Sukses

Balada Zaskia Gotik, Ditipu Kekasih Sampai Nyaris Dipenjara

Jika mengintip perjalanan karier Zaskia Gotik, ada banyak sekali cerita pahit yang dialami pedangdut asal Bekasi, Jawa Barat, itu.

Liputan6.com, Jakarta - Mungkin tak banyak yang tahu bahwa Zaskia Gotik memulai kariernya dari panggung kafe. Tekadnya yang kuat untuk menjadi penyanyi membuat wanita bernama asli Surkianih itu rela meninggalkan bangku SMP.

Perihal aksi panggung, sejak kecil Zaskia memang sudah sering memamerkan goyangannya. Bukan hanya saat di atas panggung, wanita yang lahir di Bekasi 27 April 1990 ini melakukannya saat berjualan manisan ceremai dari satu kampung ke kampung yang lain.

"Dari SD di Sukatani, Cikarang, kalau panen ceremai jualan manisan ceremai. Keliling kampung jualan. Kadang kalau pas jualan ada yang mau beli, Neng harus goyang dan nyanyi dulu baru mereka mau beli," kata Zaskia dalam sebuah wawancara.

"Dulu Bapak Neng masih ngojek dan jarang pulang. Kalau pulang dua minggu sekali, itu pun hanya bawa uang Rp 30 ribu. Anak empat, coba bayangkan. Kalau enggak dibantu Ibu dan Teteh, aku jadi kuli nyuci mana bisa kita makan. Kadang-kadang tidak makan, kadang juga makan dikasih orang," kenangnya.

Untungnya, perlahan-lahan doa dan kerja keras Zaskia mulai mendapatkan jawaban. Setelah beraksi dari panggung ke panggung, ia resmi digandeng label Nagaswara dan menghasilkan sejumlah lagu hits. Salah satunya adalah "Satu Jam" yang secara tidak langsung mentasbihkan Goyang Itik sebagai ciri khasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Goyangan Dituduh Jiplak

Siapa sangka, Goyang Itik yang dilakukan Zaskia di videoklip "Satu Jam" sukses dan digemari banyak orang. Meski tak seheboh Goyang Ngebor milik Inul Daratista, goyangan tersebut banyak ditiru masyarakat.

Namun, di tengah melejitnya sosok Zaskia Gotik, ia resmi dilaporkan oleh duo dangdut bernama De Mocca yang menganggap Goyang Itik adalah jiplakan dari goyangan khas mereka yang bernama Goyang Bebek.

Zaskia pun melawan De Mocca habis-habisan. Perseteruan mereka sempat meramaikan sejumlah media sebelum akhirnya sepakat untuk berdamai dan membatalkan perkara tersebut.

Kini, Zaskia Gotik menambahkan goyangan barunya sebagai andalannya kala di panggung. Goyangan tersebut, ia namakan Goyang Nyolot.

"Goyang nyolot ala Neng otik dan Bensu hahahaa," tulis sahabat Ayu Ting Ting ini. Gerakannya pun lucu, seperti dua orang yang tengah beradu argumen.

3 dari 5 halaman

Kandasnya Pertunangan dengan Vicky Prasetyo

Memasuki awal September 2013, Zaskia Gotik membuat para penggemarnya patah hati. Pedangdut sederhana asal Bekasi, Jawa Barat, itu resmi dilamar oleh Vicky Prasetyo yang saat itu mengaku sebagai seorang pengusaha.

Dalam wawancara keduanya dengan beberapa infotainment, Vicky berjanji akan membahagiakan Zaskia. Beberapa properti mewah pun terucap dan dijanjikan akan menjadi "hadiah" untuk Zaskia selepas menikah nanti.

Sayangnya, "dongeng putri Disney" yang ada di angan Zaskia agaknya belum bisa menjadi kenyataan. Ia harus pasrah saat Vicky ternyata seorang don juan dan diduga banyak melakukan penipuan di sana-sini.

Akhirnya, pertunangan mewah itu pun batal berarah ke pernikahan. Sejumlah penyanyi dangdut yang mengaku sebagai korban Vicky pun bermunculan di media. Cerita menghebohkan itu lantas berakhir dengan hukuman penjara yang diterima Vicky terkait sejumlah kasus penipuan.

4 dari 5 halaman

Dituduh Menghina Pancasila dan Nyaris Masuk Penjara

Seolah lelah berkarier solo, di tahun 2015 Zaskia Gotik mendirikan Trio Cecepy bersama Ayu Ting Ting dan Julia Perez. Ketiganya sukses mewarnai panggung hiburan Tanah Air lewat perpaduan yang menarik dari ketiganya.

Mulai dari panggung, hingga acara musik pagi, Trio Cecepy menjelma menjadi idola baru para pencinta dangdut. Hubungan Ketiganya terlihat begitu dekat dan saling melindungi satu sama lain.

Namun, lagi-lagi Zaskia Gotik tersandung masalah. Aksinya menyebut sila kelima Pancasila dengan istilah Bebek Nungging mendapat tanggapan serius. Sejumlah organisasi masyarakat melayangkan somasi, protes, bahkan meminta agar Zaskia diproses ke ranah hukum.

Atas perkara ini, Zaskia mengaku depresi. Segala gerak-geriknya di media sosial pun jadi sasaran para haters yang semakin hari semakin bertambah. Hal itu semakin parah dengan ditugaskannya ia sebagai Duta Pancasila. Termasuk sampai saat ini.

5 dari 5 halaman

Zaskia Gotik dan Haters

Zaskia Gotik mungkin boleh disebut sebagai salah satu pedangdut dengan haters yang lumayan banyak. Segala unggahannya di media sosial seolah tak bisa lepas dari cibiran para pembenci yang tak segan-segan mengucap kata-kata bernada kasar.

Untungnya, di balik segala batu sandungan yang kerap menimpanya, Zaskia termasuk sosok yang tangguh. Ia percaya semua kesulitan yang menimpanya tak lain merupakan bukti kasih sayang Tuhan kepadanya.

"Bekerjalah dengan hati, sabar apapun rintangan yang kita hadapi, cacian, makian, hinaan. Itu tandanya Allah sedang menguji kita, di situ kita dilatih sama Allah kuat apa nggak. Kalau kita lolos ujian itu neng yakin Allah akan kasih kejutan buat neng yang lebih indah. Neng selalu berdoa sama Allah, minta sama Allah diberi kesabaran yang lebih," tulis Zaskia Gotik di salah satu posting-annya di Instagram.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.