Sukses

Ini Ritual Wajib Iwan Fals Sebelum Manggung

Iwan Fals punya kebiasaan yang wajib dilakukannya jelang naik panggung.

Liputan6.com, Jakarta Penyanyi

egendaris Indonesia, Iwan Fals, punya ritual sendiri sebelum naik panggung. Buat bapak tiga anak itu, ritual tersebut menjadi suatu keseharusan, yang wajib dilakukan sebelum menghibur banyak orang dengan tembang-tembang lagu hits-nya.

Ternyata, kebiasaan tersebut sudah dilakukan Iwan Fals semenjak ia dan keluarganya memutuskan tinggal di Leuwinaggung, Depok, Jawa Barat.

Iwan Fals [Foto: Fachrur Rozie/Liputan6.com]

"Kalau mau manggung saya wajib menanam pohon. Itu sudah menjadi kewajiban dan itu juga ada di penandatangan kontrak kalau saya main," ujar Iwan Fals ditemui di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (21/8/2016)

"Lumayan kan kalau panitia memenuhi juga. Kalau enggak ada tempat dari panitia untuk tanam pohon, saya tanam di rumah. Saya sudah 15 tahun menjalani ini," lanjut Iwan Fals.

Dengan melakukan hal tersebut, setidaknya ia bisa menghijaukan Indonesia. Apalagi, fungsi pohon bagi manusia sangat lah penting. Ia juga memberikan kehidupan dan membantu manusia untuk mendapatkan udara segar.

Iwanfals dan Noah

"Kita hidup cendrung lupa kalau dia (pohon) kasih oksigen buat kita. Bantu menyaring udara buat kita," ujar Iwan.

Selain itu, menurut agama yang dianutnya memang dianjurkan untuk merawat dan menjaga pepohonan. Setiap makhluk hidup yang bernyawa, harus saling membantu.

"Saya muslim, setiap daun yang jatuh ke tanah itu berzikir. Pohon juga dilindungi dalam perang selain wanita dan anak-anak," kata Iwan Fals. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.