Sukses

Dengarkan Baik-baik, 6 Lagu Ini Punya Pesan Tersembunyi

Liputan6.com, Jakarta Musik tampaknya bisa mengubah mood seseorang. Alasannya, musik bisa saja bentuk ekspresi seseorang yang tak terungkap. Namun tak mungkin tersimpan di dalam dada.

Sudah menjadi rahasia umum, beberapa musisi menjadikan kisah hidup mereka di dalam lirik lagu. Jadi, tak hanya pendengarnya saja, penyanyi atau pengarang lagu menyimpan sebuah kisah dari musik.

Bono dari U2 sempat menyebutkan, "musik bisa mengubah dunia, bisa membawa perubahan bagi orang."

Bahkan, sang jenius Albert Einsten sempat mengatakan, "aku berpikir dengan musik. Aku terbuai dengan impian di dalam musik. Bahkan, aku melihat hidupku dengan musik."

Dengan alasan itu, beberapa musisi membuat pesan tersembunyi dalam lagu yang diciptakannya. Siapa saja mereka? Apa isi pesan itu?

1 dari 7 halaman

Lady Gaga (Poker Face)

Lady Gaga lahir di industri hiburan sebagai penyanyi kontroversial, termasuk penampilannya yang unik. Lady Gaga bisa disebut sebagai diva, sukses menjual albumnya satu juta keping di seluruh dunia.

Salah satu lagu Lady Gaga yang ternyata memiliki pesan tersembunyi, Pokser Face. Lagu tersebut dirilis 2009 silam, meraih 343 juta penonton di situs berbagi video YouTube.

Lagu 'Poker Face" banyak yang mengira berisi tentang wanita yang membalas dendam terhadap pria dengan membuatnya jatuh cinta. Padahal, keseluruhan isi lagu itu mengenai perjuangan Lady Gaga setelah terpuruk akibat menjadi korban pelecehan seksual.

Simak sedikit penggalan lirik lagu Lady Gaga:

I wanna hold 'em like they do in Texas Plays (Ingin kugenggam erat seperti Permainan Texas)
Fold 'em, let 'em hit me, raise it (Menyembunyikannya, biar mereka menyerangku, angkatlah)
Baby stay with me (Kasih tinggallah bersamaku)
Love Game intuition (Intuisi Permainan Cinta)
Play the cards with Spades to start (Mainkan kartu dan mulailah dengan kartu sekop)
And after he's been hooked (Dan setelah dia masuk perangkap)
I'll play the one that's on his heart (Akan kumainkan yang ada di hatinya)

Can't read my, can't read my (Tak bisa membaca)
No, he can't read my poker face (Dia tak bisa membaca wajah dinginku)
She's got to love nobody (Dia tak boleh mencintai siapapun)

2 dari 7 halaman

Sia (Chandelier)

Salah satu lagu Sia rupanya juga menyimpan pesan tersembunyi. Lagu "Chandelier" yang dirilis 6 Mei 2014 itu memiliki videoklip yang unik dengan seorang gadis yang menari di sebuah ruangan.

Lagu "Chandelier" yang ditonton 1,3 miliar di YouTube, rupanya berisi tentang perjuangan seseorang bertahan hidup. Dalam hal ini, "Chandelier" berjuang menyembuhkan kecanduan terhadap alkohol, membuat hidupnya menjadi lebih baik.

Di lagu itu, Sia mengajarkan untuk menghadapi masalah. Sejak lagu itu dirilis, Sia juga mengubah gaya hidupnya, dari seorang tukang pesta menjadi orang yang bisa memberikan pengaruh baik kepada masyarakat.

Simak sedikit penggalan lirik lagu Sia:

And I'm holding on for dear life, won't look down won't open my eyes (Dan aku kan bertahan seumur hidupku, takkan melihat ke belakang, takkan kubuka mata)
Keep my glass full until morning light, 'cause I'm just holding on for tonight (Terus penuhi gelasku hingga pagi datang, karena aku kan bertahan malam ini)
Help me, I'm holding on for dear life, won't look down won't open my eyes (Tolong aku, aku ingin bertahan seumur hidup, takkan melihat ke belkang, takkan kubuka mata
Sun is up, I'm a mess (matahari mulai muncul, aku kacau)
Gotta get out now, gotta run from this (Harus lari dari semua ini)
Here comes the shame, here comes the shame (Rasa malu pun datang)

3 dari 7 halaman

Hello (Adele)

Lagu Adele bertajuk Hello dirilis 22 Oktober 2015 silam. Hello mengekspos kemampuan vokal Adele yang mumpuni dengan alunan piano yang mendominasi sepanjang lagu.

Hingga kini, lagu Hello ditonton 1,7 miliar orang di situs berbagi video YouTube, akan terus naik. Awalnya, banyak yang menyangka "Hello" adalah sebuah lagu tentang permintaan maaf.

