Sukses

5 Artis Indonesia yang Pernah Jalani Operasi Plastik

Setidaknya ada lima artis Indonesia yang berani mengakui pernah menjalani operasi plastik.

Liputan6.com, Jakarta - Operasi plastik selama ini selalu menjadi pilihan bagi beberapa artis untuk mempercantik wajah maupun memperindah tubuh. Keputusan tersebut bukan tanpa sebab. Kebanyakan mengaku tak nyaman atau kurang percaya diri dengan apa yang sudah ada di dalam diri mereka.

Tak hanya artis luar negeri. Banyak juga deretan nama artis Tanah Air yang berani mengubah penampilan fisik masing-masing. Namun, keputusan mereka tersebut bukan tanpa halangan. Hampir semuanya mendapat kontra dari masyarakat yang tak menyetujui transformasi para public figure ini.

Artis-artis Tanah Air yang mengaku pernah melakukan operasi plastik ini memang tak tanggung-tanggung. Selain wajah tentunya, bagian sensitif seperti payudara pun turut menjadi sasarannya.

Beberapa artis yang pernah menjalani operasi bermacam-macam, mulai dari penyanyi dangdut, aktris, hingga penyanyi kelas diva. Pengakuan mereka kepada wartawan sempat menggemparkan publik dan menghiasi beberapa media.

Cynthiara Alona. Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com

Wajar saja publik sempat membicarakan artis-artis ini setelah mereka memutuskan untuk operasi plastik. Ditambah lagi, perubahan wajah dan tubuh mereka sangatlah mencolok begitu mencuat di hadapan publik.

Mari kita ingat kembali lima nama artis yang membuat publik gempar setelah mereka memutuskan untuk melakukan operasi plastik. Berikut nama-namanya yang dihimpun oleh tim Liputan6.com dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Nita Thalia

 

Pedangdut Nita Thalia sempat membuat heboh masayarakat Indonesia dengan melakukan operasi plastik. Kabarnya operasi itu menghabiskan dana hingga Rp 1 miliar.

Namun begitu, Nita tak membenarkan kabar perihal jumlah tersebut. "Masalah nilai (harga operasi) mohon maaf nggak bisa bicara, katanya Rp 1 M dibesarkan? Saya enggak mau komen soal nilai. Harga dokter bedah plastik kan berbeda, dokter yang menangani saya cukup mahal di Jakarta," ujarnya kepada awak media beberapa waktu lalu.

Keputusannya itu membuat sang ayah tak merestuinya. Akhirnya setelah dirinya melakukan permak wajah secara besar-besaran, Nita harus meminta maaf dan bersujud di kaki orang tuanya.

Wanita kelahiran Bandung, 10 Oktober 1982 ini melakukan operasi pada dagunya agar terlihat lebih lancip, hidungnya yang lebih mancung, pipi yang lebih tirus, dan kantung mata yang nyaris tak kelihatan. Penampilan barunya itu membuat Nita terlihat lebih muda dan fresh dari sebelumnya.

"Saya melakukan ini kurang lebih empat bulanan, dari akhir Oktober 2011. Saya masih ada rasa ragu, pengen tapi takut, akhirnya saya bulatkan tekad dan berani. Ya hal ini harus saya lakukan," ujar Nita Thalia.

Nita Talia juga mengaku bahwa dirinya lebih senang melakukan operasi plastik di Indonesia ketimbang pergi ke luar negeri. Ia mengaku tak bisa meninggalkan anaknya. Pelantun tembang "Goyang Heboh" itu juga mengaku puas setelah mengubah penampilannya dan lebih percaya diri.

3 dari 6 halaman

Nikita Mirzani

 

Nikita Mirzani pernah menjalani operasi plastik pada hidungnya. Hal itu dilakukannya demi bisa tampil cantik untuk pemotretan majalah pria dewasa, Playboy. "Gue habis operasi hidung kalian pikir buat apaan? Kan biar mancung kayak bule," ujar Nikita Mirzani kepada awak media beberapa waktu lalu.

Setelah operasi, Foto Nikita bertelanjang dada saat berada di atas pantai dalam majalah Playboy sempat dipamerkannya. Selain hidung, Nikita sempat dikabarkan melakukan operasi payudara dan bentuk dagunya.

Beberapa kabar menyebutkan bahwa operasi payudara Nikita Mirzani dilakukannya dengan menanamkan implan di Bangkok. Namun berbeda dengan implan untuk membesarkan payudara, Nikita dikabarkan melakukannya untuk mengencangkannya.

Namun, perempuan kelahiran 17 Maret 1986 itu membantah tentang operasi payudaranya. Menurutnya, payudaranya terlihat besar karena sedang menyusui anaknya. "Itu dikencengin aja, kayak ditarik kulitnya. Jadi biar enggak kendor," ujarnya.

Uang yang dihabiskan Nikita agar terlihat kencang juga tak sedikit. Menurutnya, biaya pengencangan lebih mahal daripada kocek yang harus keluar untuk implan. Biaya yang dikeluarkan, diakui oleh Niki sekitar Rp 70 juta. Menurutnya perubahan itu terjadi pada 2009 lalu dan kini ukuran payudaranya berkisar 34 A.

