Sukses

Para Bintang yang Melejit di Sinetron SCTV 6 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta SCTV akan berulang tahun ke-26 pada Rabu (24/8/2016) nanti. Menjelang perayaan HUT SCTV ke-26 ini, stasiun TV swasta Indonesia ini makin mapan dengan jangkauan pemirsa yang cukup luas.

Salah satu acara atau program di SCTV yang begitu digandrungi pemirsanya adalah tayangan sinetron. Tak hanya mendongkrak rating, sinetron juga kerap mengorbitkan wajah-wajah baru di jagat akting.

Liputan6.com mencoba merangkum perkembangan karier para bintang yang melejit setelah tampil di sinetron yang tayang di SCTV dalam kurun enam tahun terakhir. Siapa saja mereka? Yuk, simak disini.

1 dari 7 halaman

2011

Di tahun ini, ada banyak bintang baru yang lahir dan melejit berkat meledaknya sinetron yang mereka bintangi. Dimas Anggara, adalah salah satunya.

Lama menapaki jalan sebagai pemain FTV, Dimas naik level tahun ini lewat sinetron Kupinang Kau Dengan Bismillah. Dimas dipasangkan dengan bintang remaja yang juga baru naik daun, Natasha Rizki. Kupinang Kau Dengan Bismillah membuat nama dan wajah Dimas mulai diperhitungkan sebagai Raja Sinetron di masa depan.

Di tahun ini, Dimas memang gagal menyabet gelar Aktor Ngetop yang dimenangi Stefan William. Namun, sinetronnya meraih gelar Program Ngetop di SCTV Awards 2011. Dimas sendiri akhirnya berhasil merebut piala ini setahun setelahnya. Kini, Dimas dikenal tak hanya sebatas bintang sinetron papan atas, tapi juga pemain film laris.

2 dari 7 halaman

2012

Putih Abu-Abu membuat fenomena sinetron remaja musikal. Tak hanya itu, popularitas para pemain yang terlibat juga melesat bak meteor. Febby Rastanty, Derby Romero, dan Agatha Pricilla (minus Eza Gionino) bahkan sukses mendominasi ajang SCTV Awards 2012.

Sayang, sinetron ini gagal membawa pulang gelar Program Ngetop. Love in Paris berhasil menikung. Selain dibintangi Dimas Anggara, nama yang kemudian jadi idola baru adalah Michelle Ziudith. Love in Paris adalah debut peran utama di sinetron buat gadis kelahiran 20 Januari 1995 tersebut.

karier Michelle sendiri kini makin berkilau. Tiga filmnya dalam setahun terakhir sukses jadi yang terlaris, dengan dua diantaranya masuk deretan sejuta penonton. Dengan prestasi ini, tak salah menyebut Michelle sebagai salah satu Ratu Box Office Indonesia.

 

3 dari 7 halaman

2013

Ada banyak bintang yang bersinar di tahun ini. Di antaranya, Andhika Pratama yang berhasil meruntuhkan dominasi Uya Kuya dan sang anak, Cinta Kuya, sebagai Pembawa Acara Ngetop di SCTV Awards 2013. Karier Andhika sebagai host hingga kini juga makin laris.

Nama Eriska Rein juga mulai diperhitungkan setelah tampil apik sebagai Chie Hui di sinetron Bidadari-Bidadari Surga. Eriska meraih gelar Aktris Pemeran Pendamping Ngetop di tahun ini. Meski kini sudah menikah dan punya anak, kita masih sering melihat wajahnya di banyak judul FTV yang ia bintangi.

Namun di atas dua nama ini, sinetron fenomenal Emak Ijah Pengen ke Mekah rasanya sulit dilupakan. Dua bintang cilik pemainnya, yakni Soni Wakwaw dan Mischa Mancung, masih dikenang pemirsa meski keduanya kini sudah tak terlihat lagi di layar kaca.

4 dari 7 halaman

2014

Para vampire dan manusia serigala menginvasi 2013 lewat Ganteng Ganteng Serigala (GGS). GGS sering disebut sebagai sinetron remaja paling fenomenal yang pernah tayang di SCTV. Sinetron ini disebut-sebut melahirkan dua idola baru remaja dengan chemistry paling kuat yang pernah ada di layar kaca. Siapa lagi kalau bukan Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina.

Tak hanya di layar kaca, duo Aliando-Prilly juga menciptakan sensasi tersendiri di dunia nyata. Wajar saja, karena keduanya memiliki fanbase yang sama kuatnya. Saking hebohnya hubungan misterius Aliando-Prilly pun terbawa hingga di luar kamera dan jadi pemberitaan terus hingga kini.

Karier Aliando-Prilly sendiri mungkin kini mulai mengalami penurunan. Namun, popularitas mereka tetap terjaga. Di berbagai acara yang diselenggarakan SCTV, keduanya masih jadi andalan untuk menarik perhatian pemirsa. Tak terkecuali di perayaan HUT ke-26 SCTV nanti.

5 dari 7 halaman

2015

Apa yang paling berjaya tahun ini di SCTV? Serial Turki, Elif mungkin jawabannya. Sinetron SCTV sedikit kendur setelah era GGS berakhir. Elif membuat performa dan asa SCTV sebagai stasiun TV nomor 1 tetap terjaga.

Di luar itu, tahun ini juga menjadi pembuktian buat Ricky Harun sebagai pesinetron yang juga punya taji setelah kalah pamor dari Aliando-Prilly yang bersama-sama membidani GGS. Ricky yang menjadi lokomotif buat sinetron Pangeran tak hanya berjaya di papan rating, tapi juga membawanya merengkuh gelar Aktor Ngetop tahun ini.

Kini, Ricky juga mulai membantu sinetron terbaru SCTV, Julaiha Princess Betawi menapaki tangga rating dan jadi favorit pemirsa. Jika sukses, banyak yang percaya, Ricky bisa mempertahankan pialanya di ajang SCTV Awards 2016 mendatang.

6 dari 7 halaman

2016

Hingga Agustus 2016, sinetron SCTV paling membetot perhatian pemirsa adalah Mermaid in Love (MiL). Seperti GGS, sinetron ini juga sukses melahirkan pasangan baru yang jadi idola remaja. Angga Yunanda-Amanda Manopo bahkan mendapat julukan The Next Aliando-Prilly karena chemistry mereka di MiL.

Tak hanya itu, di gelaran SCTV Awards 2016 mendatang, rasanya para pemain MiL juga akan berjaya dengan meraih beberapa piala. Syifa Hadju, Rebecca Klopper, Arnold Pratama, adalah beberapa nama yang ikut melejit dan diprediksi bakal memenangkan beberapa kategori.

Selain Angga-Amanda, ada pula pasangan Ari Irham-Aisyah Aqilah. Popularitas dua nama ini kini menguntit setelah tampil trengginas di Super Puber. Ari-Aisyah kini ditunggu penggemar dengan sinetron baru yang rencananya akan ditayangkan SCTV dalam waktu dekat.