Padahal, "Hello" menceritakan tentang berdamai dengan diri sendiri. Saat diwawancarai Today Show, Adele menyebutkan, "Hello" tentang menyambung kembali tali silahturahmi dengan orang lain, dan diri 

Simak sedikit penggalan lirik lagu Adele:

Hello, it’s me (Halo, ini aku)
I was wondering (Aku ingin tahu)
If after all these years (Setelah sekian lamanya)
You’d like to meet (Kau ingin bertemu)
To go over (Untuk mengakhiri)
Everything (Semuanya)
They say that time’s supposed to heal yeah but I ain’t done much healing (Mereka katakan waktu yang bisa menyembuhkan, tapi aku belum juga sembuh)

4 dari 7 halaman

Justin Bieber (Sorry)

Lagu Justin Bieber bertajuk "Sorry" dirilis Oktober 2015. Karya milik Justin Bieber yang membuatnya memecahkan rekor itu ditonton 1,7 miliar orang di situs berbagi video.

Lagu "Sorry" awalnya disebut sebagai permintaan maaf Justin Bieber atas sikapnya yang menyebalkan di depan publik. Justin Bieber yang merupakan penyanyi sensasional itu beberapa kali membuat ulah, mulai dari bertengkar hingga memukul paparazi.

Justin Bieber tak membantah arti lirik lagunya itu. Tapi, dia juga menyimpan pesan tersembunyi. Lagu "Sorry" sebenarnya ditujukan untuk mantan kekasihnya, Selena Gomez. Lagu ini dibuat terinspirasi oleh kandasanya kisah cinta dengan Selena Gomez.

 Simak lirik lagu Justin Bieber:

You gotta go and get angry at all of my honesty (Kau harus lalui kemarahan atas semua kejujuranku
You know I try but I don't do too well with apologies (Kau tahu aku mencobanya tapi aku tak terlalu baik dalam meminta maaf)
I hope I don't run out of time, could someone call a referee? (Aku harap aku tak kehabisan waktu, bisakah seseorang memanggil pembuat keputusan?)
Cause I just need one more shot at forgiveness (Karena aku hanya perlu satu kali lagi pengampunan darimu)
I know you know that I made those mistakes maybe once or twice (Aku tahu kau tahu kalau aku membuat kesalahan itu sekali dua kali saja)
By once or twice I mean maybe a couple a hundred times (Lebih dari sekali atau dua kali maksudku, mungkin ratusan kali)
So let me, oh let me redeem, oh redeem, oh myself tonight (Jadi biarkan aku menebusnya, oh menebusnya, oh diriku malam ini)
Cause I just need one more shot at second chances (Karena aku hanya perlu sekali lagi kesempatan kedua)

5 dari 7 halaman

Taylor Swift

Taylor Swift terbiasa membuat lagu bercerita tentang kisah cintanya atau mantan kekasihnya. Namun lagu "Out of the Woods" sangat berbeda dari karya milik Taylor Swift sebelumnya.

Lagu yang dirilis 31 Desember 2015 silam itu ditonton 103 juta orang di situs berbagi video Youtube. "Out of the Woods" mengisahkan tentang bagaimana Taylor Swift bisa berdamai dengan dirinya sendiri.

Lewat lagu itu, Taylor Swift mengajarkan kesedihan dan kepedihan tak akan lama, harus cepat bangkit. "Akan ada pelangi setelah badai." Taylor Swift berhasil melakukannya dengan semua yang terjadi di dalam dirinya.

Simak lirik lagu Taylor Swift:

Looking at it now, it all seems so simple (Jika dilihat sekarang, semuanya tampak begitu sederhana)
We were lying on your couch, I remember! (Kita berbaring di sofa, aku ingat!)
You took a Polaroid of us (Kau mengabadikan kita)
The rest of the world was black and white (Seluruh dunia ini hitam dan putih)
But we were in screaming color (Tapi kita berada di tengah warna mencolok)
And I remember thinking (Dan aku ingat)
Are we out of the woods yet? (Apakah kita sudah keluar dari hutan?)
Are we in the clear yet? (Apakah kita sudah terbebas?)

 

6 dari 7 halaman

Beyonce (Formation)

Formation merupakan salah satu lagu yang ada di album baru Beyonce, Lemonade rilis 2016. Belum lama dirilis, lagu itu sudah ditonton 18 juta orang di situs berbagi video YouTube.

Saat merilis karya barunya ini, rumah tangga Beyonce dengan suaminya, Jay Z tengah bermasalah. Lagu ini dianggap penggemar sebagai orkes sakit hati Beyonce terhadap masalah yang membelitnya.

Namun lagu ini ternyata memiliki pesan khusus yaitu kehidupannya sebagai artis. Selain itu, Beyonce juga memberikan pesan kepada wanita di abad ke-21, harus memiliki kekuatan dan keteguhan hati.

Listen to the song here in my heart (Dengarkanlah lagu yang ada di hatiku ini)
A melody I start but can't complete (Melodi yang kumulai namun tak bisa kuselesaikan)
Listen to the sound from deep within (Dengarkanlah suara dari lubuk hatiku)
It's only beginning to find release (Kini mulai menemukan kebebasan)
Oh, the time has come for my dreams to be heard (Kini waktunya mimpiku terdengar)
They will not be pushed aside and turned (Mimpi-mimpiku tak bisa dilupakan dan diubah)
Into your own all 'cause you won't listen (Menjadi mimpimu karena kau takkan endengarkan)
Listen, I am alone at a crossroads (Dengar, aku sendirian di simpang jalan)
I'm not at home in my own home (Aku tak betah berada di rumahku sendiri)

Video Populer

Foto Populer