Sukses

Sensasi Horor-Religi dalam Film Munafik

Liputan6.com, Jakarta Umumnya, film horor Asia yang masuk ke pasar Indonesia, berasal dari Jepang, Korea Selatan, atau Thailand. Namun, sebentar lagi, film horor rasa baru akan singgah ke Tanah Air. Yakni, sebuah film horor asal Malaysia bertajuk Munafik.

Yang istimewa, Munafik yang dirilis pada Februari 2016 lalu, adalah film yang mencatat rekor sebagai film Malaysia dengan pendapatan tertinggi pada tahun ini. Berdasarkan data dari Perbadanan Kemajuan Filem Nasional (FINAS) Malaysia, Munafik juga merupakan film dengan pendapatan tertinggi ketiga sepanjang sejarah negara ini, dengan 17 juta RM. 

Cuplikan film Munafik (Youtube)

Munafik bercerita tentang tentang seorang ustaz bernama Adam yang harus kehilangan sang istri akibat kecelakaan mobil. Akibat hal tersebut, Adam mengalami kesedihan yang teramat sangat hingga hampir kehilangan keimanannya kepada Tuhan. Sebagai ahli agama, Adam memiliki kemampuan untuk mengobati orang yang kerasukan makhluk halus. Namun, sejak kematian sang istri, ia memutuskan untuk berhenti mengobati orang karena merasa tak lagi mampu.

Suatu hari, Adam mau tak mau harus mengobati seorang perempuan bernama Maria yang kerap kerasukan iblis. Ia pun harus menyingkirkan egonya sebagai lelaki yang patah semangat akibat kehilangan orang yang dicintai. Di situlah pergolakan muncul. Dengan susah payah, Adam mengusir roh jahat yang bersarang di tubuh Maria. Berbagai tantangan pun ia hadapi.

Cuplikan film Munafik.

Dalam pembasmian iblis dalam tubuh Maria, ternyata ada rahasia tentang kehidupan Adam yang selama ini terkubur. Melalui rahasia itu, Adam pun menemukan puncak keimanannya kembali.

Munafik adalah film horor dengan sentuhan religi yang kuat. Syamsul Yusof, sutradara sekaligus pemeran utama film ini, sengaja menggabungkan dua genre tersebut untuk memenuhi keinginan penonton di Malaysia.

"Ini film kombinasi horor dan Islamic content. Sebuah film yang baik adalah yang mengetahui kemauan audience-nya. Di Malaysia, ini straight to the point," ujar Syamsul Yusof saat jumpa pers penayangan film Munafik di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (28/9/2016).

Syamsul Yusof, sutradara film Munafik

Pencapaian Munafik di Malaysia diharapkan akan terjadi juga di Indonesia. "Saya berharap film ini menjadi film (Malaysia) pertama yang masuk ke Indonesia dan mendapat respons baik," tutur SyamsulYusof.

Film Munafik dibintangi oleh sejumlah bintang asal Negeri Jiran, yaitu Nabila Huda, Zakaria Bin Ahmad, Roslan Lam Bin Abdullah, dan Syamsul Yusof. Film penantang nyali ini akan tayang di bioskop Indonesia pada 5 Oktober 2016 mendatang. (Rin)