Sukses

Dewi Lestari Cerita tentang Sulitnya Dapat Air Bersih

Dewi Lestari merasa masalah air bersih harus diketahui oleh masyarakat luas.

Liputan6.com, Jakarta Jika masyarakat awam membuka matanya lebih lebar, banyak hal-hal yang bagi kita mudah didapat ternyata sangat sulit diraih oleh sebagian orang. Salah satunya adalah air bersih.

Hal itu lah yang ingin disampaikan oleh Dewi Lestari pada masyarakat Indonesia. Meski ia telah hidup serba ada, Dewi Lestari pernah merasakan susahnya hidup tanpa air.

Dewi Lestari (Fajarina Nurin/Liputan6.com)

"Pernah, harus sampai menimba sumur, harus jalan dulu untuk dapat air seember. Itu di Jawa Barat, di daerah Purwakarta," ujar Dewi Lestari, saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Jumat (19/8/2016).

Dewi Lestari menganggap bahwa permasalahan kekeringan dan kelangkaan air bersih merupakan hal yang kompleks. Masyarakat itu sendiri harus mengetahui bahwa air bersih merupakan hal yang sangat krusial untuk menjalani hidup.

"Jadi, edukasi masyarakatnya dulu, bahwa enggak semua air bisa diminum. Kedua bagaimana membuat air supaya dapat diminum. Bagaimana merawat dan menjaga teknologi yang diberikan. Ketiga ya dari satu pihak lain lagi," tutur penyanyi dan penulis ini.

Dewi Lestari

Menurut Dewi Lestari, memberikan edukasi bagi masyarakat yang tak akrab dengan teknologi membutuhkan cara khusus. Mengingat sebagian besar wilayah yang kekurangan air bersih di Indonesia merupakan kawasan terpencil.

"Ya, enggak gampang. Informasi harus berjalan secara berkala. Enggak bisa sekali datang, lalu sudah," ungkap mantan istri Marcell Siahaan itu. (Rin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.