Sukses

Heboh, Tokoh Ini Jadi Penyuka Sesama Jenis di Star Trek Beyond

George Takei, aktor Star Trek versi lawas yang secara terbuka mengaku sebagai gay, justru menentang keputusan ini.

Liputan6.com, Jakarta Star Trek Beyond memang baru mulai tayang di bioskop mulai 20 Juli mendatang, namun pro kontra tentang film ini sudah bermunculan.

Hal ini bermula saat John Cho, pemeran Sulu dalam waralaba Star Trek terbaru menyebutkan satu hal yang tak terduga soal karakter yang dimainkannya. Hikaru Sulu, "wakil" Asia di atas pesawat Enterprise, ternyata diubah sebagai seorang penyuka sesama jenis.

John Cho sebagai Sulu dalam Star Trek (Vox)

Dilansir dari The Herald Sun, Jumat (8/7/2016), sejak film Star Trek Beyond, hal ini diubah oleh sutradara Justin Lin dan penulis naskah Simon Pegg. John Cho mengaku senang dengan pendekatan baru tersebut.

"Ini tak dijadikan satu persoalan besar. Inilah yang ingin kita capai sebagai sebuah spesies, tidak mempolitisasi orientasi pribadi seseorang," ujar John Cho.

Cho menyatakan keputusan sutradara dan penulis skenario ini diambil, dengan merujuk pada orientasi seksual George Takei, pemeran Sulu dalam dalam serial Star Trek di tahun 1960-an.

George Takei, pemeran Sulu di serial Star Trek di tahun 1960-an (Bintang/EPA)

Cho menyatakan keputusan sutradara dan penulis skenario ini diambil, dengan merujuk pada orientasi seksual George Takei, pemeran Sulu dalam dalam serial Star Trek di tahun 1960-an.

Namun salah satu orang yang paling awal menentang hal ini, justru George Takei sendiri. Pria yang pada 2005 ini mengaku seorang homoseksual pada publik ini, menyebut ia memang senang ada tokoh gay dalam Star Trek.

"Sayangnya, ini adalah pemelintiran dari karya Gene (Gene Roddenberry, pencipta Star Trek), satu hal yang benar-benar dipikirkan olehnya. Kurasa ini sangat disayangkan," katanya.

Adegan dalam film Star Trek Beyond. (io9.gizmodo.com)

Takei menyebut ia lebih senang bila Star Trek Beyond memperkenalkan satu tokoh gay baru dalam film ini. Ia juga menyebut telah beberapa kali menyuarakan pendapatnya pada John Cho.

"Aku katakan pada Cho, 'Berimajinasilah dan ciptakan karakter yang memiliki latar belakang sebagai gay, ketimbang Sulu yang selama ini merupakan orang yang 'lurus', ternyata selama ini menutupi orientasi seksualnya," katanya.

Sejumlah media lantas berusaha untuk meminta tanggapan John Cho, dan Paramount Pictures mengenai komentar George Takei ini. Sementara penggemar mulai harap-harap cemas, bagaimana Sulu versi baru ini akan ditampilkan dalam Star Trek Beyond.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.