4 dari 6 halaman

Cynthiara Alona

 

Di masa ketika artis-artis Tanah Air menutupi operasi plastik yang telah dijalaninya, tidak demikian dengan artis seksi Cynthiara Alona. Ia mengaku telah menjalani operasi implan payudara di Singapura pada 2003 lalu.

"Aku memang operasi. Aku orang yang apa adanya. Jadi aku memutuskan untuk jujur," aku Alona kepada awak media pada 2014 lalu. Alona juga mengaku tidak malu membesarkan payudara demi mempercantik bentuk tubuhnya.

Cynthiara Alona juga mengaku kalau saat kuliah di Singapura, pacar pertamanya memiliki hubungan dengan pihak Majalah Playboy Amerika Serikat. Untuk bisa tampil di halaman muka majalah dewasa tersebut, Alona disyaratkan harus membesarkan payudaranya.

Maka, dadanya yang semula berukuran 32 B dioperasi hingga berubah ukuran menjadi 34 D. "Tadinya agak takut juga dioperasi, cuma pacarku dukung, ya sudah aku mau," kata Alona kepada media kala itu.

Tak sampai situ saja, Cynthiara Alona ternyata belum percaya diri dengan payudara berukuran 34D miliknya. Ia memutuskan untuk kembali membesarkan payudara dengan ukuran yang terbilang jumbo.

"Aku kan dulu pernah implan, tapi sudah 13 tahun enggak pernah diganti. Terus sekarang sekalian saja aku ganti dari 34D menjadi 38C," ungkap Cynthiara Alona pada 2015 lalu.

Operasi plastik dan implan payudara yang dilakukan Cynthiara Alona kerap mendapat cibiran dari para haters di social media. Namun, Cynthiara Alona justru bersikap tenang. Bintang film Setan Budeg ini merasa tak merugikan orang lain saat memutuskan untuk mengubah bentuk anggota tubuhnya.

"Ngapain saya takut sama omongan orang. Saya punya uang kok, bebas mau ngapain saja," ucap Cynthiara Alona kepada media. "Saya enggak ngerugiin orang ini dan nggak masalah meski semuanya palsu, yang penting bisa bayar," tambah artis kelahiran Jakarta, 7 Juli 1985 ini.

Operasi plastik yang dilakukan Cynthiara Alona dilakukannya dengan sebuah tujuan. Ia berharap, kelak dirinya memiliki pendamping, sang suami tak akan pernah melirik perempuan lain.

5 dari 6 halaman

Becky Tumewu

 

Rebecca Tumewu atau yang akrab disapa Becky Tumewu, dikabarkan pernah melakukan implan payudara agar terlihat lebih berisi. Becky sempat melakukan implan pada payudaranya. Namun, tindakannya itu dilakukan atas persetujuan sang suami.

Tindakannya itu menghabiskan kocek hingga ratusan juta rupiah. Rupanya, diakui Becky kalau operasi tersebut dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik gabungan dari Brazil dan Indonesia.

"Pemasangan gel silicone implan (kantong berisi silikon) dilakukan dengan cara aman. Soalnya, operasi bernilai ratusan juta rupiah itu dilakukan tim dokter gabungan dari Indonesia dan Brazil," ungkap Becky kepada media.

Becky Tumewu juga menyatakan bahwa operasi tersebut dilakukan karena dirinya merasa ada yang berbeda dengan bentuk payudaranya sebelah kanan dan kiri. Semuanya ia lakukan agar kedua payudaranya bisa terlihat indah dan simetris. Apalagi, sejak remaja dirinya memang sudah mendambakan payudara yang sedap dipandang.

6 dari 6 halaman

Ruth Sahanaya

 

Ruth Sahanaya sebelumnya merasa dirinya memiliki payudara berukuran kecil. Bahkan, dalam sebuah wawancara, sosok yang akrab disapa Uthe itu mengaku bahwa ia kerap menggunakan bra silikon agar payudaranya terlihat lebih besar pada saat menggunakan gaun untuk manggung.

Uthe juga sebelumnya sering menambahkan sesuatu di dalam bra agar busananya terlihat indah. Tapi, jadi tak nyaman. Akhirnya Uthe memutuskan untuk menjalani operasi karena mengaku repot melakukan hal tersebut berkali-kali.

Operasi implan payudara dilakukan atas persetujuan suaminya, Jeffry Waworuntu dan menggunakan jasa dokter dalam negeri di wilayah Jawa Barat. Ruth Sahanaya membuat dadanya tambah berisi pada 23 Desember 2005. Diva Indonesia itu mengubah ukuran payudaranya dari 32A menjadi 34A.

"Saya melakukan operasi payudara supaya terlihat lebih berisi dan indah. Karena jujur saja, saya selalu enggak nyaman dalam berbusana. Apalagi kalau saya tampil menyanyi di atas panggung. Selain itu, saya juga ingin tampil beda di depan sang suami," ujar salah satu anggota 3 DIVA itu beberapa waktu lalu.

Pasca operasi, suami beserta anak Uthe memuji penampilan barunya itu. "Mereka awalnya kaget dan bilang saya tampil beda," jelasnya. Uthe pun mengaku kalau ia kini lebih percaya diri dengan ukuran payudaranya, terutama saat mengenakan busana panggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.