Sukses

HUT 26 SCTV, Ini 6 Program SCTV Paling Fenomenal

Liputan6.com, Jakarta SCTV (singkatan dari Surya Citra Televisi) adalah sebuah stasiun televisi swasta nasional di Indonesia, lahir pada tanggal 24 Agustus 1990. Awalnya, SCTV sebagai stasiun televisi lokal di Surabaya yang berpusat di Jl Darmo Permai, Surabaya, Jawa Timur. Meski tanggal itu ditetapkan sebagai tanggal lahir SCTV, tanggal 1 Januari 1993, SCTV mendapatkan izin sebagai stasiun televisi nasional di Jakarta.

Kantor operasional SCTV secara bertahap dipindahkan dari Surabaya ke Jakarta. Namun studio SCTV tetap berada di Surabaya. Meski berkali-kali berpindah kantor, SCTV selalu mengudara setiap hari.

Pada 1993 misalnya, SCTV berpindah kantor ke Wisma AKR, Jakarta Barat yang letaknya berdekatan dengan kantor RCTI. Lalu pada 1996, SCTV berpindah kantor lagi ke Wisma Indovision. Menginjak usia ke-11, pada tahun 2001, SCTV kemudian memusatkan kegiatan operasionalnya di Gedung Graha SCTV, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Pada 2007, kegiatan operasional SCTV berpusat di Senayan City. Namun, stasiun pemancar dan studio tetap dipusatkan di Kebon Jeruk. Tak terasa SCTV telah memasuki usia 26 tahun. Selama mengudara, SCTV memberikan acara yang menghibur penonton.

Lalu, tayangan apa sajakah yang paling dinanti di SCTV? Liputan6.com merangkum 6 Tayangan Paling Fenomenal di SCTV!

1 dari 7 halaman

Cinta Fitri

Cinta Fitri adalah sinetron yang diproduksi oleh MD Entertainment dan ditayangkan pertama di SCTV. Cinta Fitri berhasil menjadi sinetron Indonesia dengan episode terbanyak yang ditayangkan di televisi selama 4 tahun, dengan 7 musim dan 1002 episode. Cinta Fitri memenangkan Panasonic Gobel Awards untuk kategori Drama Seri Terbaik selama dua tahun berturut-turut (2009 dan 2010).

Sinetron ini membuat lagu tema yang berjudul "Atas Nama Cinta" yang dipopulerkan oleh Rossa populer. Bahkan, Cinta Fitri melahirkan ikon di industri hiburan yaitu Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu.

Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu sukses membawa pulang penghargaan dari Panasonic Awards dan Panasonic Gobel Awards berkat aktingnya di sinetron itu. Selain itu, Cinta Fitri menyatukan pemeran utamanya Shireen Sungkar dan Teuku Wisnu dalam ikatan suci pernikahan di dunia nyata setelah terlibat cinta lokasi selama syuting sinetron itu.

2 dari 7 halaman

Para Pencari Tuhan

Para Pencari Tuhan adalah sinetron kuis (sinekuis) Ramadan berdurasi 1,5 jam yang ditayangkan setiap hari selama bulan Ramadan. Tayangan ini menjadi salah satu acara favorit pemirsa SCTV yang menemani selama 10 tahun terakhir. Para Pencari Tuhan yang disingkat PPT juga mengajarkan penonton menjadi orang yang lebih baik.

PPT bercerita tentang kehidupan seorang merbot (penjaga musala) bernama Bang Jack (Deddy Mizwar) dan ketiga muridnya yang mantan narapidana, yaitu Chelsea (Melky Bajaj), Barong (Aden Bajaj), dan Juki (Isa Bajaj). Setelah keluar dari penjara, Barong diusir dari komplotan curanmor lantaran sering menyanyi di pengadilan. Setali tiga uang, Juki yang mantan copet, ditolak mentah-mentah saat kembali ke rumah ibunya. Nasib Chelsea agak berbeda. Ketika akan mengajak rujuk kembali dengan mantan istrinya, Marni (Anggia Jelita). Ternyata sang istri sudah menikah dengan Sumarno, polisi yang menjebloskannya ke penjara.

Akhirnya mereka bertiga secara tak sengaja bertemu dan luntang-lantung menyusuri Jakarta yang tak lagi ramah. Seharian mereka menjumpai warung tutup. Hati mereka makin sakit, merasa dunia sudah benar-benar menutup diri bagi mereka. Mereka baru tersadar saat ada yang memberitahu bahwa hari ini adalah hari pertama bulan puasa, sehingga tak ada orang makan di warung.

Ketiganya kemudian terdampar di sebuah musala bernama At-Taufiq. Di sana ada Bang Jack, penjaga musala yang fanatik dengan bedug. Dia tak mau azan jika belum menabuh bedug. Mantan tukang jagal ini akhirnya tak hanya menerima ketiga narapidana tersebut tapi sekaligus sudi membimbing mereka ke jalan yang benar.

3 dari 7 halaman

Elif

Serial asal Turki Elif tayang di Indonesia sukses menghibur penggemar selama kurang lebih beberapa tahun belakangan ini. Elif menyebabkan `demam Turki` pun mewabah di Indonesia. Serial Turki ini mengisahkan gadis kecil bernama Elif Simsek (diperankan Isabella Damla) harus terpisah dari ibunya yang sedang sakit.

