Sukses

Artis-Artis Hollywood dan Guru Spiritual Mereka

Tak hanya di Indonesia, sejumlah artis Hollywood pun memiliki guru spiritual.

Liputan6.com, Jakarta - Cara seorang artis untuk mendekati sang Ilahi atau berada di jalur spiritual, biasanya dilakukan seperti orang kebanyakan. Mereka mendalami ajaran agama tertentu dengan sangat khidmat. Di balik itu, terdapat sosok guru spiritual yang selalu membimbing para artis tersebut.

Tak hanya di Indonesia dan negara Asia lainnya saja. Beberapa artis Hollywood juga melakukan pendalaman spiritual dengan cara tersebut. Maka, tak heran kalau beberapa nama guru spiritual sempat terkuak di media internasional.

sumber foto: USA Today

Berbeda dengan yang ada di Indonesia, beberapa guru spiritual para artis Hollywood ada yang menyampaikan ajaran kepercayaan yang mungkin tak begitu dikenal di Indonesia. Banyak ajaran spiritual artis-artis Hollywood ini yang terdengar cukup asing di Tanah Air, misalnya Kabbalah serta Scientology.

Sejumlah artis Hollywood mendalami ajaran spiritual itu cara yang terasa tak wajar. Bahkan, ada beberapa kasus di mana keyakinan para artis ini membawa permasalahan ke kehidupan pribadi mereka. Namun tetap saja, peran guru spiritual tak pernah lepas dari kehidupan para selebritas ini.

Aktor Hollywood Tom Cruise.

Untuk itu, mari kita ikuti enam nama artis Hollywood yang memiliki guru spiritual serta ajaran mereka seperti dirangkum Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Tom Cruise dan David Miscavige (Scientology)

Selama menjadi aktor, Tom Cruise dikenal sebagai penganut aliran Scientology sebagai keyakinannya. Pemimpin aliran tersebut adalah David Miscavige yang juga memiliki kendali atas Gereja Scientology.

David diketahui memiliki peran yang setara dengan guru spiritual Tom Cruise. Hubungan keduanya juga sudah seperti saudara dan Tom Cruise menganggap David Miscavige sebagai Chairman of the Board (COB) untuk aliran Scientology.

"Keduanya sudah lama membangun persaudaraan, semangat yang kompetitif," kata Ronald Miscavige, ayah dari David Miscavige melalui sebuah buku memoarnya seperti dikutip dari News.com.au.

Ronald juga menuliskan bahwa Tom Cruise dan anaknya berteman dengan sangat dekat meskipun sempat perang dingin di awal pertemuan penting. Tom Cruise sempat membuat David Miscavige geram ketika baru akan memeluk aliran agama kontroversial tersebut.

David Miscavige, pemimpin aliran Scientology saat bersama Tom Cruise. (businessinsider.com)

Kata Ronald, ada sebuah kejadian yang kurang menyenangkan kala itu. Ketika pesta penyambutan masuknya Tom Cruise ke aliran Scientology di awal 1990-an, David Miscavige mengatur setiap detail jamuannya. Tom Cruise membuat David Miscavige sangat marah ketika Aktor Mission: Impossible itu terlambat empat jam dan langsung tidur dengan melewatkan makan malam.

Padahal demi bisa memberi kesan yang luar biasa kepada Tom Cruise di Sea Org, Florida itu, David Miscavige mengajak koki pribadi yang biasa melayani mendiang L Ron Hubbard, tokoh pendiri Scientology. Sang koki mempersiapkan makan malam di kolam renang yang didesain terlihat seperti perahu layar mewah.

Masih di buku memoar yang sama, Ronald Miscavige juga mengatakan bahwa anaknya tersebut memperlakukan staf-stafnya seperti "kuli kontrak" sementara ia hidup mewah. "David seperti pangeran ke mana pun ia melakukan perjalanan dan terbang di kelas pertama atau dalam jet pribadi Tom," tulis Ron Miscavige.

David Miscavige, guru spiritual Tom Cruise dalam Scientology. (scmp.com)

Kini, Tom Cruise menetap di bekas rumah L. Ron Hubbard yang juga menjadi markas bagi para penganut Scientology yang bertempat di East Grinstead, Sussex. Tom Cruise sendiri berkenalan dengan Scientology melalui mantan istrinya, aktris Mimi Rogers.

Scientology mengajarkan bahwa manusia abadi selamanya. Banyak ajaran Scientology yang mengundang kontra, misalnya kebijakan bahwa seseorang boleh memutuskan segala jenis hubungan sosial dengan lingkungannya. Beberapa kabar yang sempat berhembus, Scientology merupakan salah satu penyebab Katie Holmes ingin bercerai dari Tom Cruise. Katie yang dibesarkan dengan memeluk agama Katolik, tak nyaman dengan ajaran Scientology.

3 dari 5 halaman

2. Madonna dan Rabbi Philip Berg (Kabbalah)

Meskipun besar di keluarga Katolik, Madonna diketahui merupakan keturunan Yahudi. Mungkin karena itulah ia memilih untuk mendalami Kabbalah sejak tahun 1996. Kabbalah, merupakan tradisi Yahudi kuno yang menafsirkan kitab suci dengan hal-hal mistis. Madonna diperkenalkan pertama kali dengan ajaran Kabbalah oleh aktris Sandra Bernhard.

Guru spiritual Madonna dalam menekuni Kabbalah adalah Rabbi Philip Berg yang juga membentuk Kabbalah Center pertama di Yerusalem pada 1969. Kini, Kabbalah Center juga telah dibangun di New York, AS. Organisasinya sudah memiliki hampir 60 pusat studi di seluruh dunia.

