Sukses

Mengenang Para Pemain Film Harry Potter yang Meninggal Dunia

Berikut deretan aktor film Harry Potter yang telah meninggal dunia sejak 2002 hingga 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Film-film Harry Potter telah menjadi salah satu adaptasi novel yang terhitung laris di kancah box office dunia. Tentu saja peran Daniel Radcliffe, Emma Watson, dan beberapa aktor muda lainnya tak boleh dilupakan begitu saja oleh para penggemar.

Namun kalau mengingat lebih jauh, beberapa aktor senior sangat berperan penting dalam menghidupkan skenario film-film Harry Potter. Bahkan, banyak dari aktor berusia uzur yang dinilai mirip dengan penggambaran di dalam novel.

Harry Potter, Ron Weasley, Hermione Granger dan Ginny Weasley. (dok. istimewa)

Seiring berjalannya waktu, tutupnya usia para aktor tak mampu dielakkan oleh siapapun. Banyak sudah aktor-aktor di franchise film Harry Potter yang telah meninggal dunia hingga menyisakan penampilan mereka di layar lebar.

Tak hanya yang sudah berusia uzur, beberapa pemain yang tergolong muda bahkan sudah dijemput terlebih dahulu oleh Yang Maha Kuasa. Sehingga, tak salah kalau para penggemar tak kuasa menahan kesedihan atas kepergian mereka.

Ini 10 Alasan Anda Akan Merindukan Profesor Severus Snape. Sumber : jundiaqui.com

Bahkan kalau dihitung, terdapat lebih dari 10 aktor film Harry Potter yang sudah tak ada lagi di dunia ini. Beberapa dari mereka juga meninggal ketika film terakhir, The Deathly Hallows belum diproduksi.

Untuk itu, mari kita mengenang siapa saja nama-nama aktor dalam franchise film Harry Potter yang telah meninggal dunia. Berikut daftar selengkapnya dari tahun ke tahun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2002

Pada 2002, setelah proses syuting film kedua, The Chamber of Secrets, fans dikejutkan dengan meninggalnya Richard Harris, pemeran Profesor Dumbledore. Harris meninggal pada 25 Oktober 2002 di usia ke-72 setelah kalah dari Hodgkin's Lymphoma atau kanker pada kelenjar getah bening.

Peran Albus Dumbledore lalu diambil alih oleh Michael Gambon hingga franchise film ini berakhir. Banyak yang membandingkan akting Gambon dengan Harris. Namun harus diakui kalau Michael Gambon juga terhitung baik dalam memerankan sosok Dumbledore.

3 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2008

Robert Knox, pemeran karakter Marcus Belby mengalami nasib yang mengenaskan. Pada 24 Mei 2008, Knox ditikam hingga tewas di luar bar London karena membela adiknya dalam sebuah perkelahian.

Sedihnya, usia Robert Knox pada saat itu masih 18 tahun. Orang yang menyerangnya lalu dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara seumur hidup atas pembunuhan yang tak berperikemanusiaan.

Mendiang Robert Knox dan pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe. (robknox.org)

Knox sendiri baru tampil dalam Harry Potter and the Half-Blood Prince yang rilis pada 2009. Setelah meninggal, sebuah yayasan bernama The Rob Knox Foundation dibuat untuk mengenang sosoknya.

4 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2010

Meski tak banyak tampil, namun aktor uzur Jimmy Gardner memiliki peran yang tak terlupakan. Meninggal di usia 85, Gardner mengambil peran pengemudi Knight Bus bernama Ernie Prang dalam Harry Potter and the Prisoner of Azkaban yang rilis 2004.

Jimmy Gardner meninggal pada 3 Mei 2010 dan menyisakan kenangan atas berbagai serial TV serta film-film populer seperti Doctor Who, The Adventures Of Young Indiana Jones, hingga Finding Neverland. Ia juga pernah menjadi pahlawan Perang Dunia II sebagai penembak salah satu pasukan udara Amerika Serikat.

5 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2012

Dua tahun setelah meninggalnya Jimmy Gardner, aktor Eric Sykes menyusul ke pangkuan Yang Maha Kuasa. Pemeran tukang kebun Keluarga Riddle yang bernama Frank Bryce itu, wafat secara damai di usia ke-89 pada 4 Juli 2012.

