Sukses

Mengintip Kemeriahan Hari Terakhir AFAID 2016

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan Anime Festival Asia Indonesia 2016 atau AFAID 2016 yang digelar selama tiga hari, telah berakhir pada Minggu (18/9/2016) lalu. Namun bagi para pecinta budaya pop Jepang, acara tersebut menyisakan kesan yang tak terlupakan. Pengunjung juga mengaku puas dengan gelaran yang diadakan pada 16-18 September 2016 di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta itu.

Tak hanya menyuguhkan acara musik dan nonton anime asal Jepang bersama-sama. AFAID 2016 juga mengundang beragam cosplayer dunia, model Jepang, hingga idol group yang sukses menghibur para pengunjung selama pameran berlangsung. Hari terakhir yang berlangsung pada Minggu (18/9/2016) lalu juga cukup memuaskan.

Model Jepang Ren Koseki di AFAID 2016. (Ruly Riantrisnanto)

Salah satu model wanita asal Jepang yang datang adalah Ren Koseki. Berdasarkan informasi yang didapat Liputan6.com, Koseki kerap menjadi model majalah Zipper dan ia juga menjabat sebagai ambassador Moshi Moshi Nippon dan juga Enjoy Aeon.

Kehebohan lain terlihat dari salah satu stand. Selain di dalam AFA Cafe, para cosplayer dunia diberi kesempatan untuk bertemu pengunjung secara terbuka di lokasi pameran. Alhasil, duet cosplayer sekaligus model majalah Tiongkok, Baozi dan Hana, berhasil membuat pengunjung wanita histeris.

Cosplayer Baozi dan Hana di AFAID 2016. (Ruly Riantrisnanto)

Dari atas Akiba Stage, salah satu penampilan yang menyorot perhatian adalah kemunculan cosplayer wanita berwajah imut bernama Hitomi. Tak hanya pamer gaya, Hitomi yang merupakan kepala sebuah kafe di Jepang, menyumbangkan suaranya yang tak kalah imut dengan wajahnya.

"Ini pertama kalinya saya ke Indonesia. Banyak yang semangat nonton saya, ya. Saya sangat senang. Terima kasih buat yang sudah memeriahkan penampilan saya," ujar Hitomi dalam bahasa Jepang yang disambut teriakan meriah pengunjung. Menutup penampilan, ia selfie dari atas panggung bersama pengunjung AFAID 2016 yang menonton aksinya.

Cosplayer Hitomi di AFAID 2016. (Ruly Riantrisnanto)

Panggung tersebut juga diisi oleh sesi Domobics, gerakan aerobik yang menampilkan gadis-gadis muda beserta karakter bernama Domo di atas panggung. Domo yang merupakan maskot stasiun televisi NHK, ikut menari untuk menghibur pengunjung AFAID 2016. Disampaikan kalau tarian tersebut sedang digandrungi di beberapa kota besar Amerika Serikat dan Thailand.

Domobics Bersama Domo, Maskot NHK. (Ruly Riantrisnanto)

Satu lagi hal yang menarik di hari terakhir AFAID 2016 adalah hadirnya stand grup idola Shojo Complex yang diisi oleh para personelnya. Tak hanya memperkenalkan merchandise mereka, Shojo Complex juga ikut bergoyang di dalam stand. Bahkan, mereka dengan asyiknya menyanyikan lagu "Goyang Dumang" sebagai pemeriah suasana. Selain itu, Shojo Complex juga mengumumkan kalau mereka tengah mengadakan audisi untuk generasi kedua.

Shojo Complex di AFAID 2016. (Ruly Riantrisnanto)

Selain yang telah disebutkan di atas, AFAID 2016 juga diramaikan oleh kemeriahan lain. Beberapa musisi Jepang yang namanya telah dikenal secara internasional juga turut menghibur pengunjung dalam konser I Love Anisong.