Sukses

Banjir Air Mata, Ini Drama Korea dengan Kisah Tragis

Liputan6.com, Jakarta Winter Sonata adalah drama legendaris yang tayang 2002 silam. Drama tersebut dianggap sebagai salah satu karya yang menjadi gerbang kesuksesan Korean Wave di seluruh dunia.

Kisah cinta yang menarik dan menggemaskan menjadi daya tarik Winter Sonata. Salah satunya, mengenai cinta. Winter Sonata bercerita tentang janji antara sepasang kekasih yang nyaris tak terpenuhi. Alasannya, sang pria mengalami amnesia atau lupa ingatan.

Akhirnya sepasang kekasih itu dipertemukan kembali oleh takdir. Kisah cinta yang membuai dengan hasil yang berakhir manis jadi ciri khas mayoritas drama Korea saat ini.

Baik itu, pria kaya yang jatuh cinta dengan gadis miskin. Atau pasangan kekasih yang awalnya merupakan atasan dan bawahan. Mereka tetap bisa bersatu saat cinta menyapa, khususnya setelah chemistry mulai menguar.

Sayangnya, tak banyak yang mengetahui drama Korea juga banyak menampilkan genre lainnya, tak hanya sekadar drama, fantasi, komedi, atau romantis, tapi juga tragedi. Beberapa drama ini bisa membuat penonton banjir air mata.

Penonton akan sangat terbuai dengan cerita menyedihkan di balik drama Korea bergenre tragedi. Meski sudah lama diputar di televisi, ini enam drama Korea menyedihkan yang wajib ditonton. Apa sajakah itu?

1 dari 5 halaman

Autumn in My Heart

Autumn in My Heart yang tayang tahun 2000 merupakan salah satu bagian dari serial bertema Endless Love. Drama dengan 16 episode ini diperankan ong Hye Kyo, Song Seung Hun, dan Won Bin.

Autumn in Heart merupakan salah satu drama sukses di zamannya dan membuat penggemar terbuai dengan cerita tragedidi di dalamnya. Awalnya, cerita ini mengisahkan tentang Yoon Eun Suh (Song Hye Kyo) yang ternyata diketahui sebagai anak yang tertukar.

Autumn In My Heart

Hidup Song Hye Kyo yang sempurna dengan kakak laki-laki, Yoon Joon Suh (Song Seung Hun) adalah semu. Meski ditawari untuk tetap menjadi bagian keluarga Yoon, Eun Suh menolaknya. Yoon Eun Suh kembali ke orangtua aslinya.

Eun Suh terpaksa kehilangan kontak dengan "keluarganya". Bahkan, Eun Suh ternyata didiagnosis menderita penyakit mematikan. Eun Suh baru menyadari cinta terhadap Joon Suh. Sang "kakak" rupanya membalas perasaan Eun Suh itu. Sayangnya, semua terlambat. Eun Suh meninggal dalam gendongan Joon Suh, membuatnya sangat sedih. Tak lama kematian Eun Suh, Joon Suh tewas akibat tertabrak mobil.

2 dari 5 halaman

Stairway to Heaven

Stairway to Heaven menjadi salah satu drama dengan cerita menyedihkan yang tayang 2003 silam, diperankan Park Shin Hye, Choi Ji Woo, Kwin Sang Woo dan Kim Tae Hee. Stairway to Heaven rupanya diambil dari lagu milik Led Zeppelin dengan judul yang sama.

Cerita dalam Stairway to Heaven memiliki kisah dalam rangkaian Endless Love: cinta tanpa syarat. Seorang pria kehilangan ingatan akibat ambisi wanita akan cinta merajalela. Sang wanita rela melakukan apa pun juga, termasuk mencelakakan orang yang ia cintai.

Stairway to Heaven (YouTube)

Drama ini juga mengajarkan akan pengorbanan yang tulus dari seseorang. Menjelang akhir episode, diceritakan Jung Suh (Choi Ji Woo) yang buta sempat menyebutkan ingin melihat wajah kekasihnya, Song Joo (Kwong Sang Woo).

Mendengar itu, Song Joo dan Tae Hwa (Shin Hyun Joon) berniat mendonorkan kornea matanya. Namun dokter menyebutkan sangat berbahaya memberikan kornea donor yang masih hidup. Tae Hwa pun memutuskan mengakhiri hidupnya untuk mendonorkan kornea matanya.

3 dari 5 halaman

49 Days

49 Days ditayangkan di stasiun televisi SBS pada 2011 silam, diperankan Lee Yo Won dan Nam Gyu Ri, juga Jo Hyun Jae. 49 Days mengisahkan tentang kesempatan kedua yang didapatkan seseorang.

Shin Ji Hyun mengalami kecelakaan. Rupanya saat bangun, Ji Hyun mendapati dirinya tak bisa melakukan kontak fisik dengan orang-orang di sekitarnya.

Salah satu adegan paling menyedihkan di 49 Days, kecelakaan saat ingin melamar kekasih.

Rupanya Ji Hyun dalam kondisi koma, mendapatkan kesempatan hidup kembali. Asal, dalam 49 hari, dia harus menemukan tiga orang yang mau menangisi kematiannya.

Ji Hyun menyadari hidupnya yang tampak sempurna rupanya tak terlihat seperti itu. Ternyata sangat sulit menemukan orang yang mau memberikan cinta dan perhatian secara tulus.

4 dari 5 halaman

Angel Eyes

Angel Eyes ditayangkan 2014 silam, diperankan Lee Sang Yoon, Ku Hye Sun, Kim Ji Seok dan Seungri "Big Bang". Lagi-lagi, drama Korea memang bisa mengocok perasaan penonton.

Drama dengan 20 episode ini telah menyentuh di awal tayangan. Ceritanya mengenai cinta pertama yang rela menerima kekurangan dari pasangan.

Kisah menyedihkan dan menyentuh dalam drama Angel Eyes yang tayang 2014 silam.

Yoon Soo Wan (Goo Hye Sun) yang merupakan gadis buta. Ia jatuh cinta dengan Park Dong Joo (Lee Sang Yoon). Cinta berbalas, Park Dong Joo ingin melindungi dan membahagiakan wanita yang ia cintai.

Sayangnya, keduanya sempat terpisah. Saat takdir kembali mempertemukan dengan cinta pertamanya, Soo Wan rupanya telah melupakan Dong Joo. Sementara, Dong Joo ingin melepaskan Soo Wan karena melihatnya bahagia dengan pasangannya.(Des)