Sukses

Ini Drama Korea tentang Perjalanan Waktu Bikin Penonton Menangis

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan waktu tampaknya masih menjadi sebuah fiksi ilmiah saat ini. Konsep tentang mesin waktu yang bisa membuat manusia melakukan perjalanan ke masa lalu atau mendatang.

Beberapa orang pun penasaran dengan perjalanan waktu. Kebanyakan dari mereka berharap bisa membalikkan waktu agar bisa memperbaiki kesalahan yang mereka lakukan. Tentu saja, semua itu sia-sia.

Kesalahan tak akan bisa diperbaiki. Dari situ, seharusnya banyak belajar untuk menghindari atau belajar dari kesalahan.

Sesuai dengan quote yang diucapkan Han Jung Woo dalam drama I Miss You, "semua kenangan buruk bisa dilupakan. Kau hanya perlu membuatnya yang baru, berisi tentang yang baik."

Saat perjalanan waktu masih dianggap sebagai sebuah dongeng, karya dengan tema tersebut pun bermunculan. Drama Korea dimana karakternya kembali ke masa lalu pun banyak dibuat.

Beberapa drama itu bahkan sukses, menjadi fenomena. Apa saja drama Korea tentang perjalanan waktu yang berhasil dihimpun Liputan6.com?

1 dari 6 halaman

Scarlet Heart

Scarlet Heart: Ryeo drama yang baru saja tayang di stasiun televisi Korea SBS. Dalam drama ini, IU beradu akting dengan sederet artis tampan di negeri ginseng, diantaranya Lee Jun Ki, Kang Ha Neul, Hong Jong Hyun, Yoon Sun Woo, Ji Soo, Nam Joo Hyuk, Baekhyun EXO dan Kim San Ho.

Di drama ini, IU berperan sebagai Go Ha Jin, seorang wanita yang secara misterius tiba-tiba berada di zaman Joseon. Go Ha Jin terlibat dengan pangeran Joseon yang terlibat konflik karena bertarung memperebutkan kursi kekuasaan.

IU yang merupakan wanita modern tengah putus asa, memutuskan mengakhiri hidupnya dengan menenggelamkan diri. Rupanya takdir masih berbaik hati, IU diberi kesempatan kedua untuk hidup. Namun IU yang berperan sebagai Go Ha Jin tiba-tiba berada di zaman Joseon sebagai Hae Soo.

IU yang merasa memiliki nasib sangat buruk, mempelajari satu hal yaitu hidupnya rupanya masih sangat berharga. Saat terlempar di era Joseon, IU mempelajari satu hal yaitu bersyukur dengan apa yang ia miliki.

2 dari 6 halaman

Future Choice atau Marry Him if You Dare

Drama Korea yang diperankan Jung Yong Hwa dan Yoon Eun Hye ini ditayangkan 2013 silam, mengisahkan tentang dunia penyiaran. Ceritanya mengenai seorang wanita yang kembali ke masa lalu Drama terbaru ini menceritakan tentang seorang wanita yang melakukan perjalanan waktu ke masa lalu agar tak membuat kesalahan di masa kini.

Bedanya, jarak waktu yang dilakukan tak terlalu jauh. Seorang wanita bernama Na Mi Rae (Choi Myung Gil) dari tahun 2038 kembali ke masa kini bertemu dengan dirinya yang berusia 32 tahun.

Yoon Eun Hye (Na Mi Rae) saat berteu dengan dirinya di masa depan Nam Mi Rae yang berusia 50 tahun-an.

Ia berusaha membuat dirinya di usia muda tak melakukan kesalahan dengan menikahi Kim Shin (Lee Dong Gun) di tahun 2013, membantunya memiliki jalan hidup yang berbeda. Akhirnya Na Mi Rae sukses meraih impiannya.

Dari hasil perjalanan waktu itu, ada beberapa hal yang memang tak bisa dihindari. Tapi, Na Mi Rae setidaknya menyadari dan menemukan cinta sejatinya. Hidup Nam Mi Rae jadi lebih bahagia.

