Sukses

Ki Kusumo Desak Gelar Ulang Kongres PARFI

Ki Kusumo menganggap, pemilihan ketua umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI) di Lombok pada akhir pekan lalu menyisakan banyak masalah.

Liputan6.com, Jakarta Tertangkapnya Ketua Umum Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Gatot Brajamusti karena kasus narkoba semakin memperkuat wacana untuk membuat ulang kongres PARFI. Salah satu yang mendukung langkah tersebut adalah produser dan bintang film Ki Kusumo.

Sebelum Gatot Brajamusti ditangkap dan sebelum digelarnya Kongres PARFI di Lombok pada 27 dan 28 Agustus lalu, sejumlah artis senior menentang kongres tersebut.

Sejumlah artis seperti Debbie Cynthia Dewi, Ki Kusumo, Lela Anggraini menyegel kantor Parfi di Kuningan, Jakarta. (Istimewa)

Mereka yang menentang antara lain Debbie Cynthia Dewi, Ray Sahetapy, Tetty Liz Indriaty, Mark Sungkar, Erna Santosa, Rima Melati, dan Ki Kusumo. Mereka menilai, Gatot Brajamusti yang kembali diusung sebagai ketua umum tak memberikan kontribusi apa-apa selama lima tahun memimpin PARFI. Mereka juga banyak yang beranggapan, Gatot Brajamusti bukan orang yang lahir dari dunia film.

"Kenapa kami berkumpul dan merencanakan sebuah kongres, karena kami melihat PARFI sudah tidak berjalan di relnya. Namanya PARFI, isinya siapa? Nah, ini yang sudah salah kaprah bahwa dalam kongres-kongres dan kepengurusan kemarin, artisnya hilang," ujar Ki Kusumo, saat ditemui di Pusat Perfilman Haji Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (29/8/2016).

Bagi Ki Kusumo, tertangkapnya Gatot Brajamusti menjadi momentum untuk mengembalikan PARFI kepada khitahnya. Bintang film Samudra Hotel ini pun mendesak kepada seluruh anggota PARFI untuk menggelar kongres dan memilih ketua umum yang baru.

Gatot Brajamusti sesaat setelah dinyatakan kembali menjadi Ketua PARFI di Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Liputan6.com/Aditia Saputra)

"Kalau bukan orang PARFI sendiri yang merebut siapa lagi? Kita sebagai generasi muda PARFI tidak hanya duduk diam diri. Waktunya kita kembali merebut rumah kita, mengambil organisasi ini, mengembalikan kepada khitah yang sah," kata Ki Kusumo.

"Oleh karena itu saya mengimbau dan saya mengajak kepada seluruh rekan-rekan senior, seluruh artis junior yang ada, untuk duduk bareng. Ayo kita bikin PARFI rumah kita adalah ini, persatuan artis film," tegas Ki Kusumo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.