Sukses

5 Sinetron SCTV Paling Fenomenal dalam 6 Tahun Terakhir

Liputan6.com, Jakarta 24 Agustus 2016 besok, SCTV berulang tahun ke-26. 26 tahun jelas bukan perjalanan yang pendek. Sudah begitu banyak program acara yang lahir sepanjang dua dekade lebih eksistensi SCTV di jagat pertelevisian Tanah Air. Tak terkecuali di jenis program sinetron.

Memperingati hari kelahiran SCTV yang ke-26, Liputan6.com menengok lagi sinetron apa saja yang hadir di SCTV dan jadi fenomena. Tulisan ini hanya merangkum 5 di antaranya dalam kurun 6 tahun terakhir. Lima sinetron ini punya pengaruh begitu besar, tak hanya bagi SCTV, namun juga buat pemirsa setia. Lima sinetron berikut juga masih dikenang penggemar hingga kini. Apa saja?

1 dari 6 halaman

2011: Pesantren & Rock `N Roll

Pesantren & Rock n' Roll berkisah tentang Wahyu Shubuh (diperankan Ali Syakieb), pemuda kaya yang hidupnya liar. Ia dimasukan ke pesantren oleh ayahnya agar bisa kembali jadi lebih baik. Pemuda urakan ini selalu menunjukan pada semua orang kalau ia adalah rocker yang harusnya hidup bebas di luar. Namun, akhirnya di pesantren Darussalam, Wahyu berkenalan dan jatuh hati pada anak Kiai, Nada (Aulia Sarah).

PRR total punya 3 musim. Di musim pertama, fokus pada pencarian jati diri Wahyu. Musim kedua berkisah tentang kehidupan rumah tangga Wahyu dan Nada. Dan di musim ketiga lebih me-remaja dengan fokus pada kisah anak-anak Wahyu-Nada yang dibintangi pesinetron remaja populer di tahun 2013: Rizky Nazar, Dinda Kirana, dan Rizki Alatas.

Namun hingga kini, penggemar berat sinetron ini masih baper dengan chemistry yang ditampilkan pasangan Ali-Aulia di musim pertama. Sempat berhembus akan ada season ke-4nya. Namun, sampai sekarang berita gembira ini cuma jadi wacana dalam 3 tahun belakangan.

Pesantren & Rock `N Roll diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 14 Februari – 9 Desember 2011.

2 dari 6 halaman

2012: Putih Abu-Abu

Inti ceritanya tentang Nina (Febby Rastanty), gadis asal Jogja yang diminta ke Jakarta oleh almarhum ibunya. Nina lalu tinggal di rumah Om Taufik (Hikmal Abrar) yang punya 3 anak: Kelvin (Eza Gionino), Andre (Derby Romero) dan Viola (Kiki Azhari). Kelvin dan Viola hobi mengusili Nina, sedang Andre sangat baik padanya. Mereka lalu satu sekolah. Namun, Nina kembali jadi bahan bully-an Angel (Adzana Bing Slamet) dan ganknya. Angel adalah pacar Kelvin.

Berawal dari iseng mengerjai, Kelvin malah akhirnya naksir Nina. Angel murka dan melakukan segala cara untuk menghancurkan hubungan mereka. Termasuk bersaing curang melawan girl band yang dibentuk Nina di sekolah barunya, BLINK.

Putih Abu-Abu, disebut-sebut sebagai sinetron remaja paling fenomenal sepanjang sejarah. Kesuksesannya meluber ke social media Twitter, kosa kata bahasa gaulnya menjadi tren remaja. Di masa jayanya, SCTV sampai membuatkan konser istimewa Putih Abu-Abu hingga 3 kali. Tiga pemainnya merajai SCTV Awards 2012. Sayang, kesuksesannya tak berlanjut di season kedua, imbas dari mundurnya Eza dari jajaran pemain utama karena kasus kekerasan.

Putih Abu-Abu diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 12 Februari - 30 September 2012.

