Sukses

Demi Dian Sastrowardoyo, Hanung Harus Bersabar

Syuting film Kartini menunggu Dian Sastrowardoyo selesai dengan proyek film Ada Apa dengan Cinta? 2.

Liputan6.com, Jakarta Hanung Bramantyo mesti bersabar untuk menjadikan Dian Sastrowardoyo sebagai aktor utama dalam film terbarunya berjudul Kartini. Padahal, ia dan Robert Ronny selaku produser sudah merencanakan film Kartini sejak dua tahun lalu.

Di awal rencana, syuting film Kartini akan dilakukan pada akhir 2014 atau awal 2015. Namun karena saat itu Dian Sastrowardoyo tengah sibuk dengan syuting film Ada Apa dengan Cinta? 2 (AAdC?2), syuting pun ditunda hingga selesai film garapan Riri Riza itu.

Dian Sastrowardoyo [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]

"Merencanakan kapan film tayang dan memulai syutingnya, sehingga bisa dibuatkan jadwal. Kerja berdasarkan itu dan riset berdasarkan itu. Ketika fakta terbentur, persoalannya jadi kompleks banget. Akhirnya mundur. Syuting 2015 tapi terbentur Dian sehingga produksi molor dan 2016 ini baru syuting," ujar Hanung Bramantyo saat jumpa pers film Kartini di XXI Djakarta Teater, di kawasan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

"Sebagai film maker kami berkolaborasi, mengenyampingkan ego. Saya sama Hanung ngobrol Kartini dari 2014," timpal Robert Ronny.

Namun suami Zasckya Adya Mecca itu memetik hikmah di balik kesabarannya tersebut. Setidaknya, ia bisa makin mematangkan konsep film terbarunya yang diproduksi oleh Legacy Picture yang bekerja sama dengan MVP Pictures . "Kami jadi menemukan data baru dan fakta baru untuk membedah skenario," ujar Hanung.

Bagi Hanung Bramantyo, begitulah risiko dalam membuat film, punya tantangan tersendiri. Padahal, film Kartini rencananya akan diikutsertakan dalam sebuah festival film internasional. 

Konfrensi pers dan acara syukuran film Kartini yang dihadiri sejumlah artis seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Acha Septriasa, Nova Eliza, Deddy Sutomo, Hanung Bramantyo dll. [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]

"Itulah asyiknya buat film biopic, selalu berubah-ubah. Niat tayang di Desember mundur di April (2017). Padahal teman-teman festival berharap Oktober screening di Busan Festival, tapi saya belum berani. Ingin menikmati prosesnya," kata Hanung Bramantyo.

Rencananya film Kartini baru akan menjalani syuting pada akhir Juli 2016, dan baru akan tayang di bioskop pada April 2017. Tak hanya Dian Sastrowardoyo, sederet artis kenamaan ikut membintangi film Kartini seperti; Christine Hakim, Ayushita, Acha Septriasa, Adniia Wirasti, Denny Sumargo, RezaR ahadian, Nova Eliza, Deddy Sutomo dan lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini