Sukses

Kartun Korea Ini Dituduh Jiplak Anime Studio Ghibli

Liputan6.com, Jakarta - Pecinta film animasi Jepang sudah tak asing lagi dengan Studio Ghibli. Salah satu studio anime terbesar di Negeri Sakura itu sempat merilis film Spirited Away yang meraih banyak penghargaan, termasuk Piala Oscar. Belakangan, sebuah kartun Korea Selatan berjudul Moonlight Palace dicap meniru Spirited Away.

Seperti dilansir dari Rocketnews24.com, Senin (5/9/2016), Moonlight Palace yang akan rilis 7 September 2016 itu dianggap banyak meniru elemen dari Spirited Away. Kalau melihat trailer yang beredar di dunia maya, karakter utama, lokasi hingga makhluk-makhluk lucu di dalam film tersebut tak jauh berbeda dengan film besutan Studio Ghibli itu.

Kartun Korea Dal-bich-goong-gwol atau Moonlight Palace. (rocketnews24.com)

Berjudul asli Dal-bich-goong-gwol, Moonlight Palace berkisah mengenai gadis 13 tahun yang berpetualang di sebuah dunia fantasi misterius setelah berpindah tempat secara ajaib ke Istana Changdeok. Selama film berlangsung, terdapat banyak adegan seru yang menyenangkan.

Tak hanya lewat trailer, unsur Spirited Away dalam Moonlight Palace juga bisa dilihat melalui poster filmnya. Karakter wanita yang mengingatkan pecinta Ghibli pada Chihiro alias Sen, memiliki teman laki-laki berkostum putih dan biru, mengingatkan fans pada Haku di Spirited Away.

Film anime besutan Studio Ghibli, Spirited Away.

Kabarnya, sutradara Kim Hyun-Ju-I langsung menanggapi tuduhan kemiripan tersebut. Ia mengaku terkejut melihat orang-orang langsung memberi penilaian berdasarkan trailer saja. Ia lalu menegaskan kalau orang-orang dengan cepat akan berubah pikiran begitu melihat filmnya secara utuh.

Netizen Korea menganggap kartun Moonlight Palace sebagai season kedua Spirited Away, sementara yang lainnya menyatakan kalau pencipta film mungkin secara tak sadar terpengaruh oleh film-film Jepang, termasuk animasi buatan Studio Ghibli.

Tak sampai di situ. Banyak yang menilai poster film Moonlight Palace dengan desain seorang gadis kecil mengendarai naga, mengingatkan kita pada adegan monumental dalam Spirited Away. Di film Studio Ghibli tersebut, Sen mengendarai Haku yang telah bertransformasi menjadi naga.