Sukses

Lagi, Ed Sheeran Kena Tuduhan Plagiarisme

Setelah lagu "Photograph", kali ini Ed Sheeran dikenai tuduhan plagiarisme untuk lagunya yang berjudul "Thinking Out Loud".

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi berambut merah asal Inggris, Ed Sheeran, baru-baru ini terkena masalah lagi. Teman duet Taylor Swift ini dituduh menjiplak lagu penyanyi legendaris Marvin Gaye, "Let's Get It On" untuk lagu hits-nya "Thinking Out Loud".

Lagu Let's Get It On dirilis pada tahun 1973.

Melansir E! News, Rabu (10/9/2016), lagu "Let's Get It On" ditulis oleh Marvin Gaye dan Ed Townsedn pada tahun 1973. Dan sekarang, para pewaris Townsend menuduh Ed Sheeran menjiplak lagu tersebut.

Kathryn Townsend, Helen McDonald, dan Cherrigale Townsend mengajukan tuntutan federal pada Ed Sheeran, meminta agar hakim melakukan penetapan sementara (injunction) yang akan mencegah penyanyi 25 tahun itu untuk mendapatkan keuntungan dari lagu "Thinking Out Loud".

Menurut pihak penuntut, Ed Townsend memiliki 100 hak kekayaan intelektual terhadap lagu tersebut.

Lagu "Thinking Out Loud" sendiri sudah menghadiahi Ed Sheeran dua buah piala Grammy tahun ini untuk kategori: Song of The Year dan Best Pop Solo Performance--mengalahkan sahabatnya, Taylor Swift.

Menurut mereka, Sheeran mengkopi inti dari lagu "Let's Get It On", yang berarti progresi, melodi, dan ritme lagu tersebut, dan terus mengulang-ngulannya di sepanjang lagu "Thinking Out Loud". Mereka juga melanjutkan tuduhan dengan mengatakan, Ed Sheeran sama sekali tidak menciptakan musiknya sendiri, dan malah menghasilkan lagu yang sangat serupa secara substansial dengan lagu ciptaan Marvin Gaye dan Ed Townsend tadi.

Ed Sheeran saat memenangkan Grammy untuk

Ini bukan pertama kalinya pria yang bernama lengkap Edward Christopher Sheeran itu dikenai tuduhan plagiarisme.

Lagu hits-nya yang lain, "Photograph", juga dikenai tuduhan hukum. Martin Harrington dan Thomas Leonard, dan perusahaan rekaman mereka HaloSongs, menuduh lagu Ed Sheeran itu adalah tiruan dari lagu mereka yang berjudul "Amazing".

Dalam tuduhan yang diajukan, para penulis lagu tadi mengatakan: "Photograph" memiliki kemiripan dalam hal kata-kata, gaya vokal, melodi vokal, dan ritme dengan lagu "Amazing" yang dirilis pada tahun 2009.

Para penulis tadi menuntut Ed Sheeran untuk membagi hasil royalti yang didapatnya dengan mereka. Sampai saat berita ini dikutip, perwakilan dari Ed Sheeran masih belum bisa dihubungi untuk dimintai keterangan.(Nil/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.