Sukses

Resmi Cerai, 4 Pasangan Artis Ini Masih Ribut

Ada empat pasangan suami istri dari kalangan artis yang saling lempar tuduhan usai resmi bercerai.

Liputan6.com, Jakarta - Permasalahan rumah tangga di Indonesia tak hanya melanda pasangan suami istri dari kalangan masyarakat umum. Banyak pasangan dari kalangan artis yang juga mengalami perserteruan hebat hingga pada akhirnya berujung pada perceraian.

Bukan cerita asing lagi di mata masyarakat ketika isu keretakan rumah tangga artis marak diberitakan di berbagai media. Namun ketika perceraian diumumkan secara resmi, tak semua selebritas bersikap terbuka kepada para media.

Fairuz A Rafiq cium tangan Galih Ginanjar saat bertemu di PA Depok

Beberapa selebritas memilih untuk tidak memberi pernyataan. Namun di sisi lain, kita juga berkali-kali menemukan pernyataan dari para artis yang sampai secara terang-terangan membuka aib pasangannya setelah bercerai.

Tak sampai di situ. Setelah para artis ini resmi menjadi janda atau duda, mereka saling melemparkan tuduhan atas siapa yang seharusnya bertanggung jawab atas masalah rumah tangganya. Pernyataan mereka juga bahkan sampai dilontarkan secara intens kepada media.

Suasana sidang perdana perceraian Dewi Rezer dan Marcellino Lefrandt di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/4). Dewi melayangkan gugatan cerai terhadap suaminya,  Marcellino Lefrandt  pada 2 Maret 2016 lalu. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Alhasil, perceraian para artis ini menjadi konsumsi publik hingga membuahkan cerita-cerita menarik yang patut dipetik sebagai pelajaran bagi masyarakat. Beberapa selebritas pun ada yang namanya makin dikenal sejak kabar perceraiannya berhembus kencang.

Mengingat kembali siapa saja artis-artis Indonesia yang sudah bercerai dan masih cekcok hingga membuka aib pasangan masing-masing, mari kita telusuri empat pasangan artis yang masih ramai diperbincangkan publik.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fairuz A. Rafiq dan Galih Ginanjar

 

Pemain sinetron Fairuz A. Rafiq menikah dengan aktor Galih Ginanjar pada 2011 lalu dan dikaruniai seorang putra bernama King Faaz Arafiq. Pada 2013, sempat beredar kabar bahwa Fairuz dan Galih sudah enam bulan tidak bertemu. Kala itu, Fairuz mengaku bahwa hubungan mereka baik-baik saja. Lalu beberapa bulan kemudian di tahun yang sama, isu rencana perceraian mulai berhembus.

Pada Oktober 2014, Fairuz A. Rafiq mulai menggugat cerai Galih Ginanjar. Pengacara Fairuz, Sandy Arifin mengurus perceraian mereka. Sandy juga mengaku kalau keduanya sempat mendatanginya pada 2013 untuk bercerai namun berhasil diselesaikan. Sering cekcok, Fairuz akhirnya mantap bercerai dengan Galih.

Keduanya resmi bercerai pada Desember 2014 di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat. Setelah proses perceraian, banyak kabar kurang sedap yang berhembus di antara keduanya. Misalnya saja kabar kehadiran orang ketiga, isu kekerasan dalam rumah tangga, hingga pertengkaran yang tak dapat ditahan di depan anak.

Galih Ginanjar dan Fairuz A Rafiq siap bercerai

Lama setelah bercerai, ternyata masih ada sisa-sisa masalah selama berumah tangga yang mereka umbar di media. Ada kesan mereka saling menyalahkan satu sama lain. Misalnya saja keluhan dari Galih yang menganggap Fairuz mempersulitnya untuk bertemu dengan anak. Bahkan, Galih juga mengklaim kalau kekasih Fairuz melakukan kekerasan terhadap anak mereka. Kedua tuduhan itu dibantah mentah-mentah oleh Fairuz.

Ditambah lagi, Galih sempat mengatakan bahwa dirinya bisa dekat dengan kekasihnya saat ini, Kumalasari, karena keinginan Fairuz. Banyaknya tuduhan dari Galih, akhirnya membuat Fairuz mengatakan kepada media kalau Galih memiliki mulut seperti perempuan dan hanya sekedar mencari sensasi.

Belakangan, Galih juga mengaku kalau Fairuz tak rela dirinya menikah dengan Kumalasari. Bahkan, Galih yang mengaku trauma kepada Fairuz, membongkar aib mantan istrinya itu. Galih mengatakan bahwa dirinya tak pernah menikmati uang jerih payahnya selama menikah dengan Fairuz. Namun, pernyataan Galih itu belum ditanggapi oleh Fairuz.

3 dari 5 halaman

Risty Tagor dan Stuart Collin

 

Setelah bercerai dari suami pertama dan memiliki anak bernama Arsen Raffa Balweel, Risty Tagor menikah dengan Stuart Collin pada 2015. Sayangnya, keduanya memutuskan bercerai pada 2016, membuat usia pernikahan mereka sangat singkat.

Anak buah pernikahan mereka, Arkana Rafif Bissari, tengah dikandung Risty sewaktu keduanya sedang dalam proses perceraian di Pengadilan Agama Jakarta Selatan. Arkana lalu lahir setelah mereka berdua resmi tidak menjadi suami istri lagi.

Dalam hal ini, Stuart Collin berusaha keras mempertahankan hubungan baiknya dengan Risty. Ia bahkan tetap menganggap Risty sebagai istrinya karena mengaku belum melayangkan talak satu pun. Stu juga berjuang keras memperebutkan hak asuh anak hingga mengadu ke Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI).

Risty Tagor dan Stuart Collin ketika menghadiri sidang putusan cerai di Pengadilan Agama Jakarta Selatan, Kamis (24/3).  Majelis Hakim mengabulkan gugatan cerai yang dilayangkan oleh Risty Tagor terhadap Stuart Collin. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Menurut Stuart Collin, banyak kesulitan yang disebabkan oleh Risty untuk menemui buah hatinya, Arkana. Sementara, ia mengaku ingin Arkana turut merasakan kasih sayang ayahnya. Stu juga menganggap Risty ingkar janji dengan tidak membicarakan hak asuh anak usai bercerai sesuai kesepakatan sebelumnya.

Ketua KPAI, Asrorun Niam, mengatakan bahwa anak pertama Risty Tagor mengalami trauma dengan Stuart Collin. Pada Juli 2016, Stuart Collin melontarkan kalimat pedas di Instagram yang seolah menyindir seseorang sambil memasang foto Arkana.

"Jangan terlalu banyak menjual DERITA & DRAMA kepada publik untuk belas kasih. karena mereka yang ber EDUKASI dan ber AGAMA tidak akan percaya," ketiknya kala itu. Banyak yang menyangka kalimat tersebut ditujukan untuk Risty Tagor meskipun akhirnya ditampik oleh Stu dalam komentarnya.

4 dari 5 halaman

Dewi Rezer dan Marcellino Lefrand

 

Pernikahan antara Dewi Rezer dan Marcellino Lefrand sejak 2007 tergolong harmonis. Rumah tangga keduanya sempat diwarnai isu hamil di luar nikah meski ditampik Dewi. Dua orang anak telah menghiasi rumah tangga mereka.

Namun pada 2016, keduanya secara terang-terangan mempublikasikan perceraiannya. Sejak awal persidangan, Dewi Rezer sudah menyindir Marcellino. Pada April 2016, Marcellino tak menghadiri sidang cerai yang menimbulkan gunjingan dari Dewi. Ia mengaku kecewa dengan Marcel yang merupakan seorang sarjana hukum, namun dianggapnya tidak mengerti soal persidangan.

Kabar lain yang berhembus, penyebab perceraian antara Dewi Rezer dan Marcellino Lefrand adalah kehadiran orang ketiga yang menghampiri Dewi. Pria asing tersebut sempat terlihat mesra dengan Dewi Rezer di kala proses perceraian masih berjalan. Dituding selingkuh dengan pria asing, Dewi Rezer pun buka suara dengan menampik tuduhan itu.

Artis blasteran Dewi Rezer menghadiri sidang perdana perceraiannya dengan Marcellino Lefrandt yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (7/4). Dewi Rezer tampak cantik mengenakan kemeja putih bergaris hitam. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Namun Dewi juga mengaku kalau cara Marcel yang selalu memarahinya di depan anak-anak, membuatnya merasa tidak nyaman. Keduanya juga memperjuangkan hak asuh anak setelah resmi bercerai pada 4 Agustus 2016. Kini anak-anak mereka diasuh oleh Marcellino.

Setelah itu, Dewi Rezer, beberapa kali menyindir dan melemparkan tuduhan kepada Marcel. Mulai dari klaimnya diusir dari rumah, dilarang bertemu anak, hingga pengakuannya trauma terhadap Marcel.

Marcellino sendiri menampik beberapa tuduhan dari Dewi itu. Misalnya saja mengenai larangan bertemu anak seperti yang disampaikan pengacara Marcel, Rosita Radjah. Namun ketika sang anak sudah dipertemukan dengan Dewi, Marcel pernah bercerita bahwa anaknya sempat sakit karena salah makan. Ia juga mengatakan kalau anak-anak jarang menanyakan keadaan ibunya.

5 dari 5 halaman

Venna Melinda dan Ivan Fadilla

 

Venna Melinda yang dikenal sebagai bintang sinetron, menikah dengan Ivan Fadilla Soedjoko pada 1995. Keduanya bercerai pada 2013. Kala itu, sidang gugatan perceraian yang dilayangkan Venna Melinda berlangsung cukup lama dan sempat terjadi keributan.

Meski sudah bercerai, gugatan Ivan mengenai harta gono-gini masih dipermasalahkan. Venna memang hanya ingin mengakhiri perkawinannya dengan Ivan. Namun, Ivan melayangkan gugatan balik dengan meminta pada pengadilan agama soal hak asuh anak-anaknya dan pembagian harta bersama.

Gugatan harta gono-gini berlangsung lama setelah sejumlah harta yang dipersoalkan berada di luar wilayah Jakarta Selatan. Pada sidang yang digelar 3 Juni 2013, terungkap apa saja harta yang dipersoalkan Ivan dan Venna.

Setelah melalui proses persidangan yang sangat panjang, akhirnya Ivan Fadilla dan Venna Melinda resmi bercerai.

Selama lebih dari 17 tahun menikah dengan Ivan, Venna mengaku hanya diberi mobil Toyota Alphard dan rumah di Jalan Paso, kawasan Ciganjur seharga Rp 6 miliar. Mobil Alphard adalah hadiah Ivan untuk kehamilan Venna yang ketiga, tetapi keguguran dua tahun sebelumnya.

Sedangkan, rumah Paso juga didirikan atas nama Venna dan merupakan tanggung-jawab Ivan pada istri dan anak-anaknya. Rumah yang menjadi tempat tinggal wanita kelahiran Surabaya, 20 Juli 1972 itu, diperoleh Ivan dengan cara kredit selama dua tahun.

Venna Melinda yang merupakan Anggota DPR RI itu, sempat menyindir halus halus terkait harta gono-gini tersebut. "Saya serahkan pada proses hukum. Saya mencoba sabar dan doakan saya supaya bisa waras terus," kata Venna di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Maret 2016 lalu. Ia juga menganggap gugatan Ivan tergolong aneh karena harta miliknya dari Ivan itu digunakan untuk kepentingan kedua putranya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.