Philip Berg sendiri sudah meninggal pada 2013 lalu dan semasa hidupnya, Berg juga pernah menjadi guru spiritual Demi Moore. Menurut Madonna, Rabbi Philip Berg adalah ibarat sinar cahaya baginya. Kabarnya, album Ray of Light ditujukan kepada Philip Berg dan tentunya Kabbalah Center.

Rabbi Philip Berg, guru spiritual Madonna. (jpost.com)

Persahabatan Madonna dengan Berg dan istrinya, Karen, semakin tumbuh setelah Madonna membiayai London Kabbalah Centre di kawasan eksklusif Mayfair. Ia juga mendirikannya di beberapa tempat lagi bersama anak Berg, Michael. Badan amal untuk anak-anak dengan kantor yang berpusat di Los Angeles juga tak lepas dari peran Madonna. Namun, Madonna mengakui bahwa aliran Kabbalah membuat ia terpisah dari anak-anaknya. Terutama ketika perayaan Natal tiba.

Rata-rata, pengikut Kabbalah, menawarkan cara untuk menjadi kaya, menemukan cinta sejati, dan menyembuhkan penyakit.
Madonna sendiri tertarik dengan Kabbalah setelah terinspirasi dari seri buku anak-anak yang dibuat sendiri olehnya pada 2003. Ia juga ikut mendirikan cabang yang berada di London.

Pada 2004, Berg mengalami stroke hingga membuatnya harus berada di kursi roda hingga wafat. Pada akhir 2009, Madonna masih meneruskan hubungannya dengan Berg sebagai guru spiritualnya. Madonna juga sempat beberapa kali melakukan pertemuan tertutup serta sesi konseling bersama Berg di New York setelah bercerai dari sutradara Inggris Guy Ritchie.

4 dari 5 halaman

3. Richard Gere dan Dalai Lama (Buddha)

Tanpa terpengaruh lingkungan, aktor Richard Gere memilih agama Buddha sebagai keyakinannya pada saat usianya masih 20 tahun. Ia pertama kali mempelajari aliran Zen dengan Kyozan Joshu Sasaki. Setelah enam tahun belajar, Richard Gere berkelana menuju Nepal dan tiba di India. Di situlah ia bertemu Dalai Lama ke-14.

Dari situ, ia mulai latihan Buddha di Tibet dan menjadi aktivis gerakan "Free Tibet". Demi Buddha, Richard Gere juga sampai membuat organisasi non-profit bernama The Gere Foundation. Dukungan dari Tibet House, sangat kental terhadap organisasi tersebut.

Berbeda dengan artis-artis Hollywood lain yang hanya numpang bertemu beberapa menit dengan Dalai Lama, Richard Gere terlihat akrab dengan salah satu tokoh spiritual terbesar di dunia itu.

Richard Gere dan pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama

Kedekatannya dengan Dalai Lama dibuktikan oleh Richard Gere dengan mengunjungi Dharamsala secara rutin. Intensitasnya saat mampir ke salah satu kota di India dengan komunitas Tibet terbesar itulah yang membuatnya disegani oleh umat Buddha di seluruh dunia.

Ditambah lagi, Richard Gere juga menjadi advokat untuk hak asasi manusia di Tibet. Dukungannya kepada Tibetan Independence Movement membuatnya dilarang untuk memasuki wilayah Tiongkok.

Secara tak langsung, suara Richard Gere yang mewakili warga Tibet itu menandakan berhasilnya Dalai Lama dalam menjadi guru spiritual bagi sang aktor.

5 dari 5 halaman

4. Gwyneth Paltrow dan Dr Habib Sadeghi (Kabbalah)

Selain Madonna, Gwyneth Paltrow juga mendalami Kabbalah sudah cukup lama. Berbeda dengan Madonna, guru spiritual Gwyneth Paltrow dalam mendalami ajaran Yahudi tersebut adalah Dr Habib Sadeghi.

Nama Dr Habib Sadeghi sempat mencuat setelah Gwyneth Paltrow dan Chris Martin pisah ranjang untuk pertama kali pada 2014 lalu. Sadeghi disebut-sebut sebagai orang yang memberi penyegar bagi Gwyneth Paltrow ketika biduk rumah tangganya retak.

Gwyneth Paltrow sempat mengatakan bahwa Sadeghi dan istrinya, Dr Sherry Sami, menulis artikel yang bisa membuatnya tertolong. Paltrow juga mengaku berhasil menjalani terapi hingga pulih kembali berkat bantuan Sadeghi yang memiliki darah Iran-Amerika itu.

Dr Habib Sadeghi guru spiritual Gwyneth Paltrow. (nydailynews.com)

Paltrow juga mengakui kalau Sadeghi telah mengubah hidupnya. "Dia membawa kesembuhan saya ke tingkat lain, katanya kepada para media. Akhirnya, Paltrow memilih buku-buku, teori, dan praktek Los Angeles Sadeghi, yang diberi bernama Be Hive of Healing. 

Sebelumnya, Gwyneth Paltrow termasuk salah satu orang yang tak memercayai agama. Namun begitu, ia sangat yakin dengan hal-hal berbau spiritual. Ayah Gwyneth sendiri, Produser Bruce Paltrow, adalah seorang Yahudi, dan keyakinan ini sudah ditanamkan oleh orangtuanya sejak Gwyneth masih kecil.

Sejak pindah ke Kabbalah, Gwyneth Paltrow kerap cekcok dengan sang suami. Kabarnya, perbedaan agama tersebut adalah penyebab retaknya rumah tangga Gwyneth Paltrow dan Chris Martin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini