Sukses

Ini Rupa Bayi Dari Album Nirvana Setelah 25 Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Tepat tanggal 24 September kemarin, 25 tahun lalu album kedua trio grunge Nirvana dirilis. Album bertajuk Nevermind tersebut melambungkan nama Nirvana, melejitkan musik grunge dan rock alternatif ke anak muda dan akhirnya mengubah peta musik dunia. 

Nirvana

Sampul album Nevermind juga dikenal sangat ikonik. Menampilkan seorang bayi telanjang di dalam kolam renang seperti sedang mengejar uang. Memperingati perilisan album legendaris tersebut, bayi bernama Spencer Elden yang kini beranjak dewasa membuat reka ulang foto yang sama.

Spencer yang kini berusia 25 tahun merayakan rilisnya album Nevermind dengan mengajak fotografer John Chapple untuk mengambil foto dengan konsep yang sama dengan dirinya ketika bayi. Foto yang diambil di kolam Rose Bowl Aquatics Center di Pasadena, California itu sama-sama menampilkan Spencer di dalam kolam, tetapi untuk versi terbarunya ini ia tidak telanjang.

Bayi di sampul album Nevermind dari Nirvana (Foto: John Chapple /www.JohnChapple.com)

"Saya bilang ke fotografer, 'Ayo bikin telanjang saja.' Tapi menurutnya itu akan aneh, jadi saya memakai celana renang saja," ungkap Spencer, dikutip dari NME.

Menurut Spencer, peringatan album ini punya arti tersendiri baginya. "Cukup aneh bahwa saya dulu melakukannya ketika saya berusia empat bulan dan cuma memakan waktu lima menit lalu fotonya menjadi sangat ikonik," ujarnya. 

Dalam sebuah wawancara sebelumnya, ia pernah menceritakan tentang bagaimana Spencer bayi bisa menjadi model sampul album Kurt Cobain dkk. "Orang tua saya tahu siapa itu Nirvana, tetapi mereka tidak terlalu mendengarkan grunge. Saat itu saya berusia empat bulan dan ayah saya menjalani pendidikan di sekolah seni, lalu temannya meminta bantuan untuk sebuah proyek," tutur Spencer.

"Lalu teman fotografernya menghubunginya dan bilang, 'Apakah hari ini kamu ingin sejumlah uang dan menceburkan anakmu ke kolam renang?' Ayah saya setuju dan menceburkan saya. Dan seperti itu lah. Orang tua saya dibayar US$200 lalu dipakai untuk makan tacos," imbuhnya.

Sebelumnya Spencer juga pernah melakukan hal yang sama 10 tahun yang lalu ketika memperingati 15 tahun terbitnya Nevermind.