Sukses

Jadi Penjahat, 6 Artis Hollywood Ini Tidak Bisa Dikenali

Beberapa artis ini menunjukkan kemampuan akting mumpuni, serta bantuan dari tata rias, membuat mereka tak bisa dikenali.

Liputan6.com, Jakarta - Kemampuan akting seorang aktor memang bisa membuat penonton terhenyak, terbuai saat menyaksikan aksinya dalam sebuah film. Tapi terkadang, untuk mencapai efek tertentu, dibutuhkan lebih dari kemampuan akting sang aktor saja.

Special Makeup Effects dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pembuatan efek atau impact yang diakibatkan oleh suatu sebab kejadian atau akibat dari suatu keadaan yang terlihat pada tubuh makhluk hidup.

Efek ini bisa didapat dengan menggunakan metode seni tata rias (make up) untuk digunakan dalam seni pertunjukan. Seperti contohnya : luka terkena sabetan celurit, efek wajah stres, efek wajah bangun tidur, atau terkena gas beracun, dilansir dari Sfxindo.

Sementara, prosthetic make up atau FX Prosthesis adalah seni tata rias dengan menggunakan atau menambahkan prosthetic (bagian tubuh palsu), untuk mengubah bentuk dan penampilan si aktor. Seperti contohnya : Alien pada film Star Trek dan Star Wars, monster-monster atau zombie.

Akting dan tata rias spesial untuk aktor akan membuat karakter makin menyatu dan terlihat nyata. Semua itu, membuat film makin menarik disimak. Akibatnya, wajah asli sang aktor tak bisa lagi dikenali.

Saking tidak dikenalinya, beberapa aktor ini membuat penonton bingung dengan penampilannya di film Hollywood. Siapa saja mereka?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Joe Taslim

Joe Taslim

Sangat membanggakan, Joe Taslim menjadi satu-satunya aktor Indonesia yang ikut main dalam Star Trek terbaru. Di film fiksi ilmiah ini, wajah tampan Joe Taslim tidak dikenali karena tertutup topeng alien.

Joe Taslim berperan sebagai alien bernama Manas. Joe Taslim mengungkapkan dirinya membutuhkan waktu lima jam untuk berubah menjadi Manas, sama seperti artis Hollywood lainnya, termasuk Idris Elba dan Sofia Boutella.

Joe Taslim setelah bermain dalam Fast and Furious, kini karier Hollywood Joe makin benderang karena bermain dalam Star Trek Beyond

Rupanya dandanan Joe taslim dilakukan oleh Joel Harlow, penata rias terbaik peraih Oscar. Untuk menjadi Manas, Joe Taslim tidak menggunakan topeng. Joel Harlow menyatukan berbagai bahan tambahan yang terdiri dari delapan bagian di tubuh bintang The Raid ini untuk mengubahnya menjadi alien. 

3 dari 7 halaman

Ralph Fiennes

Ralph Fiennes

Ralph Fiennes pernah memerankan penjahat paling kejam di dunia sihir, Voldemort dalam film Harry Potter. Wajah Ralph Fiennes yang tampan dengan hidungnya yang mancung sama sekali tidak bisa dikenali saat menjadi Voldemort.

Voldemort digambarkan sebagai sosok mengerikan dengan bentuk hidung yang rata dan giginya yang kekuningan.

Diceritakan, wajah Voldermort sedikit banyak menyerupai ular. Saat menjadi Voldemort, Ralph Fiennes menghabiskan waktu selama 2,5 jam untuk berdandan.

Ralph Fiennes, aktor Inggris yang memerankan karakter antagonis Voldemort di Harry Potter (ibtimes)

Ralph Fiennes mengaku tak bisa mengenali wajahnya lagi setelah penata rias bekerja. Bintang Wrath of the Titans ini juga harus memakai gigi palsu yang membuatnya kesulitan saat makan sesuatu selama syuting.

