Sukses

6 Anime Jepang Ini Bikin Kita Makin Cinta Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Selama ini, Indonesia dikenal sebagai negara dengan khazanah budaya yang sangat banyak jumlahnya. Maka tak heran kalau banyak turis asing yang berdatangan untuk bisa mengenal budaya Tanah Air secara lebih dekat dan mendalam.

Tak sampai di situ, banyak pengarang manga maupun studio anime Jepang yang tertarik untuk mengangkat budaya Indonesia ke salah satu cerita dari karya-karya mereka.

Digimon Adventure. (neogaf.com)

Kalau ditelusuri lebih luas, judul-judul yang di dalamnya terkandung kekayaan budaya Indonesia sangatlah banyak Bahkan, sebagian besar merupakan judul-judul yang sudah tak asing lagi di telinga kita.

Kekayaan Indonesia yang diperlihatkan bisa mencakup kesenian daerah, makanan, bahasa, hingga seni beladiri. Uniknya, para animator Jepang ini memasukkan unsur tersebut ke dalam cerita utama.

Dragon Ball. Foto: via screenrant.com

Maka, sudah layaknya kita bangga dengan budaya Indonesia yang menjadi bagian cerita di beberapa anime terkenal di Jepang. Kira-kira, anime apa saja ya?

Dari sekian banyak judul anime, berikut enam di antaranya yang dirasa cukup menarik dalam memperlihatkan kekayaan budaya Indonesia.

1 dari 7 halaman

Dragon Ball

Dragon Ball

Mendengar Dragon Ball, tentu yang terbayang di antaranya adalah Bola Naga, Son Goku, dan para pendekar Planet Saiya. Kalau kita ingat kembali ke tahap cerita turnamen bela diri Tenkaichi Budokai, di situ terdapat banyak unsur-unsur Indonesia yang diselipkan oleh pengarangnya, Akira Toriyama.

Unsur Indonesia di Dragon Ball. (Toei)

Lihat saja desain bangunan turnamen yang menjadi latar belakang arena pertarungannya. Bahkan, di situ terdapat gapura dengan desain yang biasa kita lihat di berbagai tempat ibadah di Bali.

Ketika melihat versi manga, terdapat juga karakter yang mengenakan penutup kepala khas Bali. Tulisan yang berkaitan dengan Pulau Dewata itu juga bisa dilihat di beberapa adegan. Sebut saja "Bali" itu sendiri serta "Singaraja".

Unsur Indonesia di Dragon Ball. (Toei)

Lucunya, ada juga kosakata bahasa Indonesia yang terpampang di beberapa toko dalam lokasi turnamen. Beberapa yang ditemukan adalah kata "Dingin Es", "Garam Pedas", "Nanas", dan "Cukup".

2 dari 7 halaman

One Piece

One Piece

Siapa sangka anime yang sedang populer di dunia ini punya beberapa unsur budaya Indonesia yang cukup kental. Di beberapa episode One Piece, terdapat lokasi yang membuat kita teringat akan kekayaan Indonesia.

Unsur Indonesia di One Piece. (Toei)

Unsur Indonesia yang paling jelas adalah hadirnya Pulau Jaya di babak Skypiea yang sangat kental dengan Irian Jaya. Bahkan, sejarah pulau tersebut dikisahkan berusaha lepas dari cengkeraman Enel. Mirip dengan usaha Irian untuk merdeka dari Belanda.

Tak sampai di situ, Pulau Jaya juga memiliki bentuk tengkorak yang terpisah dengan dua klan yang berbeda. Mengingatkan kita pada pulau Irian Jaya yang bentuknya mirip hewan berbeda spesies antara milik Indonesia dengan milik Papua Nugini.

Unsur Indonesia di One Piece. (Shueisha)

Seperti Irian Jaya, Pulau Jaya juga dikenal sebagai kota penghasil emas. Namun kekayaannya dikeruk oleh Enel, mirip seperti penduduk Irian Jaya yang kekayaan emasnya konon dikeruk oleh negara lain.

Tak habis di situ, markas karakter bernama Duval dibuat sangat mirip dengan Rumah Nias. Desain celana milik Enel juga sangat menyerupai dengan corak Batik khas Indonesia. Burung Southbird yang muncul di Skypiea dan Pulau Jaya pun mirip dengan burung rangkong gading yang biasa ditemui di Kalimantan.