Eric Sykes tak hanya tampil di Harry Potter and the Goblet of Fire, ia sudah pernah berakting di beberapa komedi radio Inggris pada era 1950-an. Bahkan, ia juga muncul dalam film horor The Others serta menjadi pengisi suara pembuka serial anak Teletubbies.

6 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2013

Di tahun 2013, terdapat dua aktor film Harry Potter yang tutup usia. Mereka adalah Richard Griffiths dan Peter Cartwright. Keduanya meninggal dunia di usia yang cukup senja. Meskipun usia Griffiths sesungguhnya masih memungkinkannya untuk berumur panjang, namun nasib berkata lain.

Seluruh fans Harry Potter tentu sangat mengenal Richard Griffiths. Perannya sebagai paman Harry Potter bernama Vernon Dursley yang antagonis, tak mungkin dilupakan begitu saja. Griffiths wafat pada 28 Maret 2013 di usia ke-65 karena komplikasi akibat bedah jantung.

Peter Cartwright (kanan) dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix. (hp-community)

Sementara itu, peran Peter Cartwright memang tak begitu banyak. Ia hanya tampil sebagai Elphias Doge dalam Harry Potter and the Order of the Phoenix yang rilis 2007. Cartwright meninggal pada 13 November 2013 di usia ke-78. Ketika karakter Doge kembali di Harry Potter and the Deathly Hallows - Part 1 pada 2010, akting Cartwright digantikan oleh David Ryall yang meninggal setahun setelah Cartwright wafat.

7 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2014

Memasuki tahun 2014, jumlah aktor film Harry Potter yang meninggal dunia termasuk paling banyak. Terhitung ada empat orang aktor yang telah tiada di tahun itu. Mereka adalah Roger Lloyd-Pack, David Rydall, Dave Legeno, dan Rik Mayal.

Roger Lloyd-Pack yang memerankan Barty Crouch, Sr., meninggal pada 15 Januari 2014 karena kanker pankreas di usia ke-69. Ia hanya tampil dalam Harry Potter and the Goblet of Fire pada 2005.

Penampilan Rik Mayall dalam film pertama Harry Potter yang akhirnya dihapus. (pinterest.com)

Pada 9 Juni 2014, aktor Rik Mayall menyusul ke pangkuan Yang Maha Kuasa karena serangan jantung di usia yang ke-56. Sayangnya, peran Rik sebagai Peeves dalam Harry Potter and the Philosopher's Stone yang rilis 2001, tak dimunculkan di layar lebar. Hal itu disebabkan karena sutradara mengaku kurang puas dengan efek khusus yang diberikan kepada karakternya.

Dave Legeno dan penampilannya dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part I. (mashable.com)

Aktor film Harry Potter selanjutnya yang tutup usia di tahun 2014 adalah Dave Legeno. Ia tampil sebagai anak buah Lord Voldemort yang bernama Fenrir Greyback sejak The Half Blood Prince hingga dua film The Deathly Hallows. Dave Legeno meninggal pada 6 Juli 2014 karena penyakit komplikasi setelah mendaki sebuah lembah di usia ke-50.

David Ryall dalam film Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 1. (rawstory.com)

Sosok terakhir yang meninggal dunia di tahun yang sama adalah David Ryall. Seperti disebutkan sebelumnya, Rydall merupakan aktor kedua yang memerankan Elphias Doge setelah Peter Cartwright. David Ryall meninggal di usia ke-79 pada 25 Desember 2014.

8 dari 8 halaman

Meninggal di Tahun 2016

Masih segar di ingatan kita atas meninggalnya Alan Rickman, pemeran Profesor Snape pada 14 Januari 2016 lalu. Penyebab meninggalnya Rickman adalah kanker pankreas yang disebabkan oleh stroke ringan. Alan Rickman meninggal di usia ke-69 di sebuah rumah sakit kota London.

Tentunya, peran Alan Rickman sebagai Severus Snape tak perlu dipertanyakan lagi. Sosoknya yang misterius menjadikannya sebagai salah satu karakter favorit para penggemar Harry Potter.

Alan Rickman, aktor kawakan asal Inggris yang dikenal sebagai pemeran Professor Snape dalam film Harry Potter (Telegraph)

Setelah meninggal fans langsung membuat monumen peringatan di sekitar stasiun kereta api London King's Cross. Beberapa tribute untuk Alan Rickman juga dipersembahkan oleh aktor-aktor yang pernah tampil bersamanya, termasuk deretan bintang-bintang Harry Potter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.