3 dari 6 halaman

2013: Love in Paris

Ini proyek ambisius rumah produksi ScreenPlay Productions setelah sukses Kupinang Kau Dengan Bismillah (KKDB) yang berhasil syuting di Istambul, Turki. Kali ini, Paris dituju. Dimas Anggara yang mendapat gelar calon menantu idaman akibat perannya yang manis sebagai Ammar di KKDB, kembali jadi tokoh utama.

Yasmin (Michelle Ziudith) tersesat di Paris. Sahabatnya, Rafa (Rio Dewanto) terlambat menjemputnya. Seperti turis yang nyasar, Yasmin hampir dicopet berandal. Beruntung, ia bertemu Reno (Dimas Anggara), pemuda Indonesia yang sedang menjalani pengobatan di Paris. Yasmin sendiri sebenarnya menderita penyakit Leukemia dan divonis takkan hidup sampai usia 20 tahun. Cinta segitiga Rafa-Yasmin-Reno bertambah dengan kehadiran Aqila (Yunita Siregar) yang tak lain adalah saudara kembar Yasmin yang dipisahkan sejak bayi.

Banyak yang berpendapat, interaksi Dimas dan Michelle di Love in Paris menjurus vulgar kalau tak mau dibilang terlalu romantis. Tak mengapa. Toh, berkat perannya di sini, Dimas Anggara akhirnya berhasil menggondol piala Aktor Paling Ngetop SCTV Awards 2012 setelah gagal setahun sebelumnya.

Love in Paris diproduksi ScreenPlay Productions, tayang 22 Oktober 2012 - 28 Juni 2013.

4 dari 6 halaman

2014: Ganteng Ganteng Serigala

Ganteng Ganteng Serigala (GGS) sudah mencuri perhatian sejak promonya memperlihatkan Kevin Julio menahan mobil hingga penyok dengan tangannya. Ini mengingatkan kita pada Edward Cullen, karakter di film Twilight Saga saat menyelamatkan Bella Swan yang nyaris tertabrak. Orang serta merta langsung menebak GGS meniru Twilight.

GGS sebenarnya terobosan baru kalau tak mau dibilang ide kreatif diranah sinetron yang jenuh dengan genre drama keluarga atau komedi. Mengambil kisah perseteruan bangsa vampire dan manusia serigala di Indonesia yang rasanya mustahil ada sebelumnya. Juga memperkenalkan istilah "darah suci" yang bikin dahi mengernyit.

Di luar itu semua, GGS sukses besar nangkring di peringkat pertama data rating dari episode pertama hingga berbulan-bulan. Juga tercatat sebagai salah satu sinetron remaja dengan episode terpanjang yakni 371 episode. Dan terakhir, melahirkan couple idola baru para remaja: Aliando Syarief dan Prilly Latuconsina.

Ganteng Ganteng Serigala diproduksi Amanah Surga Productions, tayang 21 April 2014 - 8 Agustus 2015.

5 dari 6 halaman

2016: Mermaid in Love

Lompat ke tahun 2016, ada sinetron remaja bergenre fantasi, Mermaid in Love. Setahun sebelumnya, SCTV tak punya judul yang mampu jadi hits hingga lebih dari 3 bulan. GGS Returns hanya bertahan 2 bulan. Pangeran lebih 1 bulan. Madun sukses berada di Top 5 data rating selama berbulan-bulan, tapi tak punya pengaruh sebesar GGS atau sinetron lain yang juga jadi hits.

Meski Mermaid in Love baru memasuki bulan ke-4, namun sinetron ini layak disebut sebagai salah satu sinetron fenomenal yang pernah tayang di SCTV. Mermaid in Love sudah mencapai lewat 110 episode. Hingga kini, sinetron ini masih asyik diikuti karena jalan ceritanya tak banyak melenceng seperti halnya terjadi pada sinetron berepisode panjang.

Layaknya GGS, Mermaid in Love juga melahirkan couple idola remaja baru: Angga Yunanda-Amanda Manopo. Tak hanya itu, kehebohan yang dibuat sinetron ini sukses menyentuh pasar usia balita hingga orang tua. Terakhir, Mermaid in Love digadang-gadang bakal memenangi gelar Program Ngetop SCTV tahun ini.

Mermaid in Love diproduksi Mega Kreasi Films, mulai tayang 2 Mei 2016 - masih tayang hingga kini.