Sukses

Kiat Sukses Berbisnis dari Zaskia Adya Mecca

Seperti diketahui, selain artis, Zaskia Adya Mecca juga dikenal sebagai fashion desainer pakaian muslimah.

Liputan6.com, Jakarta Sepak terjang Zaskia Adya Mecca sebagai pebisnis fashion muslimah sudah sangat dikenal luas. Bisnis yang telah dirintisnya sejak beberapa tahun lalu itu juga terbilang sukses besar.

Untuk itu, Zaskia Adya Mecca memberikan tips-tips atau kunci utama dalam berbisnis, terutama untuk brand fashion muslimah. Yang pertama adalah, bisnis harus diawali dari passion kita sendiri.

Kedua, setiap pebisnis harus bisa mencari rekanan yang bisa melengkapi kemampuan kita. "Cari partner yang mengisi kekurangan kamu, misalnya kita bisa desain, jangan cari partner yang desainer juga. Jadi misalnya cari orang marketing," kata Zaskia Mecca, saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Jumat (23/9/2016).

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo bersama putranya, Bhai Kaba. [Foto: Instagram]

Ketiga, kita harus bisa menilai kualitas barang yang kita produksi. Layak atau tidak, disukai konsumen atau tidak. Selanjutnya, harus mengikuti trend atau selera pasar.

"Selalu inovasi dan inovatif, karena dunia jualan baju tuh berkembangnya cepat banget. Kalau kita telat langkah pasti yang lain sudah ngambil duluan, jangan sampai telat," jelas istri Hanung Bramantyo ini.

Sementara kunci terakhir adalah jangan cepat merasa puas, dan harus mampu memecahkan masalah yang ada.

"Karena aku merasa memulai itu mudah, yang susah adalah mempertahankan. Jadi jangan sampai ketika kita merasa putus asa, sudah kita tinggalkan begitu saja. Karena mau ke mana pun pasti akan nemuin hal yang sama," ucap Zaskia Adya Mecca.

Zaskia Adya Mecca bersama dua putrinya, Sybil dan Kala. [Foto: Instagram Zaskia Adya Mecca]

"Jadi ketika kita dapat masalah diselesaikan, dihadapi, dilewati, bukan malah gampang menyerah. Karena kalau sudah menyerah, kita akan bertemu masalah yang sama lagi nantinya," sambung bintang sinetron Para Pencari Tuhan ini.

Terlepas dari semua itu, ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya. Yakni, setiap pebisnis harus memiliki identitas dan ciri khasnya sendiri yang bisa membedakan brand-nya dengan brand milik desainer lain.

"Yang dihindari itu enggak punya karakter, ngikutin, orang bikin apa kita ikutin. Jadi kita harus punya karakter. Kenapa gue harus beli di elo. Misal suka fashion-nya Dian Pelangi terus kita plek-plekan kayak Dian Pelangi. Jadi jangan nyontek orang," kata Zaskia Adya Mecca. (Ufa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini