Sukses

Jadi Penulis Lagu, Afgan Sempat Tak Percaya Diri

Afgansyah Reza menyebut album terbarunya sebagai bentuk evolusi jati diri.

 

Liputan6.com, Jakarta Afgan baru saja resmi merilis album terbarunya yang berjudul Sides, Rabu (31/8/2016). Album itu menunjukkan perubahan jati diri Afgan yang lebih dewasa sekaligus wujud kemajuan kariernya di dunia musik.

Setelah delapan tahun eksis di industri musik Tanah Air, Afgan akhirnya berevolusi menjadi seorang penulis lagu di album ini. Ada sepuluh dari 13 lagu yang ditulis Afgan bersama dengan sejumlah musisi papan atas lainnya.

Afgan (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kemajuan itu berlangsung tidak secara instan. Afgan sempat merasa tidak percaya diri dalam menulis lagu. "Awalnya saya enggak PD. Di tiga album kemarin ibaratnya memendam keinginan nulis lagu. Jadi milih nyanyiin lagu-lagu orang," ujar Afgan saat jumpa pers perilisan album Sides di kawasan SCBD, Jakarta Selatan, Rabu (31/8/2016).

Setelah membuang jauh rasa kurang percaya diri itu, Afgan akhirnya memberanikan diri menulis satu lagu. Berkolaborasi dengan Raisa, pada 2013, Afgan menciptakan lagu "Percayalah".

"Di titik ini saya nulis karena saya rasa punya bakat di bidang itu. Akhirnya mulai memberanikan diri. Pertama saya tulis "Percayalah". Ketika itu disukai mulai muncul percaya diri," tutur pria berlesung pipi dan selalu mengenakan kacamata ini.

Afgan di peluncuran album ketiganya berjudul Sides. (Foto: Herman Zakharia/Liputan6.com)

Menurut Afgan, bakat yang ada dalam dirinya harus ditunjukkan pada publik, dan tak patut disembunyikan begitu saja.

"Jadi jangan sampai dipendam. Saya masuk ke industri ini juga sebagai anak kecil yang tidak PD. Sampai akhirnya di tahun kesembilan saya rasa ini waktunya saya nulis lagu," ungkap Afgan sambil tersenyum bangga. (Rin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.