Sukses

Indahnya Tanda Mata dari Glenn Fredly untuk Ruth Sahanaya

Liputan6.com, Jakarta Glenn Fredly dan sejumlah musikus lainnya berhasil mempersembahkan sebuah konser bertajuk "Tanda Mata" di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Jumat (30/9/2016). Konser ini dibuat sebagai bentuk penghargaan dan persembahan 30 tahun Ruth Sahanaya berkarya di industri musik Indonesia.

Untuk itu, Glenn Fredly beserta lebih dari 10 pengisi acara lainnya, hadir membawakan lagu-lagu terpopuler milik salah satu Diva Pop Indonesia, sepanjang kariernya.

Glenn Fredly (Herman Zakharia/Liputan6.com)

Konser dimulai sekitar pukul 20.30 WIB. Glenn Fredly yang mengenakan stelan jas berwarna gelap, membuka kemeriahan konser dengan menyanyikan lagu "Goyang Suka Suka" di hadapan Ruth Sahanaya. Penyanyi berkulit hitam itu menyanyikan "Goyang Suka Suka" sebanyak dua kali lantaran sempat melakukan kesalahan di awal.

Untuk itu, Glenn sempat mengutarakan permohonan maafnya. "Mama Uthe, saya ucapin saya grogi banget malam hari ini. This the first time ever in my life, saya harus bernyanyi di depan orang yang menginspirasi saya," ucap Glenn sembari menghampiri Ruth Sahanaya dan memberi pelukan hangat.

Acara berlanjut dengan ditampilkannya video dan membahas sekilas album-album yang pernah dikeluarkan Ruth Sahanaya sejak awal kariernya tahun 1987. Lagu kedua adalah "Selangkah Cinta", Glenn apik membawakannya sambil memainkan tuts piano.

Penyanyi Bob Tutupoly dalam aksinya di Konser Tanda Mata Glenn Fredly Untuk Ruth Sahanaya di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat (30/9). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Bintang tamu satu persatu mulai tampil, dimulai dengan Yura Yunita membawakan lagu berjudul "Ingin Ku Miliki". Mantan suami Dewi Sandra itu kembali hadir membawakan lagu berjudul "Apalagi". Video pun kembali diputar, dalam video tersebut Erwin Gutawa menyampaikan apresiasi luar biasa terhadap Ruth Sahanaya.

Pertengahan konser mulai memanas dengan kolaborasi apik dari para penyanyi legendaris seperti Bob Tutupoli, Margie Segers, Oele Pattisellanno, dan Cut Nyak Deviana. Mereka berpadu membawakan salah satu lagu ter-hits Ruth Sahanaya "Keliru" yang diaransemen dengan sentuhan jazz.

Semakin malam, api semangat para penonton pun justru makin terasa. Widi Vierratale, Pasto, dan Matthew berhasil mempersembahkan lagu "Terlalu Indah" yang diiringi dengan tepukan meriah.

Menariknya lagi, konser "Tanda Mata" ini menyuguhkan sejumlah kejutan, seperti stand up comedy yang dipersembahkan oleh Panji. "Dia selalu mau mengapresiasi orang yang dia kagumi," ucapnya kepada Ruth Sahanaya.

Penyanyi Glenn Fredly memainkan piano saat Konser Tanda Mata Glenn Fredly Untuk Ruth Sahanaya di kawasan Semanggi, Jakarta, Jumat (30/9). Konser ini dipersembahkan untuk 30 tahun Ruth Sahanaya berkarya. (Liputan6.com/Herman Zakharia)Menjelang akhir konser, Glenn Fredly melantunkan tiga lagu paling populer milik Ruth Sahanaya sepanjang kariernya. "Tak kuduga", "Kaulah Segalanya Bagiku", serta "Astaga". Seisi Balai Sarbini pun makin antusias dan ikut bernyanyi bersama.

Usai menyanyikan lagu "Astaga" Glenn Fredly yang pada malam itu memang tengah berulang tahun ke 41, mendapat kejutan berupa kue ulang tahun. Rasa haru pun menyelimuti diri Glenn Fredly saat itu juga. Tak lupa ia mengucapkan terima kasih atas malam terindah yang pernah dilaluinya.

Di akhir, Ruth Shanaya naik ke atas panggung dan disusul oleh seluruh pengisi acara yang terlibat pada malam spesial tersebut. Standing applause pun tiada henti mengiringi berakhirnya konser "Tanda Mata" malam itu.

Usai konser, Ruth Sahanaya pun mengungkapkan rasa bahagia yang luar biasa atas konser persembahan tersebut. 

"Saya pribadi sekali lagi saya katakan ini bukan untuk saya tapi untuk ekosistem musik Indonesia hanya saja dimulainya dari saya. Saya yakin, saya berharap dari niat Glenn yang tulus dan luar biasa, ide cemerlang yang tak mementingkan dirinya sendiri. Lagi ulang tahun malah memberikan hadiah untuk orang lain, luar biasa," kata Ruth Sahanaya. (Ufa)