4 dari 7 halaman

Glenn Close

Glenn Close

Glenn Close adalah artis berbakat dengan berbagai prestasi yang berhasil membuatnya menjadi nominee di penghargaan ternama dunia, mulai dari Grammy Awards hingga Emmy Awards. Salah satu kelebihan Glenn Close yaitu `gender bender`alias bisa memerankan karakter yang biasanya dimainkan para aktor pria.

Glenn Close tampil sebagai bajak laut menjijikan di film Hook (1991). Tak ada yang menyangka, di balik kulit kehitaman dan janggut anak buah Kapten Hook itu, terdapat kulit mulus wanita cantik Glenn Close.

Tak ada yang menyangka wajah cantik dan menawan Glenn Close berubah menjadi bajak laut menjijikan di film Hook (Pinterest)

Glenn Close juga berpakaian pria, jas dan tuksedo untuk perannya di Albert Nobbs. Glenn Close mengaku senang dengan tantangan yang diberikan kepadanya.

5 dari 7 halaman

Halle Berry

Halle Berry

Tak ada yang menyangka Hhalle Berry, artis cantik yang memerankan tokoh Storm dalam X-Men itu bisa berubah total di film Cloud Atlas. Bahkan, wajah Halle berry sama sekali tak bisa dikenali lagi saat memerankan karakter dokter Korea dengan mata bionik yang kejam.

Salah seorang lawan mainnya, Jim Sturgess mengaku kagum dengan perubahan Halle Berry. Jim Sturgess masih syok jika mengingat dirinya berbicara dengan Halle Berry dalam sosok dokter Korea aneh.

Halle Berry, artis cantik dan seksi mendadak menjadi dokter gila dengan mata bionik.

"Sungguh momen paling konyol dalam hidupku saat berbicara dengan Halle berry yang menjadi dokter. Kami mengobrol dengan asyik mengenai anak-anaknya dan hidupnya. tapi, sosok Halle berry yang ada di depanku itu dokter Korea gila," ujar Jim sambil tertawa.

6 dari 7 halaman

Tom Cruise

Tom Cruise

Tom Cruise biasa tampil memesona, termasuk dalam film ikoniknya, Mission Impossible. Tiba-tiba, Tom Cruise yang tampan berubah menjadi pria botak dan tambun yang serakah dalam film Tropic Thunder.

Tak banyak yang mengetahui kenapa sosok Les Grossman--seorang petinggi Hollywood yang licik--dalam film tersebut menarik perhatian Tom Cruise. Tim produksi sempat heran saat menerima telepon dari bintang Hollywood secara langsung menawarkan dirinya menjadi karakter tersebut.

Tom Cruise (Pinterest)

Penata rias Barney Burman langsung mengubah Tom Cruise menjadi sosok yang tak dikenali. Dengan bantuan silikon--untuk kepala dan tubuh Tom Cruise--karakter Les Grossman yang buruk rupa (jika dibandingkan dengan penampilan asli Tom Cruise) pun muncul.

 

7 dari 7 halaman

Neil Patrick Harris

Neil Patrick Harris

Jika mendengar nama Neil Patrick Harris biasanya penonton akan teringat dengan karakter Barney yang playboy dalam serial TV How I Met Your Mother. Tapi, penampilan Neil Patrick Harris dalam A Series of Unfortunate Events sama sekali berbeda dengan sosoknya yang dikenal penggemar selama ini.

Dalam serial Netflix A Series of Unfortunate Events, Neil Patrick Harris berubah menjadi pria menyeramkan bernama Count Olaf. Wajah tampannya pun tak bisa dikenali karena perubahan hidung yang  mancung dan rambut nyaris botak, tipikal wajah karakter antagonis.

Neil Patrick Harris (Pinterest)

Neil Patrick Harris sangat bangga bisa bermain dalam serial itu, dan memerankan tokoh yang dulunya diperankan oleh Jim Carrey tersebut. Bahkan, ayah dua anak tersebut tak menyangka bisa mengecoh banyak orang dengan perubahan dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.