (16/6/2016). H. Zumarnis Zein meninggal lantaran penyakit komplikasi yang diidapnya. (Pur/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini