Sukses

6 Fakta tentang Reza Artamevia dan Gatot Brajamusti

Reza Artamevia ikut diamankan polisi yang menggerebek kamar Gatot Brajamusti di Mataram.

Liputan6.com, Jakarta Hari-hari Reza Artamevia ke depan agaknya bakal suram. Ibu dua anak ini baru saja diamankan Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat, Minggu (28/8/2016) malam waktu setempat. Urine pelantun "Pertama" ini terbukti positif narkoba, meski polisi hingga Selasa pagi belum menetapkan status Reza. 

Penyanyi kondang ini diketahui ikut berada di kamar 1100 Hotel Golden Tulip, Selaparang, Mataram, bersama Aa Gatot Brajamusti dan istrinya, Dewi Aminah. Fakta terbaru tersebut seolah menegaskan adanya hubungan spesial antara Reza dan Aa Gatot yang selama ini hanya menjadi bisik-bisik di kalangan tertentu. 

Benarkah selama ini Reza Artamevia sering menikmati barang haram itu bersama Gatot Brajamusti? Atau apakah sesungguhnya hubungan Reza dan Gatot bukan sekadar murid dan guru spiritual?

Lantas, apa saja fakta yang melingkupi kehidupan Reza Artamevia dan Aa Gatot Brajamusti?

Liputan6.com merangkumnya buat Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Sekamar dengan Gatot Brajamusti

"Enam orang positif mengonsumsi narkoba dengan kandungan amphetamin, salah satunya Reza Artamevia. Sementara yang dua negatif," kata Kabid Humas Polda NTB AKBP Tri Budi Pangastuti saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (30/8/2016) pagi. 

Keterangan ini menegaskan keberadaan Reza Artamevia terkait kasus narkoba yang menjerat Gatot Brajamusti. Sepanjang Kongres PARFI berlangsung di kota itu akhir pekan lalu, Reza memang tampak di antara orang-orang terdekat Gatot Brajamusti. Reza diketahui menjadi semacam bendahara Gatot Brajamusti.

Ternyata, Reza Artamevia bukan hanya mengurus keuangan. Saat polisi menggerebek kamar Gatot Brajamusti, Minggu malam, ada sosok penyanyi pop R&B itu pula. Reza termasuk delapan orang yang diamankan aparat kepolisian.  

"Total yang kami amankan dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan itu ada delapan orang. Gatot kami amankan beserta empat orang lainnya di kamarnya, sedangkan tiga orang lainnya di kamar sebelahnya," ujar AKBP Heri Prihanto, Selasa (30/8/2016).

3 dari 8 halaman

Guru Spiritual

Kedekatan Reza Artamevia dengan Gatot Brajamusti terjadi sejak tahun 2004. Saat itu Reza Artamevia sedang menghadapi konflik rumah tangga dengan Adjie Massaid. Entah siapa yang merekomendasikan Gatot Brajamusti kepada Reza, sehingga akhirnya Reza seperti menganggap Aa Gatot Brajamusti sebagai guru spiritualnya. 

Saat sedang berada di puncak galau, Reza Artamevia memang menjadi target buruan para wartawan, 12 tahun silam. Juru warta ingin mengkonfirmasi soal kondisi rumah tangganya, saat itu. Rupanya, Reza Artamevia tak tahan. Suatu ketika, usai manggung di luar Jakarta, Reza mendadak hilang ketika baru mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. 

Keluarga bingung, manajemen pun pusing tujuh keliling. Sang diva seolah raib. Ternyata laporan ke polisi atas kejadian hilangnya Reza menjadi tak perlu lantaran perempuan itu diketahui sudah berada di padepokan Aa Gatot Brajamusti di kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat.

Kamera pun mengarah pada sosok Aa Gatot Brajamusti sejak saat itu. Apalagi, belakangan pria yang bergaya flamboyan ini juga aktif mencicipi dunia entertainment dengan membuat album rekaman dan bermain film.  

Belasan tahun berlalu, nama Gatot Brajamusti selalu diidentikkan dengan Reza Artamevia. Meski faktanya, selebritas yang pernah menjadi muridnya di padepokan itu bukan hanya Reza. Ada Elma Theana dan penyanyi senior Irianti Erningpradja. 