Elif mengalami nasib malang karena menghadapi ayah tirinya yang kejam Veysel Şimşek (Hasan Ballıktaş). Suami dari ibunya itu ingin menjual Elif untuk membayar utang-utangnya karena berjudi. Saat Elif berusia 6 tahun, ibunya, Melek Simsek (Selin Sezgin) tengah sakit hingga terpaksa menyerahkan dia ke sahabatnya Ayşe Doğan (Ozanay Alpkan).

Bahkan, pemain Elif (Isabella Damla Guliniver) bersama rekan-rekannya, Emre Kivilcim (Selim), Gulcin Tuncok (Zeynep) dan Selin Sezgin (Melek) bertandang ke Indonesia untuk merayakan HUT ke-25 SCTV, 24 Agustus 2015. Mereka melakukan meet and greet bersama penggemar Elif.

Karakter Elif merasa senang karena mendapatkan perhatian khusus dari penggemar. Selain itu, Elif tak menyangka dengan keindahan alam yang disajikan Indonesia. Padahal pertama kali akan menginjakkan kaki Indonesia, hati bocah enam tahun itu sempat berdebar-debar karena takut.

Selama di Indonesia, mereka bertemu para fans dan berlibur di Bali. Menurut Emre Kivilcim, orang-orang di Indonesia sangat ramah. Saat berlibur ke Bali, ia selalu mendapatkan senyuman hangat dari warga lokal.

4 dari 7 halaman

Liputan 6

Liputan 6 adalah program berita televisi Indonesia yang disiarkan di SCTV. Program berita dengan tagline Aktual, Tajam dan terpercaya ini selalu dinanti kehadirannya oleh pemirsa SCTV.

Awalnya, Liputan6 bernama Liputan 6 Sore menjadi televisi berita pertama di Indonesia. Liputan 6 pertama kali sejak pada tanggal 7 November 1994 ditayangkan setiap hari mulai pada pukul 18:00 sampai dengan pada pukul 18:30 WIB dari selama 30-menit dengan program berita-berita secara lokal.

Seiring berjalannya waktu, penonton yang haus akan berita membuat Liputan 6 disajikan sebanyak empat kali dalam sehari, pagi, siang, sore dan malam. Meski namanya menggunakan angka "6", namun waktu tayangannya tidak semuanya tepat pada pukul 18.00 WIB. Meski demikian, angka "6" ini terus melekat pada nama Liputan 6 SCTV.

Bahkan, Liputan 6 juga mengembangkannya menjadi situs berita online. Mengantisipasi perkembangan teknologi informasi yang mengarah pada konvergensi media, Liputan 6 juga memiliki situs Liputan6.com. Semua tayangan program berita Liputan 6 dapat dibaca lengkap dengan video streaming-nya.

5 dari 7 halaman

FTV

Film televisi (bahasa Inggris: television movie atau lebih sering dikenal sebagai FTV) adalah jenis film yang diproduksi untuk televisi yang dibuat oleh stasiun televisi ataupun rumah produksi berdurasi 120 menit sampai 180 menit dengan tema yang beragam seperti remaja, tragedi kehidupan, cinta dan agama. Film layar lebar yang ditayangkan di televisi tidak dianggap sebagai FTV.

Dengan bangga, FTV menjadi salah satu program andalan SCTV. Alasannya, SCTV yang mempelopori pembuatan FTV pada awal tahun 1995. Hal ini dilakukan untuk menjawab kejenuhan masyarakat atas sinetron. Sejak saat itu banyak film televisi yang bermunculan. Hampir semua stasiun TV memiliki plot waktu setiap minggunya untuk penayangan film televisi.

Di Indonesia banyak sekali film televisi (FTV) yang diproduksi dalam kurun waktu tahun 1995 sampai sekarang. Kebanyakan tema yang diangkat adalah percintaan. Bahkan, beberapa jalan cerita FTV mengambil jalan cerita yang ada di masyarakat atau sekitar, kisahnya pun kerap kali dialami penonton.

SCTV selalu mengemas FTV dengan judul yang unik dan lucu. FTV pun menjadi salah satu acara yang dinanti penggemar.

6 dari 7 halaman

Inbox

Inbox merupakan sebuah acara televisi yang ditayangkan oleh SCTV setiap hari pada pukul 06.30 WIB. Acara ini pertama kali dimulai pada tanggal 3 Desember 2007. Berisi acara yang berhubungan dengan musik dan mengudara selama 2 jam.

Program acara musik ini juga diyakini menginspirasi hadirnya acara musik sejenis yang berjamur di stasiun televisi swasta. Hingga kini, Inbox  masih konsisten dengan menampilkan penyanyi dengan lagu yang nge-hits.

InBOX menjadi salah satu program andalan SCTV. Kehadiran acara ini disebut memberikan hiburan tersendiri bagi pemirsa SCTV dengan menampilkan acara yang layak ditonton. Tak hanya musik, Inbox juga menjadi ajang pencarian bakat.

Di tengah hiburan dengan munculnya berbagai penyanyi ternama di Indonesia, dalam acara ini,  lomba atau kompetisi pun diselenggarakan. Salah satunya, mencari penari terbaik hingga penyanyi berbakat yang bisa tampil di atas panggung Inbox.

Lokasi panggung musik live ini dilakukan di berbagai tempat di Indonesia. Dengan cara itu, artis Tanah Air juga bisa menyapa penggemar secara langsung.