Karakter Enel dari manga / anime One Piece. (onepiece.wikia.com)

Di babak lain, ketika para tokoh utama tiba di lokasi bernama Sabaody Archipelago, tempat tersebut dianggap sebagai hutan mangrove atau bakau terbesar di dunia One Piece. Nah, lokasi bakau terbesar di atas Bumi ini, tak lain dan tak bukan ada di Indonesia.

3 dari 7 halaman

Naruto Naruto

Naruto

Mungkin para pecinta anime bakal kebingungan dengan munculnya Naruto dalam daftar ini. Pasalnya, sejak awal cerita hingga babak akhir, belum ada tanda-tanda kalau kisahnya pernah mengekspos kekayaan Indonesia.

Unsur Indonesia di Naruto. (Toei)

Namun kalau disimak lebih teliti, ada kekayaan alam Indonesia yang sempat diperlihatkan sekilas, yaitu munculnya bunga Rafflesia Arnoldii atau padma raksasa.

Ketika sosok Juubi alias Monster Ekor 10 berubah bentuk menuju ke bentuk sempurnanya, kepalanya terlihat sangat mirip seperti bunga Rafflesia Arnoldii. Bunga asal Indonesia tersebut terhitung langka.

Unsur Indonesia di Naruto. (Toei)

Kemudian saat kita menonton The Last: Naruto the Movie, terdapat salah satu tempat yang disinggahi oleh Naruto dan kawan-kawannya. Di situ terdapat benda pahatan yang desainnya sangat mirip dengan candi di Indonesia.

4 dari 7 halaman

Kenichi: The Mightiest Disciple

Kenichi: The Mighties Disciple

Buat yang senang dengan cerita-cerita seni bela diri, anime Kenichi: The Mightiest Disciple tentu pernah dijajal. Satu hal yang menarik bagi penikmat anime di Indonesia adalah kemunculan dua karakter bernama Radin Tidat Jihan dan Silcardo Jenazad yang menguasai seni bela diri pencak silat.

Cukup patut disayangkan kalau kedua karakter tersebut merupakan antagonis cerita ini. Namun yang sangat menarik adalah aksi Radin Tidat Jihan di anime edisi OVA (video rumahan) episode ke-11.

Anime Kenichi: The Mightiest Disciple. (TMS Entertainment)

Banyak gerakan silat yang diperlihatkan oleh Jihan selama ia bertarung dengan Kenichi. Bahkan, ia menggunakan jurus yang diberi nama Serangan Harimau dalam bahasa Indonesia.

Jihan juga menggunakan kata "jurus" untuk gerakan silatnya. Tak hanya itu, ia juga beberapa kali menyebut Indonesia di dalam dialognya di tengah pertarungan melawan Kenichi. Pada akhirnya, Jihan menjadi protagonis di anime ini.

5 dari 7 halaman

Jormungand

 Jormungand

Anime tentang mafia ini memiliki episode yang mengekspos sisi modern Indonesia dengan menggunakan lokasi di kota Jakarta. Berbagai makanan hingga desain yang familiar di ibukota, terlihat melalui salah satu episode Jormungand.

Anime Jormungand. (White Fox)

Logo Indomaret, penampakan bajaj, hingga munculnya Wisma 46 sempat menghiasi pemandangan sudut kota Jakarta yang menjadi latar cerita anime ini.

Anime Jormungand. (White Fox)

Tak sampai di situ, kita juga bisa melihat penampakan uang Rp 50.000 yang digunakan oleh salah satu karakternya. Uniknya, terdapat makanan nasi goreng, es doger, es teler, dan es cincau yang tertulis di daftar menu dan sempat diperlihatkan sekilas.

6 dari 7 halaman

Digimon Adventure

 Digimon Adventure

Anime Digimon Adventure yang sempat tayang di Indosiar, memang tak mungkin memunculkan unsur budaya maupun kekayaan alam Indonesia. Terlebih lagi, kebanyakan lokasinya juga berada di dunia digital.

Namun kalau digali lagi, ternyata ada satu karakter Digimon yang terinspirasi dari Barong khas Bali. Sosok tersebut adalah monster berbaju hijau bernama Baromon.

Baromon dalam anime Digimon Adventure. (Toei)

Wajah Baromon sangat mirip dengan Barong. Tapi tak perlu mengonfirmasi benar atau tidaknya Baromon berasal dari Barong khas Bali. Cukup lihat saja namanya.