 

4 dari 8 halaman

Isu Nikah Siri

Kedekatan yang terjalin erat antara Reza Artamevia dengan Gatot Brajamusti menimbulkan spekulasi bahwa keduanya sudah menjalani nikah siri. Selama ini, Gatot Brajamusti diketahui menjadi suami Dewi Aminah, yang dinikahinya tahun 1995. Dari Dewi, Gatot Brajamusti mendapatkan tiga orang anak. Sementara itu, sebelumnya, Gatot pernah menikah dua kali. 

Benarkah Reza Artamevia telah menikah siri dengan Gatot Brajamusti? Saat itu ibunda Aaliyah Massaid ini menolak mentah-mentah isu tersebut. Bahkan dia juga tak terima dikatakan sebagai pengguna narkoba. 

"Gosip-gosip yang beredar selama ini saya katakan itu tidak benar. Saya bukanlah pemakai narkoba, di padepokan juga tidak ada narkoba. Dan saya masih sebagai penyanyi yang dapat diperhitungkan," kata Reza Artamevia kepada Liputan6.com, dua tahun lalu. 

Bahkan, Reza Artamevia mencoba meyakinkan bahwa dirinya tidak galau dengan beragam isu tersebut. "Saya enggak stres. Saya justru kasihan dengan orang yang menyebarkan fitnah. Ini bukan hanya menyangkut nama baik saya, tapi juga padepokan Brajamusti," tuturnya. 

 

5 dari 8 halaman

Ya Murid Ya Bendahara

Dua tahun lalu, Reza Artamevia boleh saja menampik habis-habisan dirinya memiliki kedekatan khusus dengan Gatot Brajamusti. Tapi, kejadian di rangkaian Kongres PARFI ke-15, akhir pekan lalu di Mataram, Nusa Tenggara Barat, menyiratkan hal yang bertolak belakang. Reza hadir di antara orang-orang terdekat Gatot Brajamusti, yang saat itu maju lagi sebagai kandidat Ketua Umum PARFI dan akhirnya terpilih. 

Salah seorang sumber yang dekat dengan Gatot Brajamusti mengatakan kehadiran Reza di acara tersebut lantaran posisinya sebagai orang yang mengurus keuangan guru spiritualnya itu. "Ya semacam bendahara-lah," kata sang sumber yang tak mau disebutkan namanya ini. Bendahara adalah posisi strategis. Mengurus keuangan biasanya dilakukan pada sosok yang dipercaya. 

Reza Artamevia selama ini diketahui sudah tak terlalu aktif menjalankan kegiatan bernyanyi. Job manggungnya memang sudah tak sekencang dahulu tatkala belum bercerai dengan Adjie Massaid. Setelah perceraian mereka, Reza tidak diketahui sudah menikah kembali dengan siapa, kecuali isu nikah siri dengan Gatot Brajamusti. 

Sementara, Adjie Massaid malahan sudah menikah kembali dengan Angelina Sondakh, Putri Indonesia 2001. Dua putri Reza dan Adjie diasuh oleh Adjie dan istri barunya yang kala itu berprofesi sebagai anggota DPR RI. Sampai akhirnya Adjie meninggal dunia tahun 2011. 

 

6 dari 8 halaman

Anak-Anak Reza Manggil Gatot Ayah?

Kedekatan Gatot Brajamusti tak sebatas pada murid spesialnya, Reza Artamevia. Anak-anak Reza Artamevia dari perkawinannya dengan mendiang Adjie Massaid, yaitu Zahwa Massaid dan Aaliyah Massaid, juga diketahui cukup dekat dengan guru spiritual ibunda mereka. Seorang sumber yang dekat dengan Reza mengatakan Zahwa dan Aaliyah memanggil Gatot dengan sapaan "Ayah". 

Memang dari panggilan tersebut tak lantas bisa disimpulkan bahwa Gatot adalah ayah sambung bagi dua ABG putri itu. Apalagi, sampai saat ini Reza tetap membantah telah dinikahi siri oleh guru spiritualnya. Namun, sapaan khas "Ayah" mengandung nilai sakral lantaran biasa dilekatkan pada seorang pria yang dihormati dan biasanya dekat secara hati. 

