Sukses

Ayah Mayangsari Meninggal Dunia

Pada hari Sabtu (10/9) malam, ayah penyanyi Mayangsari meninggal dunia.

Liputan6.com, Jakarta Kabar duka kembali tiba dari dunia hiburan Tanah Air. Pada hari Sabtu (10/9) malam, ayah penyanyi Mayangsari meninggal dunia.

 

Ki Dalang Sugito Purbocarito, ayah penyanyi berusia 46 tahun itu adalah seorang dalang ternama di kota asal Mayangsari, Purwokerto. Dalam pesan pendek yang menyampaikan berita duka ini, Ki Dalang meninggal pada pukul 21.15.

Melalui akun Twitter @cinotgrunge, diketahui juga bahwa pedalang terkenal ini sudah dibawa ke rumah duka. Dari dalam foto yang diunggah akun tersebut, terlihat juga menantu sang dalang, suami Mayangsari, Bambang Trihatmodjo.

Sugito Purbacarito lahir di Banyumas pada tanggal 19 Desember 1940. Ayah Mayangsari ini tergolong sebagai dalang Wayang Kulit Purwa yang cukup senior. Ki Dalang ini mulai mendalang di muka umum sejak ia berusia 16 tahun.

Ki Dalang Sugito Purbocarito memiliki delapan orang anak. Putra pertamanya, Ki Sigit Abdi Sabdoprijono, mengikuti jejak langkahnya sebagai seorang dalang.

Kepergian Ki Dalang Sugito Purbocarito adalah kehilangan yang cukup besar bagi dunia seni Indonesia. Seperti dikutip dari Wayang.wordpress, Ki Dalang Sugito memiliki keistimewaan dalam sastra yang runtut, serta warna suara yang ulem dan merdu.

Berkat keterampilannya mendalang, Ki Dalang Sugito Purwocarito menerima berbagai penghargaan, termasuk Tropi Budaya Bhakti Upapradana. Menteri Kebudayaan RI juga pernah menghadiahinya Satya Lencana Kebudayaan.

Ki Dalang Sugito Purwocarito tutup usia pada umur 75 tahun.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.