Sukses

Lewat Musik, AM Hendropriyono Kobarkan Semangat Nasionalisme

Liputan6.com, Jakarta - Selain dikenal sebagai tokoh militer Indonesia, ternyata AM Hendropriyono diam-diam juga punya kemampuan menciptakan lagu. Setelah sebelumnya menciptakan lagu yang lebih pop, kali ini beliau berkarya dengan musik aubade atau paduan suara.

Karya tersebut dikemas dalam mini album bertajuk Mars Indonesia. Allbum ini berisi enam lagu yang bertema nasionalisme yang dinyanyikan oleh paduan suara Hendropriyono Strategic Consultant dengan aransemen oleh Fan Batavia.

AM Hendropriyono

Tengok saja judulnya, "Diriku Ini Indonesia," "Bangkit Indonesia", dan "Bhinneka Tunggal Ika," sudah tampak nuansa apa yang akan dibangun.

Lagu pertama, "Diriku Ini Indonesia," diciptakan purnawirawan Jenderal TNI AD itu terinspirasi karena maraknya orang-orang Indonesia yang pergi untuk bergabung dengan ISIS.

Kemudian "Penghargaan Untukmu" dipersembahkan untuk para atlet-atlet Indonesia yang telah mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Bahkan lagu tersebut juga telah dinyanyikan oleh paduan suara Istana saat upacara HUT ke-71 Indonesia lalu.

Awalnya Hendropriyono menaruh lagu itu ke Kementerian Sosial. "Awalnya saya daftarkan ke Kemensos, diterima dan langsung ditetapkan sebagai lagu nasional," ungkap Hendro ketika bertemu dengan Liputan6.com, Rabu 31 Agustus 2016.

"Kemudian dari Kemensos, perjalanan lagu tersebut sampai ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Nah, dari Kemendikbud, mini album tersebut meluncur ke panitia penyelenggaraan HUT RI di Istana Negara. Lalu dipilih oleh Purwacaraka dan diaransemen ulang," ujarnya. 

Terdapat lagu "Kami Tidak Takut" yang terinspirasi oleh gerakan di media sosial terkait peristiwa Bom Sarinah dan peristiwa-peristiwa terorisme sebelumnya.

Sebagai mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN), Hendropriyono juga menciptakan lagu "Mars Intelijen" sebagai penutup Mars Indonesia, dengan sisipan lirik "Velox et Exactus" yang merupakan semboyan seorang intelijen yang berarti "cepat dan akurat."

Dengan tema dan lirik yang ada, bisa jadi lagu-lagu yang terdapat di Mars Indonesia punya kesempatan menjadi lagu yang akan dinyanyikan oleh paduan suara sekolah-sekolah di Indonesia di masa yang akan datang.

Video Populer

Foto Populer