Sejak Angelina Sondakh tersangkut masalah korupsi dan dipenjara empat tahun lalu, Zahwa dan Aaliyah kembali ke dalam asuhan Reza Artamevia. Diketahui keduanya tinggal di kediaman Reza Artamevia di sebuah apartemen di kawasan Jakarta Selatan. Zahwa dan Aaliyah biasa memanggil ibu kandungnya dengan sapaan "Ibu". Dan panggilan "Mami" dilekatkan pada sosok Angelina Sondakh. 

Ketika diwawancara dalam talkshow Dear Haters di Liputan6.com, dua bulan lalu, Aaliyah mengatakan beruntung bisa memiliki dua ibu, yaitu Ibu Reza, yang melahirkannya dan Mami Angie yang sempat mengurusnya. "Dua-duanya aku sayang," kata Aaliyah. 

 

7 dari 8 halaman

Reza Teman Duet Gatot

Tahun 2005, Aa Gatot Brajamusti sempat meluncurkan album perdana, bertajuk Kekasih. Acara peluncuran digelar di hotel mewah Intercontinental, Jakarta. Penampilan Reza dan Aa Gatot sebagai sajian duet utama.

Mereka membawakan sejumlah tembang lawas legendaris. Misalnya "Love Story". Bahkan, Reza Artamevia sempat menyuguhkan hitnya sebagai sajian spesial, "Cinta Kan Membawamu", karya Ahmad Dhani yang juga dipopulerkan dirinya selain dikenal sebagai hit Dewa 19.

Duet murid dan guru spiritual itu disaksikan ratusan tamu undangan dan disiarkan di salah satu stasiun televisi. Gatot dan Reza memang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat, 11 tahun lalu.

Puncaknya, di acara itu mereka membawakan tembang "Terkadang". Lagu ini, kata Gatot Brajamusti, diciptakannya sebagai alat terapi bagi Reza Artamevia.  Aa Gatot dianggap sebagai guru spiritual Reza yang sedang galau menghadapi konflik rumah tangga dengan Adjie Massaid pada akhir tahun 2004.

Hingga akhirnya pasangan selebritas idola masyarakat ini resmi bercerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan awal tahun 2005. Adjie memenangkan hak asuh dua putri mereka, Zahwa dan Aaliyah. Dan Reza hidup dengan dunianya sendiri. Dia masih aktif berguru pada Aa Gatot di padepokannya. 

Album Gatot Brajamusti yang diluncurkan tahun 2005 itu diproduseri oleh I Gede Putu Ary Suta. Dialah ekonom yang sempat memimpin BPPN (Badan Penyehatan Perbankan Nasional). Dengan Ary Suta, Reza dikabarkan juga dekat. 

 

8 dari 8 halaman

Ganti Nama Atas Nasihat Aa Gatot?

Tahun 2007, Reza membawa kabar mengejutkan. Dia memproklamirkan mengganti nama belakangnya menjadi Artamevira. Padahal, selama ini perempuan kelahiran 29 Mei 1975 ini beken dengan nama Reza Artamevia. 

Pemilik nama lengkap Reza Artamevia Adriana Eka Suci ini di suatu masa adalah penyanyi idola banyak orang. Kedekatannya dengan Aa Gatot Brajamusti pascaperceraiannya dengan Adjie Massaid seolah melontarkan dirinya ke pinggir panggung. Reza sibuk menata hati dan hari-harinya pun tak lagi ditingkahi oleh pendar sorotan lampu panggung. 

Reza telah melempar beberapa album rekamam yaitu Keajaiban (1997), Keabadian (2000), Amazing (2000), Keyakinan (2002), dan The Voicer (2009). Saat melempar single terbaru di tahun 2007 itulah Reza mengatakan mengganti nama. 

"Ini karena saya mau luncurkan album baru. Jadi pakai nama baru," katanya kala itu. 

Lebih jauh, Reza menjelaskan nama pemberian orang tuanya itu belakangan disadari punya makna kurang elok baginya. "'Arta' dalam bahasa Latin kan artinya monumen. Dan, 'Mevia' sama juga artinya kesedihan," paparnya. "Nah kalau kata 'Mevira' lebih bagus karena bermakna 'kebahagiaan'," tambahnya. 

Benarkah masukan ganti nama ini lantaran nasihat Aa Gatot? Yang jelas, Reza meyakinkan ini sekedar nama panggung. Di KTP, Reza masih memakai nama pemberian orang  tuanya itu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.