3 dari 6 halaman

Nine: Nine Time Travels

Drama Nine: Nine Time Travels yang tayang 2013 silam diperankan Lee Jin Wook dan Jo Yoon Hee. Seorang pembaca berita bernama Park Sun Woo (Lee Jin Wook) menemukan sebuah tongkat ajaib yang membuatnya bisa melakukan perjalanan waktu ke masa lalu.

Sebuah kejadian mengerikan dialami keluarganya. Dengan keajaiban itu, Park Sun Woo ingin menolong keluarganya menghindari insiden itu, mengubah masa depan.

Lee Jin Wook dalam drama tentang perjalanan waktu Nine: Nine Time Travels (2013)

Setiap stick yang ia pegang hanya bisa digunakan selama 30 menit. Park Sun Woo juga tak bisa memperbaiki semuanya seorang diri, menghindari takdir yang telah dituliskan.

Namun Park Sun Woo tak menyadari perbuatannya dalam melakukan perjalanan waktu itu, mengubah hidup orang lain dan dirinya. Park Sun Woo berusaha melakukan berbagai hal untuk menghindari kesalahan yang ia lakukan.

4 dari 6 halaman

Dr. Jin atau Time Slip

Dr Jin merupakan drama yang juga menceritakan tentang perjalanan waktu seorang dokter di abad ke-21 yang terlempar ke zaman Joseon. Drama yang tayang 2012 silam ini diperankan oleh Song Seung Heon, Park Min Young, Lee Beom So dan Kim Jaejoong.

Drama ini bercerita tentang seorang dokter abad 21 bernama Jin Hyuk yang diperankan oleh Song Seung Hun. Ia terdampar pada tahun 1860 atau era Joseon. Ia memiliki seorang kekasih bernama Young Rae, dimainkan oleh Park Min Young.

Dr Jin dari abad ke-21 terlempar ke era Joseon belajar membuka diri, menolong orang lain dengan peralatan sederhana.

Cerita bergulir ketika Jin Hyuk melakukan perjalanan waktu karena merasa bersalah atas kecelakaan yang menimpa kekasihnya. Sebagai seorang dokter saraf, Jin digambarkan sebagai sosok yang dingin dan sulit berinteraksi dengan orang lain. Di masa itu, ia menolong orang-orang yang sakit dengan peralatan yang sederhana dan seadanya.

Jin akhirnya mendapatkan sebuah pelajaran berharga sebagai seorang dokter, menolong orang lain dengan tulus. Jin pun lebih ramah dan bersahabat kepada orang lain.

5 dari 6 halaman

Faith

Drama fantasi romantis tentang perjalanan waktu bertajuk Faith yang tayang 2012 silam. Drama ini diperankan Lee Min Ho dan Kim Hee Sun. Kali ini, drama ini tak hanya mengisahkan tentang karakter yang terlempar ke masa lalu saja, tapi juga ke masa depan.

Lee Min Ho berperan sebagai Choi Young, seorang ksatria dari zaman Joseon. Sementara, Kim Hee Sun berperan sebagai Yoo Eun Soo, ahli bedah plastik di era modern.

Lee Min Ho berperan sebagai Choi Young dalam drama Faith yang tayang 2012 silam.

Ceritanya, seorang raja di era Joseon meminta tolong kepada pengawal setianya untuk menjemput seorang tabib dari surga. Rupanya sebuah portal ke masa depan telah terbuka, Choi Young pun menembusnya, bertemu dengan Yoo Eun Soo yang berprofesi sebagai dokter.

Choi Young menjemputnya, mengajaknya ke era Joseon untuk menyelamatkan permaisuri. Choi Young berjanji untuk mengembalikan Yoo Eun Soo. Namun cinta menyapa keduanya, membuat mereka harus mempertaruhkan `masa` untuk bersatu.(Des)