Sukses

Cerita 6 Artis Bollywood Memaknai Bulan Ramadan

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Ramadan menjadi momen paling penting dan terbaik bagi umat Islam di dunia. Ramadan adalah bulan diturunkannya Alquran, sebagai panduan untuk umat manusia yang mengimaninya.

Umat Islam diwajibkan menunaikan puasa pada bulan ini. Ramadan juga dianggap sebagai bulan pengampunan dan berlimpah kemuliaan. Setiap ibadah yang dilakukan di bulan ini, diganjar pahala berlimpah. 

Tak hanya di Indonesia--dengan mayoritas umat Muslim di dunia--atau Arab tempat diturunkannya Alquran, di negara industri film Bollywood, juga terdapat artis muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Di tengah kesibukannya, beberapa artis Bollywood ini menjalankan puasa. Sama seperti umat Muslim di dunia lainnya, artis Bollywood ini selalu merindukan kedatangan bulan Ramadan. Siapa saja mereka? Kami menghimpun kisahnya dari berbagai sumber. Inilah mereka.

Itikaf merupakan berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan pada bulan suci Ramadan, dan lebih dikhususkan sepuluh hari terakhir untuk mengharapkan datangnya Lailatul Qadar. (Liputan6.com/Abdul Aziz Prastowo)

1 dari 7 halaman

Salman Khan

Salman Khan

Salman Khan merupakan aktor Bollywood yang dikenal eksis dengan kemampuan akting yang mumpuni di berbagai film, termasuk Bajrangi Bhaijaan (2015) dan Sultan (2015). Aktor bernama asli Abdul Rashid Salim Salman Khan dalam beberapa wawancara menyebutkan, selalu merindukan kehadiran Ramadan.

Setiap bulan suci, Salman Khan selalu berdoa untuk dirinya sendiri, keluarga dan penggemar agar mendapatkan ampunan dari Tuhan Yang Maha Esa (YME). Dia berharap momen Ramadan yang dijalankannya selalu lebih baik dibandingkan sebelumnya.

"Ramadan itu bulan penuh berkah dan ampunan. Di bulan ini, kita belajar menjadi orang yang lebih baik. Aku selalu menikmati bulan Ramadan bersama keluarga. Aku harap kalian juga begitu. Selamat puasa," ujar Salman Khan.

2 dari 7 halaman

Saif Ali Khan

Saif Ali Khan

Selain dikenal sebagai aktor, Saif Ali Khan juga aktif sebagai sutradara dan produser film Bollywood. Saif Ali Khan rupanya masuk ke dalam deretan artis Bollywood yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Saif Ali Khan menyebutkan, di bulan ini, ia dan keluarganya banyak melakukan hal yang baik. Salah satunya, membantu orang lain yang membutuhkan.

"Aku sangat senang dengan bulan ini, karena mengajarkan aku untuk bisa lebih bersabar. Aku juga berharap bisa melakukan semua kewajiban yang diperintahkan, dan `sunnah` lebih banyak lagi," ungkap Saif Ali Khan.

3 dari 7 halaman

Aamir Khan

Aamir Khan

Aamir Khan juga menjadikan bulan Ramadan sebagai momen untuk makin mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Dalam sebuah wawancara,  Aamir Khan mengaku beberapa kali lalai menjalankan perintah-Nya, tapi tetap berharap dengan Ramadan bisa memperbaiki diri.

Aamir Khan berusaha melakukan kewajiban yang diperintahkan dalam agama dengan baik. Tak hanya kepada Tuhan YME, kualitas rasa kemanusiaan kepada sesama juga terus diasah dengan membantu orang lain.

"Tentu saja, agama seseorang harus selalu dekat di hati. Bulan puasa yang penuh berkah ini juga harus bisa membuat seseorang memiliki rasa kemanusiaan yang tinggi, tak lupa membantu sesama," sebut  Aamir Khan.

 

4 dari 7 halaman

Shah Rukh Khan

 Shah Rukh Khan

Shah Rukh Khan menyebutkan bulan Ramadan sebagai salah satu momen terbaik dan tak terlupakan dalam hidupnya. Shah Rukh Khan berharap bisa `bertemu` terus dengan bulan yang dianggap suci oleh umat Muslim ini.

Bagi Shah Rukh Khan, Ramadan menjadi bulan penuh berkah dan ampunan yang membuatnya bisa mendekatkan diri dengan Tuhan YME.

"Ramadan menjadi waktu paling penting. `Dia` datang hanya sebentar. Aku tak mau melewatkan kedatangannya, membuatku lebih tenang. Aku bisa melakukan hal yang terbaik sepanjang hidupku di bulan ini. tapi, bukan berarti setelah Ramadan pergi, bisa kembali melakukan kesalahan. Justru ini momen untuk memperbaiki diri," Shah Rukh Khan menyebutkan kepada NDTV, baru-baru ini.

5 dari 7 halaman

Shahid Kapoor

Shahid Kapoor

Shahid Kapoor punya segudang pengalaman menyenangkan dan tak terlupakan selama bulan Ramadan. Salah satunya, mengenai pelajaran mengaji yang ia lakukan di saat kecil. Shahid Kapoor bersyukur kini ia bisa menjalankan kewajiban yang diperintahkan Tuhan YME.

Shahid Kapoor menyebutkan bulan Ramadan sebagai momen memperbaiki diri. Selama sebulan penuh di bulan penuh berkah, Shahid Kapoor berharap diampuni dari segala dosa.

"Aku bersyukur bisa mendapatkan kesempatan untuk terus berpuasa. Tak lupa, salat yang aku jalankan, juga `sunnah` yang sebaiknya dilakukan. Aku tidak akan membiarkan diriku lalai dengan semua kewajibanku," Shahid Kapoor mengungkapkan sambil tersenyum.

6 dari 7 halaman

AR Rahman

AR Rahman

AR Rahman, pengarang lagu asal India memang mengharumkan nama negaranya dengan berhasil membawa pulang Academy Awards dan Grammy Awards. Wajar saja, AR Rahman merupakan salah satu sosok terkenal di industri hiburan internasional.

Di balik semua itu, AR Rahman rupanya orang yang sangat religius. AR Rahman yang bernama asli Dileep Kumar itu mengaku tertarik menjadi seorang Muslim. Sejak menjadi mualah, ia pun mengubah namanya menjadi AR Rahman, mulai melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Saat diwawancarai, AR Rahman menyebutkan menikmati momen puasa di Ramadan, membantunya lebih mengenal dan dekat dengan Tuhan YME. "Mungkin terdengar berlebihan, tapi aku sangat senang bisa menjalankan ini semua," AR Rahman menyebutkan.(Des)